Uncategorized

TEMILNAS,..unforgettable…part 2

Ilmu-ilmu Baru

Nah ini dia yang paling penting. Di Temilnas FK USU itu aku mendapatkan ilmu-ilmu baru tentang tata cara penanganan penyakit pasca bencana. Baik itu penyakit infeksi ataupun fraktur dan trauma yang ditimbulkan akibat bencana. Di sana aku dan delegasi yang lain mengikuti seminar yang di sampaikan oleh Rektor USU yang juga seorang dokter, Sekjen DEPKES, Kepala Depkes Medan, beberapa perwakilan dari Depkes dan Dosen FKM dan FK, serta perwakilan WHO, dr. Vijay

Hampir semua materi yang disampaikan sama. Tentang bencana, emergency, dan penyakit-penyakit yang ditimbulkan setelahnya. Yang paling menarik adalah Indonesia menjadi center untuk mempelajari bencana. Why? Seperti yang dikatakan Prof.dr. Vijay, Indonesia is the hypermarket of disaster.”

Semua bencana di alam ini ada di negara kita tercinta Indonesia. Mulai dari gempa bumi baik tektonik maupun vulkanik, banjir, tanah longsor, gunung berapi, kabut asap, badai topan, gelombang tsunami, dan lain-lain. “Very complete.” Begitu ujar dr. Vijay, yang ternyata berprofesi sebagai dokter anak dan jantung itu.

Dengan demikian, seluruh negara-negara yang ada di dunia ini akan dating ke Indonesia untuk mempelajari bencana secara langsung. Nah, selain itu kita sebagai bangsa Indonesia khususnya para dokter dituntut untuk mengerti lebih banyak tentang bencana. Bahkan untuk itu Sekjen DinkesRI mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir akan diberlakukan mata kuliah tentang bencana dan penangananya di seluruh fakultas kedokteran di Indonesia.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: