perawatan kulit
Advertorial,  Beauty,  Guest Post

7 Langkah Perawatan Kulit Rusak Karena Produk Kosmetik

perawatan kulit

Untuk dapatkan kulit yang cantik maksimal terkadang memang mengharuskan seorang wanita untuk mencoba berbagai jenis produk kosmetik tertentu. Beberapa mungkin cocok dan merasakan manfaat dari produk kosmetik tersebut, namun juga tak jarang yang justru mengalami efek buruk karena penggunaan produknya, mulai kulit yang menjadi sensitif, berjerawat hingga mengelupas. Perawatan kulit  semacam ini tentunya salah dan tak bisa Anda biarkan begitu saja jika tak ingin kulit wajah bertambah kian parah.

Patut untuk diketahui bahwa banyaknya merk produk kosmetik yang ada di pasaran, mulai dari fungsinya sebagai pembersih, pencerah hingga mengobati jerawat tak semuanya memberikan hasil nyata. Setiap wanita memiliki jenis kulit dengan kebutuhan yang berbeda. Patut untuk memilih yang sesuai, paling tidak jangan hanya dari iklan saja, melainkan lihat kandungan bahan produk kosmetik tersebut secara langsung. Ketahui juga sekiranya kulit Anda sensitif terhadap bahan apa da hindari.

Baca juga: Kulit Sehat dengan Bahan Alami

Pada kenyataannya perawatan kulit normal memang jauh lebih mudah, karena mereka tak memiliki kebutuhan khusus selain untuk menjaganya agar tetap lembab dan sehat. Berbeda dengan perawatan pada kulit yang sudah rusak karena penggunaan produk kosmetik yang salah, setidaknya untuk mengembalikannya ke keadaan semula maka diperlukan langkah khusus. Simak ulasannya berikut ini:

  1. Saat terasa dampak buruk dari penggunaan produk tersebut seperti kulit yang bertambah sensitif hingga munculnya jerawat sebaiknya langsung hentikan pemakaian. Biasanya gejala walau seperti ini bisa diindikasikan bahwa kulit Anda tak cocok, agar bahan kimia tak menumpuk semakin parah maka hentikan dan buang produk tersebut.
  2. Jangan suka mencoba-coba produk baru, tak memungkiri bahwa di usia remaja menang masih rentan terhadap pengaruh tayangan iklan, ada produk dengan tawaran memutihkan secara cepat pati akan langsung dipakai, sebaiknya hindari hal ini mengingat tak semuanya aman untuk dicoba.
  3. Hati-hati dengan produk kosmetik yang dijual secara online dari perusahaan tak jelas, karena memang iklan melalui media televisi mahal, beberapa oknum tertentu lebih senang memasarkannya secara online, mereka biasanya memberikan jaminan sebagai obat pemutih dokter, tetapi sebaiknya hindari.

perawatan kulit

  1. Jangan ragu untuk mengkonsultasikan ke dokter jika wajah mengalami kerusakan parah, jangan hanya dibiarkan dan justru mencoba-coba produk lainnya, sebaiknya langsung bawa kepada ahlinya agar kulit Anda segera dapatkan langkah pertolongan sebelum bertambah parah.
  2. Mulailah dengan menggunakan produk berbahan alami, sebenarnya tak hanya dengan membeli, Anda bahkan bisa membuatnya sendiri, contohnya adalah masker wajah hingga scrub. Ini adalah langkah terbaik untuk mencegah kerusakan lebih parah karena salah dalam penggunaan produk.
  3. Konsumsi lebih banyak air putih, jika biasanya 8 gelas perhari, maka sekarang Anda dapat menambah sedikit lebih banyak. Air pada dasarnya merupakan bahan terbaik untuk mengeluarkan racun dan bahan kimia yang menumpuk dalam tubuh, termasuk diantaranya adalah pengaruh buruk kosmetik yang digunakan.
  4. Konsumsi lebih banyak sayur dan buah, sayur dan buah-buahan adalah bahan makanan dengan kandungan vitamin paling lengkap, mereka berfungsi sebagai penyembuh kulit yang sudah rusak.

Tak hanya kulit yang sensitif, pada kenyataannya kulit normal juga bisa berubah menjadi rusak karena penggunaan produk yang salah. Untuk itu segera aplikasikan perawatan kulit rusak karena kosmetik tersebut agar Anda tak menyesal kedepannya. Karena kecantikan wajah memang menjadi investasi yang paling mahal bagi seorang wanita.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

6 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: