tips memilih baju lebaran

Tidak terasa, sebentar lagi sudah memasuki bulan Ramadhan, ya. Di bulan suci ini, masyarakat Indonesia rata-rata sibuk menunaikan ibadah puasa dan ibadah-ibadah baik wajib maupun sunnah lainnya. Sembari beribadah, biasanya banyak orang menyicil persiapan untuk Lebaran seperti misalnya menata ulang rumah agar terlihat seperti baru, menyiapkan kue dan kukis untuk Lebaran, menyiapkan uang untuk dibagikan kepada para keponakan, dan yang tak kalah pentingnya yakni menyiapkan baju baru.

Yup, sudah jadi tradisi tersendiri di Indonesia untuk mengenakan baju baru di hari spesial yakni hari raya Idul Fitri. Tak heran jika menjelang hari raya, pusat perbelanjaan menjadi ramai sesak oleh para pembeli yang berburu model pakaian terbaru untuk outfit hari raya. Nah, ada baiknya jika kamu mempersiapkan outfit hari raya dari jauh-jauh hari agar lebih santai dan leluasa. Berikut tips memilih baju lebaran yang tepat.

tips memilih baju lebaran

Pilih bahan yang nyaman

Prioritas utama dalam memilih baju untuk Lebaran adalah bahan yang nyaman. Definisi nyaman adalah bahan baju tersebut harus memiliki tekstur yang lembut agar tidak lecet saat bergesekan dengan kulit tubuh dan menyerap keringat sehingga menimbulkan kesan adem dan nyaman saat dikenakan. Beberapa bahan yang memiliki karakteristik ini biasanya berbagai jenis bahan katun seperti misalnya katun lokal hingga katun jepang. Model baju terbaru dengan bahan yang nyaman tentu akan membuat baju lebaran jadi lebih nyaman dikenakan sehingga tidak mengganggu aktivitasmu saat merayakan Idul Fitri.

Tidak menerawang

Di hari yang suci, ada baiknya jika kamu memilih baju yang menutup aurat atau minimal sopan. Hindari model baju terbaru yang bahannya menerawang karena terkesan tidak sesuai dikenakan saat merayakan hari Idul Fitri yang suci ini. Hindari bahan-bahan seperti chiffon atau organza yang cenderung transparan atau tembus pandang. Jika kamu tetap ingin mengenakan baju dengan bahan tersebut, pastikan untuk mengenakan baju rangkap alias dalaman agar tetap terlihat sopan dan tidak memicu persepsi yang negatif.

Tidak ketat

Selain tidak menerawang, untuk menghormati hari raya yang suci ini hindarilah mengenakan pakaian yang ketat alias membentuk lekuk tubuh. Tentu tidak akan nyaman bagi orang di sekitarmu jika kamu mengenakan pakaian yang terlalu ketat di saat perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri ini. Biasanya, baju dengan bahan jersey cenderung menempel dan memperlihatkan bentuk tubuh, jadi hindari memilih baju lebaran dengan bahan ini.

Sesuaikan baju dengan acara

Boleh saja mengenakan gamis full payet dan manik-manik, tapi akan menjadi aneh jika kamu mengenakannya untuk silaturrahmi ke rumah saudara di siang hari yang terik. Sesuaikan baju yang kamu kenakan dengan acara yang akan kamu hadiri atau aktivitasmu. Untuk acara yang sifatnya kasual di pagi hingga sore hari, pilihlah bahan yang adem seperti misalnya katun dengan model yang simpel. Jika kamu berencana menghadiri acara yang lebih formal di malam hari, maka tak ada salahnya jika kamu memilih baju bertekstur licin dan mengkilap seperti bahan satin, dengan tambahan hiasan seperti manik dan payet yang menambah kesan mewah nan elegan.

Nah itu dia beberapa tips memilih baju lebaran yang tepat agar kamu tak salah kostum di hari nan fitri nanti. Selamat memilih outfit lebaran!

Published by Liza Fathia

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

Join the Conversation

17 Comments

  1. Pakaian ketat juga nggak nyaman sih. Karena bikin nafas sesak, dan gerakan juga tidak leluasa. Selain itu juga kita jadi merasa tubuh kita terekspos. Mending yang agak longgar 🙂

  2. Bahannya bagus gak, hehehe… Biasanya beli baju saya buat beberapa tahun padahal sering dipakai. Biar awet salah satunya bahan harus bagus…

    Salam
    Okti Li

  3. Jarang beli baju baru saat lebaran hehe. Tapi ciri2 baju yg mbak Liza kasi itu aku terapin jg kalau beli baju biasanya sih. Yg penting gk ketat, gak nerawang, dna kita nyaman makainya 😀

  4. Aku jarang beli baju lebaran nih mba, beliin doong. Hahaha *eh btw, salah kostun di hari lebaran mmg gk enak sih, tipsnya berguna bgt mba

  5. Aku belum beli baju lebaran. Udah mepet gini lihat antrean di toko jadi malas. Pakai yang ada aja. Hehe.

Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: