Tips SEO untuk Blogger
Blogging and Social Media

SEO for Lifestyle and Travel Bloggers

Dulu ketika mendengar kata SEO, kening saya langsung berkerut. Pikiran saya melayang pada keyword yang harus saya masukkan pada setiap paragraf, peraturan A to Z yang harus diikuti, sampai saya sempat menyimpulkan kalau Search Engine Optimisation (SEO) ribet dan mengekang kreativitas. Bagaimana tidak? Kalau ingin menerapkan tips seo untuk blogger, berarti ada saya harus mengikuti berbagai langkah agar tulisan saya familiar di mesin Google. Namun, lama-kelamaan, setelah mempelajarinya, saya semakin tertarik untuk semakin mendalaminya.Tips SEO untuk Blogger

Alasannya sih sebenarnya kembali ke niat awal saya ngeblog yaitu untuk berbagi. Nah, bagaimana mungkin tulisan yang saya posting di blog dapat bermanfaat kalau saya tidak membagi-bagikannya lewat media sosial yang saya miliki. Namun, itu saja tidak cukup. Ketika saya menulis tulisan terbaru, membagikannya, maka tulisan yang lama pun akan hilang tertelan tulisan-tulisan yang lain. Lantas, bagaimana agar tulisan tersebut tetap ada yang baca? Gunakanlah tips SEO.

Sebenarnya, bisa dikatakan, ilmu SEO saya masih secuil. Maklum saja, baru setahun belakangan sadar kalau SEO itu enggak hanya penting bagi mereka yang memfokuskan diri untuk mengumpulkan pundi-pundi dollar dengan menjadi publisher Google, tetapi juga bagi blogger yang menjadikan ngeblog sebagai hobi dan menulis untuk berbagi seperti saya. Jadi,  enggak salah kan kalau saya mencoba membagi tips SEO untuk blogger yang saya ketahui dan saya terapkan di blog liza-fathia.com ini?(ceileee, udah mulai jadi SEOkman nih :)).

Ngomongin tentang Google dan SEO, ada satu hal yang harus digarisbawahi bahwa Oom Google selalu mengubah aturan yang telah ditetapkannya secara berkala. Lantas apa yang harus kita lakukan agar pengetahuan SEO kita semakin meningkat? Saya tidak merekomendasikan teman-teman blogger pemula untuk membaca panjang lebar tips SEO untuk blogger yang bertebaran di jagad maya. Butuh banyak waktu tentunya untuk mencerna semuanya.

tips seo untuk blogger

Sebenarnya, jawaban tentang bagaimana meningkatkan ranking blog kita di mata Google sangatlah sederhana. Buatlah blog kita, sesuai dengan niche yang kita inginkan, entah itu lifestyle, travel, fashion, beauty, kesehatam, apapun itu dengan konten yang berkuallitas dan bermanfaat untuk banyak orang.  Oom Google itu pinginnya siapapun yang mencari lewat search engine-nya bisa mendapatkan hasil sesuai yang mereka mau. Nah, sekarang giliran kita untuk membuat konten blog yang kita kelola lebih baik dari blogger lainnya sesuai dengan niche blog kita tersebut.

Contohnya saja blog saya yang berniche lifestyle dan travel blog. Hal pertama yang saya lakukan sebelum menuliskan sebuah postingan blog adalah memikirkan tentang  alasan orang-orang berkunjung ke blog saya. Biasanya, untuk tema traveling,  netizen yang berkunjung ke blog saya mencari tentang tempat wisata di Aceh. Nah, tulisan tentang tempat wisata di Aceh itu kan berjibun? Agar pengunjung ke blog saya itu banyak, maka saya harus berkerja keras dengan membangun konten yang lebih baik dari blogger lain yang pernah menuliskan topik yang sama. Berikan informasi yang bermanfaat kepada pembaca dan jangan sungkan untuk menambahkan link yang berhubungan dengan tulisan tersebut. Selain itu, kita juga harus mengorganize konten blog tersebut sehingga memudahkan pembaca menemukan apa yang mereka cari dan membuat mereka kembali lagi ke blog kita.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah langkah-langkah SEO yang saya lakukan agar ranking postingan saya semakin baik di mata Oom Google yang ngegemesin banget itu:

  1. Beli Domain Pribadi

Hal pertama yang saya lakukan berdasaran saran dari seorang teman adalah membeli domain (dan hostingan) sendiri. Ternyata langkah ini enggak hanya membuat blog kita terlihat semakin profesional tetapi juga semakin bagus di mata Google.

  1. Jadikan Blog Mobile Friendly

Tahukah Anda, akhir-akhir ini traffic sebuah blog itu kebanyakan berasal pengunjung yang menggunakan mobile dibandingkan dekstop. Jadi, agar pembaca blog kita semakin nyaman sudah saatnya kita jadikan tampilan blog kita semakin mobile friendly. Tidak hanya nyaman saat mengkases lewat ponsel, blog yang mobile friendly juga lebih cepat loadingnya (eits, bukannya itu juga indikator kenyamanan, ya?)

  1. Selektif dalam memposting sponsored post atau afiliasi

Beberapa tahun belakangan, semakin banyak blogger yang diajak kerja sama dengan brand atau agency. Biasanya salah satu syaratnya adalah dengan menempatkan link mereka ditulisan kita. Nah, agar tulisan kita enggak berisi iklan semua, ada baiknya kita lebih selektif menulis tulisan berbayar. Kalau bisa sih sesuai dengan niche blog kita. Kalau bisa, hehehe.

  1. Menjadi Guest Blogger

Cara lain agar SEO blog kita semakin baik adalah dengan menjadi penulis tamu di blog lain istilahnya guest blogger. Memang sih, sekarang banyak blogger yang put a price on their guest blog post, tapi itu bermanfaat banget untuk mendapatkan backlink ke blog kita. Tapi kalau sama teman sendiri masa iya sih minta bayaran juga?

  1. Percepat Loading Blog

Nah, ini yang kadang agak susah saya terapkan. Padahal, semakin cepat loading blog kita, maka itu akan semakin bagus baik untuk pembaca maupun Oom Google. Saya sudah diingatkan berkali-kali oleh teman saya yang kebetulan paham SEO, jangan terlalu banyak image di halaman depan blog apalagi ukurannya besar-besar. Itu ngaruh banget untuk kecepatan loading blog kita. Kalau sebuah blog loadingnya lama, pasti ngaruh banget ke bandwidth kan? Ujung-ujungnya bisa-bisa paket internet pengunjung blog kita habis.

  1. Berpartisipasi di Forum dan Berkomentar di Blog lainnya

Kalau ini tentu sudah banyak dilakukan oleh teman-teman blogger yang senasib dengan saya (masih awam soal SEO). Ternyata, sering blogwalking dan berkomentar di blog tersebut sangat baik untuk traffic dan SEO blog kita. Namun, kalau berkomentar sebaiknya berkomentarlah yang baik dan membangun, jangan malah nyepam. Hiks. Sebel banget tuh sama komentar yang isinya entah apa-apa terus banyak nyelipin link enggak jelas gitu.

Itu dia 6 langkah yang saya tempuh agar blog saya semakin disukai sama Oom Google. Namun, dari semua tips SEO untuk blogger tersebut, yang paling penting adalah jadikan blog kita itu bermanfaat untuk audien blog kita. Inilah cara yang paling sederhana agar Oom Google kecantol sama blog kita. Ketika tulisan di blog kita menarik, pengunjung akan datang sendiri dan tentunya ranking di Google semakin bagus. Kalau semua itu sudah kita dapatkan, tentunya kesempatan untuk bekerjasama dengan brand kece akan datang dengan sendirinya.

Kalau teman-teman memiliki tulisan tentang SEO atau memiliki pengalaman menarik saat menulis blog, please share them di komentar di bawah ini.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

30 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: