menginap di apartemen jakarta
Traveling

Liburan Keluarga ke Jakarta, Nginapnya di Apartemen Saja

menginap di apartemen jakartaRasanya sudah lama sekali saya tidak bertandang ke Jakarta. Ada kerinduan untuk menapakkan kembali kaki ini di ibu kota negara. Keluar sebentar dari kesunyian di ujung Sumatera dan menikmati hiruk pikuk Kota Jakarta. Sepertinya mengajak keluarga liburan ke Jakarta saat libur panjang bisa menjadi pilihan, selain untuk mengobati kerinduan juga untuk mengenalkan ibu kota negara Indonesia kepada buah hati kami, Naqiya.

Mengunjungi tempat wisata di Jakarta Pusat

Liburan keluarga ke Jakarta pasti bakalan sangat seru, kami bisa berjalan-jalan ke Monumen Nasional (Monas) yang merupakan ikonnya kota Jakarta. Walaupun sudah berkali-kali ke Jakarta, saya belum pernah  lho mengunjungi Monas. Padahal, ingin sekali rasanya melihat pemandangan dari puncak Monas, mengunjungi museum yang berisi diorama, melihat relief sejarah Indonesia, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Selain ke Monas, saya juga ingin sekali mengajak keluarga berkunjung ke Mesjid Istiqlal. Bisa menunaikan ibadah shalat di sana sambil menikmati kemegahan arsitekturnya adalah impian saya. Sejak duduk di bangku sekolah dasar saya selalu terkagum dengan masjid yang konon katanya merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara yang bisa menampung sekitar 200 ribu orang, dengan menara setingggi 90 meter dan kubahnya memiliki diameter 45 meter.

Baca juga: Tips Liburan Panjang Tanpa Takut Habis Cuti Tahunan

Lalu kemana lagi? Kalau seputaran liburan keluarga ke Jakarta Pusat, maka destinasi wisata lain yang ingin kami kunjungi adalah museum. Ada Museum Nasional atau dikenal juga dengan Museum Gajah dimana di sana kami tidak hanya berekreasi tetapi juga mendapatkan pengetahuan baru tentang barang-barang koleksi yang ada di dalamnya. Kemudian ada juga Museum Sumpah Pemuda yang memiliki hubungan erat dengan peristiwa bersejarah pada tanggal 28 Oktober 1928 silam yaitu Sumpah Pemuda. Saya juga ingin sekali mengunjungi Taman Ismail Marzuki (TIM). Di TIM saya bisa menikmati galeri seni, melihat pameran, atau membaca di Gedung arsip. Planetarium yang terdapat di dalamnya juga bisa menjadi tempat wisata edukasi untuk putri saya agar ia semakin paham dengan benda-benda langit.

Tempat wisata bersejarah lain yang ingin sekali kami kunjungi ketika liburan ke Jakarta adalah Tugu Proklamasi. Bisa melihat dengan mata kepala sendiri tempat dibacakannya naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia akan membuat rasa nasionalisme saya tergugah.

Baca juga: Strategi Jual Beli Apartemen Di Jakarta

Tidak lupa pula saya ingin mengunjungi Pasar Baru untuk berwisata belanja. Menurut cerita teman-teman yang sudah pernah ke sana, Pasar Baru ini menjual beranek barang mulai dari pakaian, kain, sepatu, peralatan olah raga, kacamata, hingga tukang jahit pun ada di sini. Harga di Pasar Baru sangat murah apalagi kalau kita pandai menawar.

Terus mau menginap dimana kalau liburan keluarga ke Jakarta?

Saat mengikuti pelatihan dasar (latsar) militer di Rindam Jaya Condet beberapa tahun silam, komandan regu kami pernah menjelaskan kalau mau menginap di tempat yang nyaman tapi murah itu apartemen adalah solusinya. Kebetulan waktu itu, saya dan teman-teman yang berasal dari luar Jakarta kebingungan mau menginap di mana saat mendapatkan izin keluar dari asrama.

“Kalau kalian sewa apartemen, kalian bisa menginap beramai-ramai. Harganya sewa apartemen harian pun lumayan terjangkau. Apalagi kalian ada beberapa orang, tinggal patungan saja. Dari pada kalian menginap di hotel, mahal kalau yang bagus.” Jelasnya.

Menginap di Apartemen, Lebih Murah, Mudah dan Fleksibel

Ungkapan komandan tersebut sampai sekarang masih membekas di ingatan saya. Dan kalau liburan ke Jakarta Bersama keluarga, tips dari komandan tersebut rasanya bisa saya terapkan. Apalagi saat ini banyak sekali apartemen yang disewakan harian dan kita bisa dengan mudah menemukannya lewat aplikasi booking hotel, apartemen, atau tiket pesawat. Kalau mau tahu apa dimana saja apartemen di Jakarta Pusat yang bisa kita sewa secara harian klik di sini saja.

Selain harga yang terjangkau, proses administrasi saat menginap di apartemen juga lebih mudah. Tak hanya itu, biasanya lokasi apartemen itu terletak di Kawasan yang mudah diakses dan dekat dengan pusa keramaian. Ditambah lagi menginap di apartemen itu aturannya lebih fleksibel dibandingkan dengan menginap di hotel.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

16 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: