Feature

Powerbank Xiaomi Tidak Bisa Ngecas.

Kali ini mau cerita pengalaman pakai powerbank xiaomi 104000 mAh. Power bank ini saya beli sekitar setahun silam. Sehari hari saya gunakan untuk mengecas smartphone saya yang memang baterainya sudah soak, maklum usianya sudah lebih tua dibandingkan usia powerbank sendiri. Waktu beli dulu harganya sekitar 200 ribu, disebuah online shop  yang berbasis di Jakarta.

Pada waktu beli, saya sempat was was kalau kalau powerbank yang dikirim ini aspal, soalnya baca-baca di blog kawan, katanya powerbank xiaomi ini banyak dipalsukan. Tetapi setelah saya cek dan ricek, barang yang dikirim asli, setidaknya berdasarkan info yang saya dapatkan sebelumnya.

Nah, awalnya saya cukup puas dengan powerbank ini. Untuk cas penuh memang butuh waktu, tapi kalau udah penuh, bisa saya pakai untuk nge-cas hingga tiga kali penuh smartphone saya yang kapasitas baterainya hanya 2100 mAh. Intinya sesuai janjinya lah. Untuk ngecas pun sangat gampang, kita tinggal masuin kabel USB ke powerbank dan ke smartphone, maka smartphonenya secara otomatis di cas, tidak ada yabg perlu dihidupkan, gampang pokoknya.

Tapi seminggu yang lalu, ketika saya mau ngecas, smartphone saya ternyata tidak ter cas. Biasanya ketika saya cas, hapenya suka saya tinggal, tapi setelah beberapa jam, indikator bateri tetap sama, tidak ada arus yang masuk, yang berarti baterainya tidak ter cas dengan powerbank xiaomi ini. Awalnya saya kira ada yabg salah dengan smartphone atau kabel saya, setelah saya ganti kabel, tetap saja smartphonenya tak mau di cas, padahal waktu saya cas langsung ke listrik pakai kabel yang sama, hapenya mau di cas. Masih penasaran, saya coba pakai powerbank ini untuk cas hape saya yang lain, hasilnya sama saja, tidak mau dicas, jadinya saya ambil kesimpulan, yang salah bukan hape atau kabel, tapi powerbank xiaomi nya yang gak mau lagi nge cas.

Coba baca-baca di internet tentang kemungkinan penyebab powerbank ini tidak mau nge cas, dan ternyata ada beberpaa kemungkinan, pertama bisa karena Rusaknya switch ON/OFF berupa Transistor untuk output ke soket usb, karena daya baterai tidak cukup sehingga tidak bisa di gunakan charging HP, atau karena sumber arus pengisi baterai rusak atau putus, atau akibat IC control level baterai tidak berfungsi. Jadinya untuk tahu penyebabnya, powerbank ini harus di bongkar. Cuma karena saya tidak tau cara bongkarnya, ya sudah masa pakai powerbank xioami ini saya cukupkan sampai disini saja. Atau pembaca punya saran lain? Kalau iya, mohon di kasi tahu ya.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

16 Comments

  • Ahmad Wafa

    Kalau saya pribadi pernah beli dan make PB XiaoMi berkali-kali. dari awal ada PB Xiaomi saya beli banyak karena buat ngidupin 3 smartphone, kamera dll yg butuh daya banyak klu keluar kota.
    10000mAh Ori 2x (ga ada setengah tahun rusak)
    10400mAh Ori 2x (ga ada setengah tahun rusak)
    10400mAh Ori (1 tahunan masih bisa)
    16000mAh Ori (parah, 2bulan rusak)
    20000mAh Ori (ga ada setengah tahun rusak)

    Sekarang saya pakai merk lain.

    Sekitar 7x saya beli PB Mi Ori tembus serial nya, tapi sangat tidak puas… Padahal jarang saya pakai, paling cuman pas keluar kota saja… penggunaan dalam sebulan bisa dikatakan sangat minim krn gak tiap hari kepake… tapi bisa semudah itu rusaknya padahal non human eror… semoga XiaoMi bisa memberikan kualitas yang lebih baik lagi terutama di bagian Chip/Mesin nya bukan hanya bagus desain dan material Fisik luarnya saja.

    • Nuri Priyanto

      sampai banyak bener rusaknya. saya punya banyak blm ada yg rusak.
      xiaomi 16000 mAh sudah 3 tahun lebih
      xiaomi 10000 mAh sudah 1 tahun lebih
      xiaomi 10000 pro 2 sudah 6 bulan lebih
      xiaomi 20000 v2 sudah 6 bulan lebih

      semua masih aman2 saja. yg 16000 mAh lampu indikator semakin redup, tetapi normal hehe..

      itu rusaknya gmn ya mas?

  • Gema Prahara

    Berarti sama dgn keluhan sy…Sy pake PB Xiaomi Mi Slim 10.000Mah. Bru di pake sekitar 3 bulan. Utk pengisian daya kecPB normal….tp utk dipake ngecarger ke hp….gk bs. Hiks….

  • Roy

    Saya jg pakai PB 10000 xiaomi, baru 2 hari yg lalu nga bisa di pakai nge cas ke hp saya. Pertama saya kira pertama hpnya yg mulai nga bener, sampai rmh di cas pakai casan hp lgsg bisa terisi, saya coba isi PB hingga full, setelah full di coba lg utk cas hp saya. Ternaya masih nga bisa jg, saya coba cas ke HP anak dan Istri saya, ternyata di HP mereka bisa dipakai. Tapi ke HP saya tetap nga bisa.

    Awal kejadian sewaktu pergi kemarin PB saya tinggal di mobil dalam kondisi mobil terjemur matahati. Pas saya pakai, memang PB teras cukup hangat. dan kondisi HP saya jg agak panas karna jaringan yg kurang bagus. Apa kondisi panas itu yg merusak PB yg saya pakai. Yg saya binggung di HP yg lain masih bisa di gunakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: