Tujuan Wisata
Advertorial,  Traveling

Nggak Kalah Keren, Berikut 7 Tujuan Wisata Indonesia Selain Bali

tujuan wisata

Liburan tentunya adalah hal yang dinanti-nanti. Kalau sudah waktunya liburan, bawaannya pasti happy terus.

Seringkali, waktu liburan tiba, kita mengisinya dengan aktivitas yang menyenangkan seperti berwisata. Berhubungan dengan wisata, tentu kita tahu, Indonesia, memiliki banyak tujuan wisata. Sebut saja, Bali. Pulau Dewata ini telah banyak didatangi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Nah, selain Bali, Indonesia masih memiliki banyak tujuan wisata menarik lainya. Buat teman-teman yang mau merencanakan liburan, berikut tujuh tempat tujuan wisata terbaik Indonesia yang harus dikunjungi, selain Bali.

Bromo

tujuan wisata

Tujuan wisata terbaik selain Bali, tentunya Mount Bromo atau Gunung Bromo. Gunung yang terletak di daerah Jawa Timur, dekat dengan Kota Malang ini, merupakan tempat tujuan wisata yang sangat digemari oleh wisatawan, terutama yang hobi hiking.

Sensasi dingin gunung dan pemandangan sunrise tentu menjadi menu utama wisata Gunung Bromo. Menurut wisatawan yang sudah pernah mendaki Gunung Bromo, sensasi dan pemandangan Gunung Bromo ini lah yang paling “nagih”.

Selain itu, kawah Gunung Bromo juga wajib untuk dikunjungi jika berwisata ke daerah ini. Kemudian, ke arah selatan dari kawah, teman-teman bisa mengunjungi padang rumput luas nan elok, yang diberi nama “Bukit Teletubbies”.

Baca juga: Mau Travelling? Jangan Lupa Bawa 7 Gadget Ini

Nah, untuk wisata ke daerah Gunung Bromo ini, teman-teman perlu memilih waktu yang tepat ya. Pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima. Teman-teman juga perlu ingat, di musim kemarau, pemandangan padang rumput mungkin akan kurang bagus karena rumput mengering, namun pemandangan sunrise akan terlihat menakjubkan.

Sedangkan di musim hujan, sunrise tidak terlalu terlihat, tapi padang rumput akan lebih sedap dipandang. Lalu, karena Gunung Bromo adalah gunung berapi yang masih aktif, teman-teman harus mencari informasi, apakah Gunung Bromo dalam keadaan aman untuk dikunjungi.

Raja Ampat

Berbicara wisata Indonesia, nggak lengkap rasanya kalau nggak membahas Raja Ampat. Tujuan wisata ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena kecantikan alamnya.

Untuk ke Raja Ampat, teman-teman bisa melalui jalur udara ke Kota Sorong. Kemudian menggunakan transportasi jalur darat ke pelabuhan. Dari sana, teman-teman dapat menggunakan kapal feri atau speedboat untuk sampai ke Raja Ampat. Perjalanan di kapal ini akan memakan waktu kurang lebih empat jam.

Perjalanan menuju Raja Ampat memang cukup lama dan melelahkan. Tapi percaya lah, teman-teman enggak akan menyesal, semua akan terbayar dengan pemandangan dan suasana Kepulauan Raja Ampat yang luar biasa!

Aktivitas favorit yang dilakukan di Raja Ampat tentu adalah aktivitas yang berhubungan dengan air. Teman-teman bisa diving dan snorkeling di perairan pulau-pulau Raja Ampat yang jernih, serta dapat melihat ikan-ikan dan terumbu karang yang sangat mempesona.

Labuan Bajo

tujuan wisata

Labuan Bajo dulunya adalah kota yang biasa dikunjungi dengan tujuan untuk memancing. Tapi belakangan, Labuan Bajo menjadi tujuan wisata oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini juga ramai dikunjungi oleh vlogger ternama di Indonesia.

Di Labuan Bajo, tempat wisata yang banyak dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Cunca Wulang. Untuk melihat keindahan air terjun ini, teman-teman perlu sedikit memasuki pedalaman hutan.

Selain itu, Pulau Kanawa jangan sampai terlewatkan. Pulau Kanawa terkenal dengan pasir di pantainya berwarna putih susu dan air laut yang berwarna hijau toska.

Lalu, jika sudah di Labuan Bajo, tentunya teman-teman wajib ke Pulau Komodo. Di pulau ini, selain teman-teman bisa melihat komodo, teman-teman juga dapat mengunjungi pantai dengan pasir berwarna merah muda, Pink beach.

Pulau Bawean

tujuan wisata

Pulau Bawean adalah pulau yang terletak di Laut Jawa, termasuk dalam wilayah Gresik, Jawa Timur. Seperti tujuan wisata lainnya, Pulau Bawean menyimpan banyak keindahan alam. Jika sudah mampir ke sini, teman-teman harus mengunjungi pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Pulau Bawean, sepeteri Pulau Gili dan Noko.

Dua pulau ini, cocok banget dikunjungi kalau teman-teman berminat menyaksikan keindahan sunset. Tapi, teman-teman harus mengunjungi pulau ini di waktu yang tepat, karena saat air laut pasang, pulau-pulau ini akan sulit dikunjungi.

Selain itu, ada tanjung Gaang yang juga memiliki pesona alam yang sangat menarik. Jadi jangan sampai lupa ke tanjung ini, kalau berkunjung ke Pulau Bawean. Kemudian, di Pulau Bawean, terdapat penangkaran hewan lucu nan imut, Rusa Bawean.

Pangandaran

Tujuan wisataTujuan wisata menarik selanjutnya adalah kota yang terletak di provinsi Jawa Barat, Pangandaran. Di kota ini, tujuan utama wisata tentu adalah Pantai Pangandaran. Pantai yang terbentang luas di pinggiran kota Pangandaran ini memiliki pasir halus berwarna putih. Juga karena permukaan pantai yang landai, teman-teman bisa berenang dengan aman dan menyenangkan.

Kemudian, selain pantai, tujuan wisata di sekitar Pangandaran yang menarik lainnya adalah Green Canyon. Green Canyon adalah tebing tinggi yang dialiri sungai di Desa Kertajaya. Pemandangan tebing-tebing tinggi dan aliran air berwarna hijau, menjadi pemandangan yang sangat mempesona. Tempat favorit para wisatawan untuk melakukan body rafting menelusuri tebing yang menakjubkan ini.

Jika teman-teman ada di Pangandaran, jangan lupa, sempatkan diri untuk menikmati hidangan laut nikmat khas Pangandaran. Karena pada umumnya hidangan laut yang disajikan didapat langsung dari perairan Pangandaran, rasanya pun lebih segar dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Bunaken

tujuan wisata

Salah satu warisan dunia di Indonesia, yang terdaftar di UNESCO, itulah Bunaken. Tempat wisata andalan Sulawesi Utara ini adalah tempat yang sering dituju oleh penggemar Scuba Diving, karena keindahan alam bawah lautnya.

Taman laut yang paling sering dikunjungi oleh Scuba Diver adalah Bunaken Timor, Mandolin, dan Puncak Barakuda.

Nah, agar kunjungan teman-teman lebih sempurna, akan lebih baik teman-teman mengunjungi Bunaken di musim kemarau. Di musim ini, air di Pulau Bunaken terlihat lebih jernih dan hangat, sangat cocok untuk Scuba Diving dan Snorkeling.

Karimun Jawa

tujuan wisata

Selanjutnya, tujuan wisata yang enggak kalah dari Bali adalah Karimun Jawa. Karimun Jawa adalah kepulauan di wilayah Jepara, Jawa Tengah. Lokasinya dekat dengan Pulau Bawean.

Karimun Jawa selain sumber penghasil kapas, juga memiliki pemandangan pantai eksotis sehingga menarik banyak wisatawan.

Di Karimun Jawa, Pulau Cilik adalah salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi. Keunikan pulau ini adalah banyak ikan lumba-lumba yang akan mengikuti teman-teman selama perjalanan ke Pulau Cilik.

Kemudian ada juga Pulau Menjangan Kecil. Karena memiliki perairan yang jernih dan tidak terlalu dalam, pulau ini cocok untuk berenang atau snorkling.

Lalu, yang menjadi ciri khas Karimun Jawa adalah teman-teman dapat berenang dengan ikan hiu, di penangkaran ikan hiu, Pulau Menjangan Besar. Enggak perlu takut, karena ikan hiu di penangkaran ini merupakan ikan hiu berukuran kecil dan jinak. Selain itu, teman-teman akan ditemani oleh pawang saat berenang bersama ikan-ikan hiu ini.
_______

Tujuh tempat tujuan wisata Indonesia ini membuktikan pariwisata Indonesia memang enggak cuma Bali, bukan? Segera cek penerbangan di Skyscanner untuk menemukan harga terbaik mengunjungi tempat favorit-mu. Selain mendapatkan tiket dengan harga terbaik, banyak fitur lain yang bisa mempermudah kamu saat liburan seperti Price Alert yang memberikan notifikasi pas ada harga diskon, loh. Jadi sembari menentukan destinasi yang ingin kamu kunjungi, manfaatkan fitur yang ada pada Skyscanner.

Selamat berlibur!

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

66 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: