Feature,  Opini

Samsung Galaxy Note 5 for Multitasking Mom

Hai sabat blogger semua? Apa kabar nih? Semoga kita semoga dalam keadaan sehat walafiat dan tetap bersemangat menjalani beragam rutinitas harian. Ngomongin tentang rutinitas, bisa dibilang saya adalah multitasking mom.  Senin sampai Jumat dari jam 7 pagi sampai jam 8 sore saya menjadi pegawai kantoran, pulang ke rumah kembali menjadi IRT, ketika anak dan suami terlelap saya menjadi blogger dan penulis. Namun, belakangan rutinitas menulis dan ngeblog saya harus dikurangi. Pasalnya, notebook dan smartphone yang sering saya gunakan untuk kedua rutinitas tersebut raib diambil maling. Smartphone yang sekarang saya gunakan terlalu kecil ukurannya sehingga kurang nyaman untuk menulis. Walhasil, saya harus meminjam laptop suami untuk meng update tulisan di blog atau mengirimnya ke media.

Pasca kehilangan ponsel pintar tersebut, saya berkeinginan untuk membeli yang baru. Namun, saya maunya ponsel itu sifatnya sama seperti saya. Multitasking mom needs multitasking smartphone. Ukuran layarnya pun harus lebih besar dari ponsel saat ini sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai seperti telpon/sms, instant messaging, nulis memo, browsing, memotret, dan juga ngeblog.

Muktitasking Smartphone
Multitasking Smartphone

Ibarat gayung bersambut, smartphone android canggih yang saya idamkan ternyata baru saja dirilis oleh Samsung. Namanya Samsung Galaxy Note 5. Varian terbaru Samsung Galaxy Note ini baru saja diperkenalkan dalam event Samsung Unpacked 2015 di New York, Kamis 13 Agustus 2015. 

Dalam perhelatan akbar ini, tidak hanya Note 5 yang ditampilkan tetapi Samsung juga memperkenalkan Samsung Galaxy S6 Edge+  khalayak ramai. Belum tuntas sampai disitu, CEO Samsung, J.K Shin juga mengumumkan bahwa pada saat ini telah ada Samsung Pay, aplikasi mobile wallet, yang memudahkan kita untuk bertransaksi tanpa harus membawa kartu kredit atau uang tunai. Nah, Samsung Pay ini dapat diakses oleh pengguna Samsung di seantero dunia pada tahun 2016 nanti.

Samsung Pay yang berfungsi sebagai Mobile Walet
Samsung Pay yang berfungsi sebagai Mobile Wallet

Sebenarnya apa sih yang menarik dari Note Terbaru ini dibandingkan dengan varian yang sama sebelumnya? 

Setelah menonton sampai habis acara Samsung Unpacked 2015, saya begitu terpesona dengan desain ponsel ini. Tampilannya sangat eye catching dengan body yang slim yang berukuran 6x3x0.3 inch dan terbuat dari logam dan kaca, lalu layar yang berukuran jumbo (5,7 inch), kamera yang beresolusi tinggi (16 megapixel), baterai yang tahan lama (3,000 mAH) dengan wireless charging-nya, dan yang paling menarik perhatian saya adalah S Pen stylus. S Pen ini lah yang membuat Note 5 berbeda dengan yang lainnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5 (sumber: phonearena.com)
Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5 (sumber: phonearena.com)

S Pen yang Menggoda

Hampir setahun saya tidak menulis dengan pulpen. Kalau sekadar mencorat-coret atau menulis beberapa baris sih pernah. Menulis yang saya maksud adalah membuat beberapa paragraf tulisan tangan di atas kertas. Padahal dulu, saya rajin menulis di buku diary atau mencatat to-do-list di buku agenda. Sejak memiliki smartphone, semuanya saya tinggalkan. Menulis di ponsel pintar rasanya lebih cepat dan mudah saat hendak dibaca kembali.

Namun, penelitian membuktikan bahwa aktivitas menulis dengan tangan yang mulai saya tinggalkan justru penting untuk otak. Menulis dengan tangan bisa menjaga otak tetap tajam hingga usia tua. It keeps your brain sharp as you get older.

Dengan S Pen yang terdapat pada Note Terbaru, saya tidak perlu meninggalkan smartphone saya dan membawa buku serta pulpen agar otak tetap tajam. Kan bisa nulis dengan pulpen Samsung langsung di Note. Simpel bukan?

image

Tidak hanya itu, sebagai working mom, saya kerap mendapat berkas-berkas yang dikirim via email dan harus saya tandatangani. Akibatnya, saya harus ngeprint dulu berkas tersebut, tanda tangan, scan, dan kirim lagi. Nah, dengan stylus alias S Pen ini, semua jadi gampang. Tinggal gerakkan S Pen layaknya pulpen biasa, tanda tangan pun selesai dan berkas langsung bisa dikirim.

S Pen ini juga sangat bermanfaat saat mengikuti rapat dengan atasan atau pertemuan lainnya karena saya bisa langsung menulis hasil rapat tersebut pada ponsel saya. Di waktu senggang, saya juga bisa menggambar. Ya, walaupun hasilnya seperti punya anak TK 🙂

image

Selain untuk menulis, S Pen yang terbuat dari polycarbonat plastic ini juga berfungsi sebagai pointer, navigator, dan untuk membuka menu di dialog box. Kita juga bisa menyalakan kembali Note 5 yang telah terkunci dengan pulpen tersebut. Cukup gariskan pola kunci, maka Note kamu akan langsung menyala.

Smart Multitasking

Terobosan baru Samsung Galaxy Note 5 tidak hanya pada S Pen saja tetapi juga pada Air Command, Instan Memo, PDF Writing, dan Scroling Capture.

Jika pada Note sebelumnya aplikasi yang kita buka akan langsung tertutup saat kita membuka aplikasi lainnya, namun kini Samsung telah mendesain ulang shortcut yang tampil saat S Pen kita sentuhkan pada layar. Desain ini diberi nama Air Command. Jadi, kita tinggal memilih aplikasi apa saja yang sering dibuka untuk dibuatkan shortcut pada Air Command tersebut.

image

Ada juga Instant Memo atau yang disebut dengan “screen off memo“. Fitur ini mirip seperti sticky note yang tetap berfungsi meskipun layar phablet telah mati. Kalau ada memo yang mendadak, cukup tuliskan saja dilayar dengan menggunakan S Pen.

Fitur PDF Writing membantu kita untuk menyimpan tulisan dalam bentuk PDF. Tidak hanya tulisan yang diketik, tulisan tangan juga bisa.

Nah, yang paling membuat Note 5 berbeda adalah adanya scroling capture. Dengan fitur ini, saya bisa meng-capture bagian-bagian tertentu saja. Misalnya saat mencari resep untuk memasak, saya tidak perlu men screen shot seluruh halaman website yang menuliskan resep yang saya cari. Cukup bagian yang penting saja. Tidak hanya itu, bagian-bagian yang  telah saya capture, bisa ditempel di S Note App untuk dijadikan scrapbook. Amazing!

Professional Camera

Sebagai seorang blogger yang sering menulis catatan perjalanan atau kuliner lezat di suatu daerah, maka foto tempat yang dikunjungi dan makanan yang dihidangkan wajib ada di setiap tulisan. No picture is hoax. Begitu kata para travel blogger.

Membawa kamera tentu tidak akan merepotkan jika tempat yang saya kunjungi letaknya dekat dengan tempat tinggal. Namun, lain ceritanya kalau saya melakukan perjalanan jauh yang barang bawaan saya sangat berjubel. Saya lebih suka menggunakan kamera poket atau smartphone untuk foto-foto di tempat tersebut. Saya pernah mengutarakan pada suami kalau nanti saya dibelikan smartphone baru, saya pinginnya yang kameranya bagus, tidak ribet dengan berbagai setting, dan bisa menghasilkan foto yang bagus walaupun yang motret itu fotografer amatiran seperti saya.

Voila! Ketika membaca ulasan para netizen tentang keunggulan kamera Samsung Galaxy Note 5 ini dan melihat foto yang berhasil mereka abadikan. Perfecto! Hasilnya keren banget. Wajar saja, kamera belakang Note 5 ini memiliki ukuran 15 megapixel dengan lensa appeture yang lebar. Semakin lebar appeture lensa, maka cahaya yang ditangkap akan semakin bagus. Semakin bagus pencahayaan, maka foto yang dihasilkan juga bagus terutama untuk foto-foto di tempat yang agak gelap.

image

Selain itu, kamera pada Note 5 juga memiliki optical image stabilization (OIS) yang berfungsi untuk mengambil gambar atau video secara halus dan bebas blur. Ada juga tool auto HDR, panorama, selective focus dan tool lainnya yang bisa dipilih untuk mengoptimalkan hasil bidikian kita.

Untuk yang hobi selfie atau wefie, kamera depan Note 5 yang berukuran 5 megapixel bisa menjadi pilihan tepat. Tool selfie mode memudahkan kita untuk mengambil foto selfi dan menambahkan beberapa efek agar foto tersebut terlihat keren. Untuk wefie, kita bisa menggunakan tool wide selfie mode sehingga memungkinkan kita untuk berfoto rame-rame.

Berikut ini adalah foto-foto hasil bidikan kamera Samsung Galaxy Note 5:

(sumber: phonearena.com)

Samsung-Galaxy-Note5-sample-images4
(sumber: phonearena.com)
Samsung-Galaxy-Note5-sample-images3
(sumber: phonearena.com)
Samsung-Galaxy-Note5-sample-images
(sumber: phonearena.com)

Stream to Youtube Straight From Camera 

Tidak hanya suka memotret, saya juga senang mengabadikan momen-momen tertentu dalam bentuk video. Momen pertumbuhan dan perkembangan putri saya Naqiya misalnya. Sejak dia lahir sampai sekarang (9 bulan) saya selalu merekam setiap hal-hal baru yang berhasil ia lakukan. Rekaman video tersebut menjadi pengobat rindu saat saya sedang di kantor atau mendapat tugas ke luar daerah.

Video Naqiya juga saya upload ke YouTube agar ayahnya yang kini sedang menyelesaikan studi di Jerman juga bisa melihat perkembangan buah hati kami. Kalau langsung dikirim via messenger, besar sekali ukurannya dan kalau disimpan di ponsel bisa memakan tempat yang besar.

Kalau selama ini saya harus merekam terlebih dahulu baru kemudian mengupload video tersebut ke Youtube, maka hal ini tidak perlu terjadi jika saya menggunakan Samsung Gakaxy Note 5. Dengan kamera yang langsung terkoneksi ke Youtube, saya bisa langsung merekam aktivitas Naqiya dan suami saya bisa live streaming dari Jerman sana.

Charger Faster

Fungsi smartphone untuk multitasking mom seperti saya tentu tidak hanya satu atau dua. Sekali mendayung sampan, dua tiga pulau terlampaui. Mungkin itu pepatah yang tepat untuk menganalogikan kegiatan saya saat ber me time dengan smartphone. Saya bisa melakukan banyak hal dengan ponsel pintar ini. Menulis blog, blog walking, browsing resep, membaca berita, membalas email, yang terkadang sampai berjam-jam lamanya. Karena dipakai terus otomatis baterai ponsel akan habis. Jika tidak diisi daya listrik ke dalamnya, maka ia pun akan mati. Ponsel mati aktivitas online pun terhenti. Yang menyebalkan adalah saat ponsel di charge, butuh colokan listrik waktu yang lama. Kebayang enggak sih gimana betenya kalau ponsel mati, enggak ada listrik, dan powerbank juga mati.

Syukurnya, Samsung Galaxy Note 5 memiliki baterai dengan daya 3,000 mAH yang tahan kurang lebih delapan jam dalam kondisi terus dinyalakan. Seandainya baterai habis dan kita tidak memiliki arus listrik atau powerbank, maka kota bisa menggunakan wireless charging. Itu lho, teknologi yang memungkinkan kita untuk mengisi baterai secara nirkabel. Cukup letakkan ponsel ke atas Charging Pad, maka ponsel pintar kita akan langsung terisi. Untuk mengetahui apakah ponsel sudah terisi penuh atau belum, kita bisa melihat pada fitur LED notifications yang terdapat pada Charging Pad. Jika dalam proses pengisian, LED akan berwarna biru. Sedangkan warna hijau menandakan baterai ponsel telah terisi penuh.

fast-charging

Sidesync (PC – Phone Connection)

Keunggulan lain yang dimiliki Samsung Galaxy Note 5 terletak pada fitur Sidesync. Lewat fitur ini kita bisa men sharing data yang terdapat pada ponsel ke PC atau sebaliknya. Caranya cukup dengan drag and drop data yang ingin kita sinkronkan. Jadi, dengan adanya sidesync kita bisa menyimpan berbagai informasi yang ada di smartphone kita ke dalam PC sehingga nanti kalau ponsel kita harus diformat ulang, data-data tersebut tidak akan hilang.

Nah, itu dia fitur-fitur terobosan baru Samsung Galaxy Note 5 yang tidak dimiliki oleh varian Note sebelumnya. Jadi, tidak salah bukan kalau saya menjadikan Samsung Galaxy Note 5 sebagai smartphone yang harus saya miliki. Those all the reasons Why Samsung Galaxy Note 5 Is My Must Have Smartphone.

Setelah membaca ulasan saya, bagaimana pendapat sobat blogger semua? Tertarik juga kan sama si cantik Samsung Galaxy Note 5? Bagi sobat yang ingin mengetahui lebih detail tentang ponsel phablet ini, silakan kunjungi link www.GalaxyLaunchPack.com dan subscibe untuk mendapatkan info terkini tentang Samsung Galaxy Note 5.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

16 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: