Guest Post,  Review,  Traveling

Tempat Wisata yang Belum Diketahui di Kota Bandung

Bandung memiliki sejuta pesona yang menarik wisatawan untuk datang. Tempat wisata yang ada di Kota Kembang ini memang lengkap, dari wisata belanja, kuliner, edukasi, hingga pemandangan alam. Namun, ternyata masih ada loh tempat wisata di Bandung yang belum diketahui orang banyak.

Tempat yang masih berada di kota Bandung ini sayang jika dilewatkan, karena memiliki keunikan dan memberikan pengalaman yang berbeda. Dua tempat yang direkomedasikan adalah Museum Barli dan Taman Air Karangsetra.

Sejak kepemimpinan Ridwan Kamil, kota ini memang sibuk berbenah menciptakan ruang terbuka untuk memfasilitasi warganya berinteraksi dengan sesama penduduk kota. Berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan di fasilitas umum ini. Berikut penjelasan mengenai kedua tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Bandung.

Menikmati Seni di Museum Barli

Museum Barli Bandung
Museum Barli Bandung (Sumber : direktori.infobandung.co.id)

Museum yang beralamat di Jalan Prof. Dr. Sutami 91, Bandung ini menyajikan beragam hasil karya seniman Bandung, Barli Sasmitawinata. Di tempat yang ada di pusat kota ini, kamu diajak memahami hasil lukisan Barli

Di museum ini pengunjung dapat melihat perkembangan seni Barli dari masa ke masa. Pada masa awal kiprahnya di seni lukis, Barli mengikuti aliran realis. Kemudian ia beralih ke aliran impresionisme, hingga akhirnya karya-karyanya mengarah ke ekspresionisme. Sayangnya, karya-karya Barli di masa sebelum tahun 40an tidak dapat ditemukan. Semua karyanya di masa itu hilang akibat revolusi.

Museum Barli didirikan tidak hanya sebagai manifestasi kecintaan Barli terhadap seni lukis, tapi juga menjadi sumber inspirasi anak bangsa terhadap perkembangan seni lukis di Indonesia. Barli yang seangkatan dengan Affandi tidak hanya dikenal sebagai pelukis, tapi juga pendidik. Sudah banyak seniman muda hasil didikannya yang berkiprah di dunia seni Indonesia.

Kecintaannya pada seni lukis sudah terlihat sejak masih kecil, hingga saat dewasa ia menjadi satu-satunya murid bumiputera yang belajar seni lukis di Italia. Perjalanannya mengelilingi Eropa dihabiskan dengan menimba ilmu seni lukis. Yang belum banyak diketahui orang, yaitu ia adalah orang yang menciptakan lambang divisi Siliwangi.

Pesona Taman Air Karangsetra

taman air karangsetra
Taman Air Karangsetra (Sumber : sebandung.com)

Taman air Karangsetra merupakan objek wisata baru di daerah Sukajadi. Taman air berbentuk kolam renang dengan berbagai fasilitas permainan lain yang mendukung. Itu sebabnya taman air ini lebih cocok disebut waterpark. Sepintas berbagai fasilitas taman bermain air mirip dengan yang ada di Taman Impian Jaya Ancol.

Taman air ini dibuat sebagai salah satu alternatif tempat wisata keluarga yang terjangkau dan mengasikkan. Lokasinya juga sangat strategis, hanya enam kilometer dari pusat kota. Ditambah dengan fasilitas lengkap, seperti foodcourt dan video game yang menambah kenyamanan pengunjung. Tidak heran jika tempat ini selalu ramai pengunjung terutama saat akhir pekan.

Objek andalan tempat ini adalah kolam pantai yang dibuat persis seperti aslinya. Kolam ini diklaim sebagai satu-satunya yang ada di Bandung. Dengan menghabiskan waktu berjemur di kolam pantai, imajinasi kamu bisa melayang seolah-olah benar ada di pantai.

Pasir putih, dan air yang jernih serta biru agak sulit ditemukan di sekitar Bandung. Tapi kamu bisa menemukannya di pantai pasir. Efek pasir putih muncul akibat bentuk kolam yang berubin putih yang cekung dan landai.

image
Waterslide Taman Air Karangsetra (Sumber : www.mangacew.com)

Taman air Karangsetra juga memiliki dua waterboom yang patut dicoba. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu berlama-lama mengantri untuk bisa menikmati sarana bermain yang mengasyikkan ini. Wahana lain yang menjadi andalan adalah waterslide raksasa yang tingginya mencapai 25 meter. Ini memberikan sensasi bermain yang tidak terlupakan.

Tertarik untuk berkunjung ke tempat-tempat di atas?

Kalau kamu tinggalnya jauh dari Bandung tapi tertarik untuk berwisata ke tempat-tempat asyik ini bersama keluarga atau teman-teman, kemungkinan besar kamu harus mencari hotel atau penginapan untuk bermalam, kecuali kalau kamu berniat untuk berwisata satu hari pulang pergi.

Jika menginap, saran saya adalah sebaiknya kamu mencari hotel yang lokasinya strategis atau dekat dengan tempat-tempat tadi, tujuannya agar mudah untuk menjangkaunya, bahkan kalau bisa hanya dengan jalan kaki.

Sudah banyak pilihan hotel di Bandung. Mulai dari hotel berbintang sampai hotel budget. Kamu bisa bermalam di hotel berbintang 4 atau 5 yang nyaman dengan fasilitas lengkap, tapi harganya juga tinggi. Kamu bisa juga menginap di hotel budget atau penginapan yang harganya jauh lebih murah, namun biasanya fasilitasnya kurang memadai dan tempatnya kurang bersih.

Nah, daripada bingung mau booking hotel murah yang mana, saya punya rekomendasi untuk hotel yang lokasinya strategis, fasilitasnya memadai, tapi harganya juga murah, kamu bisa coba untuk menginap di hotel Airy Pasteur Babakan Jeruk Bandung. Alamatnya di Jalan Babakan Jeruk Indah 1 No. 11, Bandung.

image
Hotel Airy Pasteur Babakan Jeruk Bandung (Sumber : airyrooms.com)

Hotel ini fasilitasnya cukup memadai. Ada AC, wifi gratis, air minum gratis, TV layar datar, dan dapat sarapan juga loh. Lokasinya dekat dengan tempat-tempat wisata di atas, yaitu hanya 1 km dari Museum Barli, dan 1,5 km dari Taman Air Karangsetra. Tidak jauh kan? Bahkan kamu bisa jalan kaki kalau ingin olahraga sedikit. Selain dekat dengan tempat-tempat tadi, hotel ini juga dekat dengan BTC Fashion Mall. Cuma 800 m saja, kamu bisa mampir kalau mau belanja bersama keluarga.

image
Kamar Hotel Airy Pasteur Babakan Jeruk Bandung (Sumber : airyrooms.com)

Harganya juga murah, hanya 277 ribu saja per malam (tapi harga bisa berubah sewaktu-waktu ya). Cara pesan hotelnya juga mudah, kamu bisa pesan lewat whatsapp ataupun nomor teleponnya. Untuk info kontaknya bisa kamu cek di websitenya langsung.

image

Tarif kamar hotel airy (sumber; airyrooms.com)
Tarif kamar hotel airy (sumber; airyrooms.com)

Lumayan kan, kamu bersama keluarga atau teman-teman bisa save untuk biaya akomodasi, dan bisa berwisata ke tempat-tempat tadi dengan mudah.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

16 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: