Review

Healthy Lifestyle for Better Future 

Berbicara tentang gaya hidup sehat pasti enggak jauh-jauh dari yang namanya makan makanan yang sehat dan bergizi, olahraga yang teratur, tidak merokok, dan selalu berpikiran positif. Namun, terkadang unsur-unsur tersebut sulit dijalankan apalagi untuk mereka yang berkerja. Tidak perlu jauh-jauh, contohnya saja saya sendiri (tutup muka).

Saya selalu berusaha untuk makan makanan yang sehat dan bergizi. Tetapi untuk memasak makanan tersebut terkadang tidak sempat. Padahal, tempat tinggal saya hanya beberapa langkah dari pasar pagi yang menjual aneka sayur dan buah. Begitu juga dengan pasar ikan, hanya seratus meter dari rumah. Tapi setelah ikan dan sayur saya beli, mereka harus mendekam di dalam kulkas sampai saya memiliki waktu untuk mengolahnya. Hiks. Belum lagi ketika tiba di tempat kerja, godaan untuk makan junk food sangat besar. Mie rebus pakai telor sungguh tidak bisa dihindari. Lontong sayur, juga sangat menggiurkan.

Begitu pula dengan olahraga. Kapan mau olahraga? Alasan enggak ada waktu selalu saya utarakan. Maklum, pergi pagi pulang sore. Setelah itu sibuk dengan buah hati. Kalau weekend? Hehehe… Kadang jalan-jalan pagi juga di sekitar kompleks. Tapi ya kadang-kadang…

Saya tidak merokok tapi tinggal di lingkungan perokok. Syukurnya suami bukan perokok sehingga rumah bebas dari asap rokok. Namun, ketika jalan-jalan ke pasar, ke pajak ikan, atau ke tempat keramaian, asap rokok ada dimana-mana. Bukankah perokok pasif itu lebih berbahaya?

Syukurnya, saya selalu menerapkan positive thinking dalam setiap hal. Begitu juga dengan niat saya untuk bisa menerapkan healthy lifestyle. Saya sadar se sadar-sadarnya bahwa hidup sehat itu sangat penting untuk diri saya sendiri dan untuk keluarga. Kalau bukan saya sendiri yang mengubah pola hidup saya, siapa lagi?

Agar niat saya tercapai, saya selalu membuat target walaupun sering tidak  terlaksana. Saling curhat dengan teman sekantor untuk mengubah lifestyle kami yang sangat tidak sehat ini. Tidak lupa juga membaca berbagai literatur tentang hidup sehat termasuk website populer seperti seperti Breaktime Lifestyle. Membaca pengalaman orang yang berhasil menerapkan hidup sehat ternyata bisa memotivasi diri sendiri juga.

Lalu, bisa enggak sih menerapkan healthy lifestyle? Inshallah bisa!

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: