smartphone untuk traveling
Advertorial,  Review,  Traveling

Tips Memilih Model Smartphone Untuk Travelling

 

smartphone untuk traveling

Smartphone memang semakin banyak dilirik dan digunakan oleh berbagai kalangan, dari kawula muda sampai orangtua. Tak sedikit pula model-model ponsel cerdas yang meluncur ke publik dan mulai menarik hati. Dari model paling baru, ukuran ponsel pintar biasanya tidak lebih besar dari 5 inchi. Ukuran tersebut cukup besar tetapi tidak kebesaran dan pas untuk satu genggaman tangan maupun keduanya. Secara pastinya dimensi demikian turut mempermudah pengguna dalam mengakses fitur-fitur di dalamnya. Tak sedikit aplikasi yang dapat diterapkan pada ponsel, akan tetapi pada seri baru ini, smartphone digadang-gadang dengan fitur tertentu seperti kamera selfie, koneksi 4G yang lebih cepat, processor tangguh untuk menjadikan ponsel anti lelet, daya baterai yang lebih awet dan lainnya. Detailnya ialah sebagai berikut:

Kamera depan

Kualitas ponsel dengan layar berkamera depan memang sangat digemari. Semenjak trend selfie menjadikan para pengguna ponsel begitu mencari fitur kamera sekunder. Adapun kualitas yang ditawarkan juga sama-sama terbilang oke. Setidaknya skala jangkauan kamera dalam bentuk mega piksel. Begitu pula dengan fitur-fitur penunjang lainnya yang dapat digunakan sekaligus dimanfaatkan untuk melengkapi kebutuhan dalam pengambilan gambar maupun video.

sefie, pixabay

Dapur pacu

Bagian processor merupakan dapur utama dari sebuah ponsel dan operasionalnya sangat mempengaruhi kualitas ponsel. Sebagai contohnya ialah pada operasional yang cepat entah itu pada posisi ponsel dengan banyak data maupun sedikit. Selain itu, proses pengambilan gambar yang cepat maupun lambat sangat dipengaruhi oleh performa dari dapur pacu ini. Lelet menjadi sebuah ketidaknyamanan tersendiri karena operasional ponsel serba lambat. Bahkan sebagian besar fitur ponsel yang ada mempunyai gerak yang lambat akibat dari dapur pacu yang kurang mendukung.

Baca juga: Naqiya is My Travelmate

Konektivitas LTE

Telah diketahui bahwa koneksi 4G merupakan jalur internet terbaru dengan serangkaian akses super cepat. Speed yang dimiliki oleh LTE jauh lebih mumpuni dibandingkan dengan saudaranya. Incaran ponsel LTE pun begitu dicari dan menjadi bagian dari model smartphone yang paling diinginkan. Tak hanya fasilitas pada ponsel saja, telah ada kartu SIM yang mendukung operasional tersebut, hingga dapat dipilih berdasarkan dengan kebutuhan.

Daya baterai

Semakin besar kapasitas sebuah baterai dalam ponsel, maka akan semakin bagus pula daya awet yang dipunyainya. Kapasitas baterai dalam smartphone sangat berperan penting dalam operasional Android yang tak terlepas dari online. Saat internet diaktifkan, maka penggunaan daya baterai akan jauh lebih banyak. Begitu pula dengan operasional gaming maupun akses lainnya yang sama-sama tak terlepas dari pemakaian baterai dalam kadar tinggi. Jika daya power itu sendiri kurang maksimal, maka baterai ponsel akan cepat low dan membuat pengguna merasa kurang nyaman.

Kekurangan

Berbicara soal kelemahan dari ponsel pintar dengan model terbaru memang tak bisa ditampik. Hampir selalu ada seperti contohnya dengan harga yang mahal, namun begitu tarif yang dibandrolkan dapat dibandingkan dengan spesifikasi dari seri lainnya. Di samping itu, terdapat pula sisi kelemahan lain yang tidaklah sama antara model terbaru dari seri ponsel A, B maupun lainnya.

Kesimpulan

Dalam pemilihan model smartphone terbaru, sangat penting bagi pengguna bersangkutan untuk mengetahui detail dari kualifikasi review smartphone yang cocok untuk travelling. Dari karakter tersebutlah yang akan mempengaruhi adanya kecukupan atas kebutuhan ponsel bagi pengguna. Pas dan tidaknya dapat ditentukan terlebih dahulu dengan spesifikasi dari ponsel cerdas bersangkutan. Pastinya tak hanya harga, tetapi juga komposisi yang tertera, bukan?

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

19 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: