resep rendang daging
Advertorial,  Guest Post,  Kuliner

Resep Rendang Daging Empuk dan Lezat  

 

resep rendang dagingMasakan Indonesia memiliki cita rasa dan bumbu yang unik sehingga membuatnya berbeda dan istimewa. Tak heran jika kuliner Indonesia memiliki tempat tersendiri di hati penikmatnya. Salah satu kuliner Indonesia yang telah dikenal hingga ke mancanegara adalah rendang. Masakan yang berasal dari daerah Sumatra ini umumnya dibuat dari daging sapi yang dicampur dengan santan dan berbagai macam rempah sehingga membuatnya memiliki rasa yang khas dan tiada duanya.

Untuk menikmati sajian ini, Anda tak perlu jauh-jauh ke pulau Sumatra karena kini warung masakan Padang telah tersebar ke seluruh daerah di Indonesia. Dengan harga yang terjangkau dan rasa yang lezat, pengunjung warung makan Padang akan dimanjakan oleh sajian khas Sumatra yang beragam. Dengan kelezatan berbagai masakan yang Anda rasakan, pasti Anda penasaran bagaimana proses pembuatan dan cara memasaknya sehingga menghasilkan daging yang empuk dan bumbu yang terasa kuat. Berikut ini ada tips yang bisa Anda terapkan agar daging yang akan dimasak bisa lebih empuk tanpa perlu merebusnya terlalu lama:

  • Pipihkan daging

Trik yang paling sederhana untuk mendapatkan daging yang empuk adalah dengan memipihkannya terlebih dahulu. Namun tidak semua masakan bisa menggunakan cara ini karena beberapa masakan menuntut daging dengan tekstur tebal. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan memukul daging dengan alat pemukul daging yang memiliki gerigi tumpul. Pukul daging hingga tingkat kepipihan yang Anda butuhkan.

  • Buah nanas

Nanas juga bisa digunakan sebagai metode membuat daging menjadi lebih empuk lantaran nanas memiliki kandungan yang disebut enzim bromelin yang bermanfaat mengurai serat pada daging yang akan membuatnya menjadi lebih empuk. Namun untuk fungsi ini, Anda harus memakai buah nanas yang masih muda yang memiliki enzim bromelin cukup banyak. Caranya cukup dengan menghaluskan nanas muda tersebut, bisa diblender atau diparut. Setelah itu cuci bersih daging dan baluri keseluruhan permukaan daging dengan nanas halus tadi. Diamkan hingga 30 menit, dan cuci kembali hingga betul-betul bersih. Lalu lanjutkan dengan aktivitas memasak Anda.

resep rendang daging
Rendang Daging (sumber foto: idememasak.com)

Setelah mendapatkan daging dengan tekstur yang lebih empuk, maka inilah saatnya Anda memasak rendang daging.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah:

  • Daging sapi 500 gram yang telah dipotong sesuai selera.
  • Daun kunyit 2 lembar.
  • Daun jeruk 2 lembar.
  • Serai 2 batang.
  • Pekak 1 buah.
  • Kelapa parut 2 sdm.
  • Santan 1500 ml.
  • Minyak goreng 2 sdm.
  • Bumbu halus:
  • Bawang merah 10 siung.
  • Bawang putih 6 siung.
  • Cabai merah 20 buah.
  • Cabai rawit 5 buah.
  • Kemiri 5 butir.
  • Jinten ½ sdt.
  • Ketumbar 1 sdt.
  • Jahe 1 cm.
  • Garam secukupnya.

Untuk memasaknya, Anda bisa mengikuti cara berikut ini:

  1. Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk, daun kunyit, serai dan pekak. Tumis hingga harum.
  2. Masukkan daging dan aduk-aduk sebentar.
  3. Masukkan santan secara perlahan. Tuang kelapa parut dan aduk secara perlahan. Pastikan memasaknya dengan api sedang sampai mendidih.
  4. Setelah mendidih, kecilkan api dan masak sampai daging matang dan kuah berangsur surut sehingga berwarna kecoklatan dan berminyak.
  5. Jika telah matang, angkat dan sajikan.

Sajikan rendang daging nan empuk dan lezat bersama nasi panas. Santap lah bersama keluarga agar suasana makan menjadi semakin nikmat. Selamat memasak.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

19 Comments

  • joko kendal

    Biasa nya rending dari Sumatra rasa nya di masinkan sedikit. Saya lebih gemar rending masyarakat Jawa luar negeri (Overseas Javanese Community). Yang terasa manis nya dan sedikit pedas berwarna kehitaman kerana penngunaan limpa dan di buat menngunakan limpa, paru dan hati lembu. Masih teringat masakan almarhumha ibunda sahabat saya yang berasal dari Jawa Tengah. Di-makan dengan roti Perancis dan lepet. Sangat enak. Ada yang mempunyai resepi ini dan mahu berkungsi.

        • joko kendal

          Saya belum pernah ke-Aceh dan di tempat tinggal saya tiada masyrakat aceh yang tinggal di-sini. Jadi tidak pernah merasai hidangan Aceh. Kalau saya ke Aceh apakah hidangan asli Aceh yang dapat saya nikmati. Kalau rending biasalah makanan seluruh Indonesia, di Malaysia, Suriname. kalau di-daerah Timur Indonesia ikan mentah di-beri limau cilli garam bawang kecil daun seladri (Cilantro) dan di makan dengan nasi panas. Kalau di-Aceh makanan apa yang cuma ada di-sini. dan di-sukai ramai.

  • Hairi Yanti

    Saya dan mama pernah masak rendang dan gagal. Hehee… Rasanya ga mirip dengan di rumah makan Padang. Jadi kalau mau rendang, beli aja 😀
    Untuk pengempuk daging, selain nenas, biasanya juga suka pakai daun pepaya muda 😀

    • joko kendal

      Benar nenas dan daun papaya memang di gunakan masyarakat India selatan untuk meng-empukkan daging. Keluarga saya meng-empukkan daging dengan memasaknya lebih lama. 4 jam atau lebih. Kami lebih suka daging brisket sampai rempah ratus memasuki segala pelusuk daging dan otot2 menjadi lembut dan mudah di makan. yang enak adalah otot bukan daging nya. Di Melaka dekat perbatasan Melaka Johor, ada di-jual lemang dan rendang. Rendang nya rendang masin dan di dalam rending, daging sudah hancur dan jadi sebahagian dengan kuah (gravy) Rasa nya enak lebih2 lagi bila di-makan dengan lemang. Mak mentua jalan pun tak Nampak bila memakan nya. Bila ke Malaysia, cuba lah.

  • joko kendal

    Mas sekali2 pake basa Sunda. Boleh juga kita belajar. Kalau Isteri orang Jawa, Padang atau Aceh Insyallah darah nya mengalir rendang asli. walau kalau katanya tidak tahu masak. Cemplang cemplung pun bisa jadi. Tapi kenapa mesti mengharapkan sang isteri kalau kita sendiri bisa memasak. Saya boleh memasak dan selau memasak kecuali kalau isteri menghalau saya dari di-dapur. kalau gitu Bopien lah. The best cook are men, remember that.

  • Rosanna Simanjuntak

    Pertama masak rendang aku sambil online nonton video di youtube. Hihihi… Alhamdullillah sukses. Anak dan suami ketagihan. Katanya rendangku, enaaaak sekali.

    Kunci masak rendang harus sabar dan dengan api kecil, begitu menurut video yang aku tonton dimana chef itu mendapatkan resep turun temurun dari nenek beliau.

  • joko kendal

    Kongsi lah resepi nya Mas Dito. Di tempat tinggal saya di-Singapura, Masakkan yang di-cari selain dari Rendang (masyarakat Jawa dan Padang saja) ia lah sambal Goreng atau SamGor di panggil anak22 muda di sini. Bila raya, bermacam2 cara dan cita rasa. Macam keluarga saya mempunyai ipar Bawean, Melayu Melaka, Bugis dan keluarga kami Jawa/Bugis. Sambal goring nya berlainan rasa mengikut daerah asal di Indonesia. Lagi satu ialah sambal tumis Sotong (Cumi) Kering Dan Lontong. Tidak berhari Raya lah kalau family tidak menyediakan nya. Ayuk Mampir mbak you serta mas. Sambut Aidifitri di-tempat kami. Monggo.

    • joko kendal

      Confidence mau Mas Catatan, Insyallah mesti jadi. Cuma samaada enak atau kurang enak. Yang ni kena coba try, rempah serta garam dan gula dan Vetsin(Ajinomoto) nya kena adjust sampai secukup rasa. All the best. Semuga Berjaya. Remember we can do it, bro.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: