TAHAPAN BERJANGKA-BCA Mempersiapkan Dana Traveling Bersama TAHAPAN BERJANGKA.

Rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata jika ada orang yang mau mendanai biaya traveling kita sekeluarga. Duh, enggak kebayang bagaimana senangnya jika tiket pesawat udah ditanggung sama si A, terus hotel tempat menginap udah di-booking dan dibayar sama si B, untuk makan-makan bill-nya tinggal tagihkan ke si C, lalu kalau mau jalan-jalan ada si D yang bersedia antar jemput gratis. Traveling bukan sendiri, lho, tapi sekeluarga! Semuanya GRATIS tanpa pamrih. Artinya kita enggak perlu menulis di blog, ya, kalau mau nulis sih enggak masalah tapi enggak diwajibkan, enggak perlu posting foto di Instagram, enggak perlu update status di facebook, dan enggak usah ngetwit di twitter.

Memang ada yang beginian? Ngebiayain semua travel budget kita dan enggak minta kompensasi apapun? Saya cuma menghayal saudara-saudara sambil berharap semua itu memang ada dan nyata. Nah, dari pada keasyikan menghayal sesuatu yang belum pasti, mending siapin dana sendiri untuk jalan-jalan baik sendiri atau bersama family sejak dini. Dari pada mupeng lihat teman-teman yang diundang ngetrip gratis ke sana-sini, mending sisihkan sedikit gaji dan pergi pakai budget sendiri. Jangan lupa tuliskan di blog, siapa tahu nanti kamu juga bakal diundang, enggak sendiri, tapi bersama anak dan suami ☺

Baca juga: 

Ngomongin tentang liburan atau traveling bersama keluarga, apalagi tujuannya ke luar negeri, harus diakui dana yang dibutuhkan enggak sedikit. Saya dan suami sudah menghitung berapa biaya yang habis kalau kami beserta putri (yang masih) semata wayang berpergian ke negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura. Biaya perjalanannya jauh lebih banyak dibandingkan saat kami belum memiliki buah hati. Ya, enggak mungkin kan kalau ngajakin Naqiya jalan, terus nginapnya di hostel murah? Enggak mungkin juga makannya di kaki lima, kasian kan si kecil. Tapi kalau sibuk menghitung-hitung biaya perjalanan, bisa-bisa impian kami untuk bisa family traveling ke luar negeri enggak pernah kesampaian.  Mending mulai dari sekarang  kami menabung dan tahun depan kami bisa beruntung.

By the way, impiannya kenapa keluar negeri sih, kenapa enggak jalan-jalan di negeri sendiri aja? Pertama, biar keren aja, walaupun ke negara tetangga yang namanya luar negeri ya tetap luar negeri. Kedua, tiket pesawat dari Banda Aceh ke Malaysia dan teman-temannya itu lebih murah dibanding tiket pesawat ke destinasi kece yang ada di negeri sendiri. Tapi kalau ada dana berlebih, bisa juga dimasukkan dalam waiting list. Hihihi.

Well, untuk mempersiapkan dana traveling yang rencananya akan kami lakukan tahun depan, ada beberapa persiapan yang kami lakukan. Mau tau apa saja? Ini dia 4 tips mempersiapkan dana traveling bersama TAHAPAN BERJANGKA.

TAHAPAN BERJANGKA

  • Buka rekening khusus

Selama ini, rekening bank yang saya miliki hanyalah tempat uang transit sementara. Ya, setoran gaji dan setoran suami hanya bertahan sebentar, lalu mesin ATM dan mobile banking mengubah uang tersebut menjadi berbagai perlengkapan yang menjadi kebutuhan kami sehari-hari dan tidak sedikit juga berubah menjadi barang yang sebenarnya enggak dibutuhkan, tapi karena lapar mata tetap aja dibeli. Pokoknya selama ATM dan aplikasi mobile banking masil dalam genggaman, pasti ada aja uang yang diperlukan. Oleh karena itu, saya dan suami sepakat untuk membuka rekening baru yang uangnya terdebet otomatis dari rekening utama dan enggak bisa kami tarik. Tabungan ini khusus untuk traveling.

Ternyata jenis tabungan yang kami butuhkan itu telah diluncurkan oleh Bank BCA. Namanya TAHAPAN BERJANGKA. Tagline-nya keren banget: Tahapan Berjangka, Angan Jadi Kenyataan. Jadi, bagi WNI yang usianya 12 tahun sampai 60 tahun dan memiliki tabungan di BCA baik itu Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres bisa langsung membuka rekening TAHAPAN BERJANGKA.

“TAHAPAN BERJANGKA ini ibarat kita bermain julo-julo, Bu. Jadi, setiap bulan kita setor  lalu ketika waktunya tiba kita bisa menarik kembali setoran kita tersebut,” begitu jelas ibu Iswita, customer service di Bank BCA Kantor Cabang Pembantu Banda Aceh saat saya bertanya tentang TAHAPAN BERJANGKA ini.

“Nanti terserah Ibu mau dikemanakan uang tersebut. Untuk pendidikan anak, liburan, atau membayar kontrakan. Biasanya nasabah disini, karena rata-rata pedagang, mereka memanfaatkan TAHAPAN BERJANGKA untuk membayar sewa toko,” tambah ibu CS itu dengan ramah.

Berdasarkan penjelasan CS tersebut, 1 nasabah bisa memiliki lebih dari 1 rekening Tahapan Berjangka yang dihubungkan ke 1 rekening utama. Jangka waktunya juga bisa dipilih sendiri yaitu minimal 12 bulan dan maksimal 240 bulan. Saldo setoran bulanan pun cukup terjangkau yaitu minimal Rp 500 ribu perbulan.

  • Pilih yang bisa auto debet

Membuka rekening khusus untuk persiapan yang bisa diautodebetkan dari rekening utama memberikan kemudahan tersendiri bagi saya. Selain karena memang saya sering lupa untuk menabung kalau sudah pegang uang, tabungan yang sifatnya autodebet juga lebih praktis dan membuat saya mau tidak mau harus menabung setiap bulannya. Dan itulah salah satu keuntungan yang diberikan BCA untuk nasabah TAHAPAN BERJANGKA.

Tidak hanya praktis karena ada autodebet, membuka rekening TAHAPAN BERJANGKA juga bebas dari biaya administrasi, suku bunga di atas tabungan regular, bisa dicek lewat aplikasi KlikBCA yang ada di smartphone, dan yang paling menarik adalah selama menabung di TAHAPAN BERJANGKA kita juga mendapatkan asuransi jiwa gratis dari BCA Life.

TAHAKA BCA
50.000 pendaftar pertama TAHAPAN BERJANGKA bisa mendapatkan toples dan tumbler cantik

Nah, bagi 50 ribu nasabah pertama TAHAPAN BERJANGKA juga akan mendapatkan hadiah langsung berupa toples dan tumbler keren dari BCA. Emak-emak macam saya pasti demen nih kalau dikasih toples. Bisa untuk nyimpan bekal waktu traveling.

TAHAKA BCA
Toples dan tumbler keren hadiah dari TAHAKA
  • Cari dana tambahan (selain gaji bulanan)

Selain mengautodebetkan sejumlah gaji lewat tabungan TAHAPAN BERJANGKA, penghasilan tambahan juga bisa kita masukkan ke dalam budget traveling. Misalnya saja saya, selain bekerja di kantor saya juga mendapatkan penghasilan lainnya lewat blog. Nah, uang dari blog ini juga bisa saya sisihkan untuk menambah dana perjalanan kami. Simpannya tetap bisa di TAHAPAN BERJANGKA karena setiap nasabah bisa bebas menambah dana sewaktu-waktu di luar setoran bulanan.

  • Ajak anggota keluarga lain untuk menabung

Mengajak serta anak-anak saat traveling tentu memerlukan biaya tambahan yang tidak sedikit. Entah itu untuk tiket pesawat, hotel, makanan, dan lain-lain. Nah, tidak salahnya jika kita juga mengajak anak-anak  menyisihkan jajan mereka untuk ditabung. Setidaknya saat traveling nanti, jika mereka ingin membeli souvenir, mereka bisa menggunakan uang sendiri.

Lalu bagaimana jika suatu hari nanti saldo di rekening utama tabungan BCA kita tidak cukup untuk diautodebet ke rekening TAHAPAN BERJANGKA? Jika dana tidak tersedia pada tanggal pendebetan, maka akan dikukan pendebetan ulang pada akhir bulan berjalan. Jika pendebetan gagal selama 3 bulan berturut-turut , rekening TAHAPAN BERJANGKA akan otomatis ditutup dan dana dikembalikan ke rekening sumber dana. Bagi nasabah yang meninggal, maka rekeningnya juga otomatis ditutup tanpa dikenakan biaya. Manfaat asuransi dan dana Tahapan Berjangka juga akan dikembalikan ke rekening sumber dana

Itu dia tips mempersiakan dana traveling bersama Tahapan Berjangka. Yuk, kita wujudkan angan menjadi kenyataan bersama TAHAPAN BERJANGKA.[]

Published by Liza Fathia

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

Join the Conversation

27 Comments

  1. Akuu…udah buka TAHAKA juga Kak. Tapi buat persiapan kalau sewaktu-waktu pindah dari Palopo.
    Pindahan sekeluarga dari Sulawesi ke pulau Jawa pasti biayanya nggak sedikit.
    Dan kalau nabung biasa godaan untuk ngambil terus itu lho yang nggak nahan, wkwkwk.
    Kalau pakai TAHAKA jadi aman deh 🙂

  2. yuuk ahh menabung..

    Emang Tahaka ini sangat bermanfaat banget buat maaukin anak sekolah juga, ato kalo mau beli sesuatu dalam jangka 1-3 tahun tinggal ambil

  3. Memang tahapan berjangka ini berguna banget. Ga sadar ternyata suami bikin awalnya cuma satu, ee karena mikir sekalian nabung dan ga terasa udah jadi tiga. Pas lagi butuh2nya satu dicairkan dan ternyata hasilnya mayan banget. sesuatu yg tidak kita duga, nabungnya ga terasa hasilnya terasa sekali.. hihii… Tahapan berjangka emang TOP…

  4. Aku kalo jalan-jalan juga dibiayai gantian gitu. Makan hari pertama yang bayarin adik, ntar nginep adik yang satu lagi, kita giliran makan hari kedua sama ketiga. Berenam saudara kandung suami, yang nggak mampu nggak ikut bayarin. Gandeng renteng gini jadi enak, nggak memberatkan trus juga senang liburannya, rame-rame.

    Kemarin aku antri di teller, lihat ini jadi pengen buka buat anak-anak. Tabunganku sama suami bukan yang itu. udah lama jadi nasabah BCA 🙂

  5. whuaaa.. senengnya nabung di Tahaka, itung2 jajan , naro lupa yaaa..
    berasa banget ntar pas dapet duitnya

  6. keren keren, bisa dicoba nih, kalo mau tips jalan jalan ke Jepang kontek aku aja ya, hehe, siap jadi guide juga 😀

Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: