foto di depan candi prambananBagi seorang travel blogger, selain aktif menuliskan catatan perjalanannya di blog, ia juga kerap mempostingkan foto-foto atau video perjalanannya di instagram. Memang, saat ini instagram sangat digemari oleh remaja maupun orang tua entah itu untuk sekadar dokumentasi kegiatan sehari-hari, atau memamerkan foto dan video yang mereka miliki dengan caption yang dikemas secara ciamik.

Selain bisa eksis di blog atau instagram, menjadi travel blogger cum instagramer juga membuka peluang bagi Anda untuk menjadi seorang influencer. Walau hanya bermodalkan ponsel saat traveling, Anda bisa meraup rezeki dengan mengupload foto-foto atau video yang kita miliki ke media sosial ini. Berbagi momen seperti pemandangan alam, tiket promo pesawat hingga makanan lezat bisa menjadi pilihan untuk konten yang akan diupload. Tentunya foto dan video tersebut harus dikemas dalam bentuk yang menarik dan dengan caption yang menggugah.

forced perspective photography of cars running on road below smartphone
Photo by Matheus Bertelli on Pexels.com

Agar foto-foto di instagram Anda terlihat menarik dan disukai banyak orang,  berikut ini saya akan membagikan  tips pengambilan foto dengan kamera smartphone, cekidot! 

Kebersihan lensa

Lensa kamera smartphone mempunyai peran vital dalam proses pengambilan gambar. Lensa yang kotor karena noda dapat memengaruhi hasil akhir gambar menjadi kabur atau buram. Oleh karena itu, kebersihan lensa harus sangat diperhatikan.

Kondisi dan arah cahaya

Perhatikan kondisi dan arah cahaya di tempat Anda mengambil gambar. Kondisi cahaya berlebihan misalnya, dapat menimbulkan keadaan overexposure sehingga gambar menjadi buyar dan memutih. Di sisi lain, kondisi yang terlalu gelap dapat memberikan kesulitan dalam pengambilan gambar. Anda juga tidak disarankan memotret langsung ke arah sumber cahaya.

Perspektif yang beragam

Saat melakukan pengambil gambar, cobalah perspektif yang berbeda dari mata Anda saat berdiri. Untuk mendapat angle yang terbaik, cobalah merekam momen dengan posisi jongkok atau foto dari posisi perut. Setelah melakukan hal tersebut, bandingkan dengan gambar yang dihasilkan dengan posisi biasa.

Gunakan caption yang bercerita

Percuma foto bagus tanpa caption yang menarik. Anda bisa meraih popularitas lebih dengan menghadirkan caption yang ‘bercerita’ untuk mendukung sebuah gambar menjadi lebih hidup. Banyak Audiens yang kini mengikuti akun para idolanya, dan tak susah untuk menjawabnya. Para travelgram mempunyai story telling yang menarik tentang kisah hidup mereka.

Fokus pada objek

Daripada Anda tergesa-gesa mengabadikan momen dengan menangkap semua area, yang justru bisa menurunkan kualitas, lebih baik Anda mengisolasi objek menarik yang lebih kecil untuk hasil yang menawan. Mengambil foto-foto dengan objek unik juga bisa memperkaya feed Instagram Anda.

A post shared by Liza Fathia (@lizafathia) on

Zoom yang berlebihan

Tentu saja, smarthpone pada zaman now ini untuk rasa kedalaman kamera masih kalah telak dengan beragam kamera profesional. Namun masih ada saja yang memaksakan diri untuk melakukan zoom dengan lensa smartphone. dikarenakan objek foto terletak jauh dari jangkauan. Zoom dapat mengurangi resolusi dan membuat gambar menjadi “pecah”.

Edit foto Anda dengan aplikasi

Aplikasi seperti VSCO dan Snapseed membuat hidup Anda menjadi lebih mudah. Aplikasi tersebut dapat membantu memperbaiki warna, mengatur exposure, hingga menambah sharpness. Sangat membantu untuk mengedit foto yang kurang cocok dengan taste Anda.

Menghadirkan leading lines

Saatnya mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas. Leading lines dapat menghadirkan efek kedalaman atau kesan jauh lewat irama.

Published by Liza Fathia

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

Join the Conversation

4 Comments

Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: