#BPN30DAYBLOGCHALLENGE,  Life Story,  Traveling

Travel, Parenting, Kesehatan, Curhatan, Sebenarnya Apa Tema Blog yang Saya Sukai?

Setelah berjibaku dengan tantangan hari pertama BPN 30 Day Blog Challenge dan berhasil menetaskan tulisan dengan judul 5 Alasan Saya Menulis Blog, kini otak dan jemariku kembali harus dirangsang untuk menghasilkan ide tulisan untuk tantangan hari ke 2. Tema #BPN30DayBlogChallenge yang ke 2 adalah Tema Blog yang Disukai. 

Apa ya tema tulisan blog yang saya sukai? Saya suka semua, susah memilih antara kamu, dia, atau dirinya (mulai ngawur).

memilih tema tulisan blog
Mamak-mamak lagi bingung mau pilih tema blog yang disukai apa aja

Agar sebuah blog memiliki keunikan dan ciri khas, ia harus memiliki niche tersendiri. Dengan fokus pada tema tertentu, blog tersebut akan lebih diingat, dikenang, dan menjadi bahan rujukan.

Teori tentang pentingnya memilih tema atau niche tulisan di blog sudah saya ketahui sejak awal saya memutuskan menjadi blogger. Namun, dalam mengaplikasikannya, sulit sekali, Jendral!

Saya pernah ingin memfokuskan tema tulisan blog khusus tentang traveling. Membulatkan tekad agar blog liza-fathia.com hanya menulis artikel seputar perjalanan dan menerima sponsored article tidak melenceng dari tema yang saya pilih. Sayangnya, sejak menjadi abdi negara, frekuensi berjalan saya menjadi sangat terbatas. Blog dipenuhi sarang laba-laba karena sang empunya sibuk dengan rutinitas harian.

Setelah menikah dan punya anak membuatku ingin menulis tentang rekam jejak perkembangan buah hati kami, lalu agar blog utama tidak terusik, saya membuat blog baru khusus family dan parenting. Kemudian, saya membuat blog lain untuk membahas tema kesehatan sehingga lahirlah blog dokterliza.com. Lagi-lagi blog tersebut terbengkalai, hanya beberapa tulisan yang bertengger di dalamnya. Saya berternak blog lain lagi dan lagi-lagi sempat kuisi.

tema tulisan blog
Setelah punya anak pingin menulis teman tulisan di blog tentang Family dan Parenting

Walhasil, saya merenung, sebenarnya tema apa yang saya sukai untuk blog saya ini? Travel kah? Parenting kah? Kesehatan kah? Sekadar curhatan kah? Dan akhirnya saya pun memutuskan untuk fokus pada blog utama saya, liza-fathia.com dan mengisinya dengan apapun yang saya inginkan.

Karena keterbatasan waktu yang saya miliki untuk menulis blog, saya tidak ingin blog utama saya terbengkalai. Saya tidak rela blog yang telah bertahun-tahun saya bangun penuh dengan semak belukar. Jadi, daripada saya berternak banyak blog lebih baik saya fokus pada satu blog. Awalnya saya sempat khawatir, citra saya sebagai travel blogger melebur seiring berubahnya tema blog saya. Namun, begitulah kenyataan yang saat ini saya hadapi. Saya tidak bisa lagi melakukan traveling sesuka hati dan rutin menuliskannya di blog. Daripada blog saya kosong, lebih baik saya mengisinya dengan cerita kehidupan saya sehari-hari.

Lifestyle blogger, begitu istilah kerennya.

tema tulisan blog

Ketika saya melakukan perjalanan, maka kategori traveling lah yang saya pilih. Ketika saya ingin mengulas tentang hidup sehat atau penyakit tertentu, maka kategori kesehatan lah yang saya pilih. Pun demikian ketika saya ingin berbagi tentang cara saya mendidik buah hati maka di kategori parenting ia tersemat.

Menulis untuk terapi jiwa. Agar jiwa menjadi rileks dan endorfin terbentuk sempurna, maka tulislah apa yang kau sukai. Jangan terbentur pada satu tema, jangan terusik pada keinginan pembaca. Ketika kamu bahagia, maka yakinlah tulisanmu juga akan menghasilkan kebahagiaan bagi yang membacanya.

Kembali lagi ke topik awal tentang Tema Tulisan Blog Apa yang Saya Sukai? Maka jawaban saya adalah Traveling, Parenting, Health, and Life Story.

Ketika blogwalking saya juga sangat menyukai blog bertemakan perjalanan, parenting, kesehatan, atau sekadar curahan hati semata. Tulisan perjalanan yang mengusung nilai humanis dengan diksi dan narasi yang indah mampu membuatku berlama-lama membaca ulasannya. Pun demikian dengan travel blog yang memamerkan foto-foto ciamik tentang keindahan sebuah tempat juga mampu menghipnotisku untuk berlama-lama berselancar di blognya.

Sama halnya dengan blog yang memuat tulisan tentang pengasuhan anak. Sebagai ibu muda millenial yang perlu belajar banyak tentang parenting, tulisan-tulisan di blog parenting sangat membantu saya dalam mengambil sikap dan keputusan tentang pengasuhan anak. Saya juga bisa belajar banyak dari para mom blogger yang berhasil mendidik anaknya menjadi pribadi yang berkarakter dan berilmu tinggi.

Hal serupa juga saya rasakan ketika membaca tulisan tentang hidup sehat atau penyakit.

Jujur, sebenarnya dalam diri masih terbesit keinginan untuk memiliki blog tematik dan tidak bercampur baur seperti sekarang ini. Namun, saya harus sadar diri. Ngeblog bagi saya saat ini adalah murni sebagai hobi. Saya tidak ingin hobi yang seharusnya menghasilkan kenyamanan dalam diri malah direpotkan dengan deadline tulisan yang harus saya selesaikan atau dipusingkan dengan tema apa yang harus saya tuliskan. Berbeda halnya dengan blogger lain yang menjadikan ngeblog sebagai profesi. Tentunya, sebagai blogger profesional mereka harus memiliki nilai jual yang lebih agar blognya bisa menghasilkan.

Dan akhir kata, jika ada yang bertanya tema blog yang saya sukai, maka saya akan menjawab Lifestyle (Parenting dan Healthy Life) dan Travel. Kenapa Travel terpisah? Karena saya tetap ingin menunjukkan kepada pembaca blog jika traveling masih menjadi tema utama blog saya. Tema tersebut kemudian saya sematkan menjadi tagline blog Liza-Fathia.Com| a lifestyle and travel blog.

Bagaimana dengan kamu? Apa tema tulisan di blog yang kamu sukai?

tema tulisan blog

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

17 Comments

  • Rania Fardyani

    Untuk niche blog, blog saya juga awalnya niatnya mau fokus ke family and parenting, tapi ternyata masih campur-campur dan saya pisahin di category-nya saja…

    Kalau blogwalking saya juga seneng baca curhatan orang-orang. Seru gitu ya mba 😀

  • Tomi Purba (@tomipurba)

    Saya dulu awal ngeblog Niche nya seputar wordpress dan blogging mba.. terus sempat ke techno dan sekarang karena kesibukan offline ya Niche nya gado² bahasa.. tapi memang lebih suka menulis user experience aja sekarang tanpa terbelenggu Niche mba

  • zefypecila

    Kalau aku nulisnya apa aja yang terlintas di pikiran mbak, mulai dari hasil jalan sampai cerita dari zaman dahulu kala heheheeee….kayaknya masuk ke lifestyle deh

  • dokterforamen

    Sebenarnya, aku pun masih bingung untuk balik lagi ke blog tema kesehatan. Dulu, sempat ada. Cuma, karena kesalahan, blognya jadi tidak bisa diakses lagi. Meskipun, tulisannya masih ada backup sih. Tapi, berhubung waktu itu, dibikin pas masih mahasiswa, tentu saja tulisan itu tidak relevan lagi. Sekarang, blogku hanyalah blog ngawur saja, belum ada pendirian sama sekali.

  • Mudrikah Stories

    Aku pun sedang galau mbak dengan niche blog .Ceritanya udah buat blog baru untuk travel, tp blm juga diisi sampai skrg, ah sedihnya .
    Lalu aku pun tertarik untuk mengulas ttg fashion ,tapi apa harus buat blog baru lagi yaa .. Hhee
    Selamat ya mbak udh nemu tma yg cocok untuk blognya

  • Pertiwi Yuliana

    Kalau aku, suka menulis opini. Apa pun yang aku bahas, aku selalu berusaha untuk memulainya dengan opiniku tentang sesuatu. Semacam review gitu lebih tepatnya kali ya. Semakin ke sini, memang agak susah sih. Tapi, aku masih berusahaaaa.

  • Rhoshandha

    Wuah gitu ya
    Aku sih lifestyle, travel dan curhatan. Hehe
    Ya nanti kalo udah berkeluarga, punya anak, ya nyeritainnya di blog yang ini.

    Tema atau niche blog tuh juga berkembangs seiring berjalannya waktu

    Sekarang aku sedang berancang-ancang bikin blog khusus review. Ya review produk, film, buku, tontonan, dll. Biar urusan lifestyle dan curhatanku gak terusik dgn review, hehe

  • Marfa

    Duh kuselalu salfok kalau lihat foto Kak Liza, kaya wajah timur tengah euy hihi. Samaan, aku juga suka yg lifestyle sih, dan yaa aku penasaran juga rata2 bloger perempuan kalau sudah punya anak pasti share parenting, apakah aku di masa depan juga begitu?

  • April Hamsa

    Mbak Liza, dari yang selama ini aku perhatikan emang gu sih. Isi blognya itu seperti kanvas kehidupannya, dr mulai masih gadis, blm nikah isi blognya apa, lalu jd ortu blognya apa (cenderung parenting), trus pas anak2 gede nanti biasanya apa (mungkin traveling hehe).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: