#BPN30DAYBLOGCHALLENGE,  Blogging and Social Media

Blogger Perempuan Network dan Arti Sebuah Komunitas

blogger perempuan network

“Alone, we can do so little; together we can do so much.” – Helen Keller

Sendiri itu menyenangkan, tetapi bersama-sama itu lebih menyenangkan. Ada orang yang nyaman melakukan sesuatu sendiri dan tentunya ia pasti memiliki alasan tersendiri kenapa ia memilih sendiri. Namun, hasil yang dilakukan sendiri tentu akan berbeda jika dilakukan bersama-sama.

Dan itulah yang membuat saya tidak suka sendiri. Sendiri itu sepi dan terasa tak berarti.

Saya lebih suka bersama, berkumpul dengan siapa saja, dan bergabung dengan komunitas yang berisi orang-orang yang memiliki hobi yang sama.

Ngomongin tentang komunitas, akhir-akhir ini, banyak sekali kelompok atau perkumpulan baru yang lahir. Tidak dipungkiri bahwa dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi membuat orang-orang dengan mudah membentuk suatu komunitas. Cukup dengan membuat group di facebook, whatsapp, telegram, atau berbagai media sosial lainnya, maka lahirlah sebuah kelompok atau komunitas yang memiliki tujuan masing-masing.

Begitu juga dengan komunitas blogger, banyak sekali komunitas para penulis blog yang lahir beberapa tahun belakangan. Di antara komunitas blogger tersebut, ada yang memiliki syarat tertentu untuk dapat bergabung ke dalamnya seperti genre tulisan, usia, jenis kelamin, daerah, dan lain-lain. Ada juga komunitas blogger yang terbuka untuk siapa saja yang ingin ikut serta.

Salah satu contoh komunitas blogger yang saat ini saya ikuti adalah Blogger Perempuan Network (BPN). Komunitas ini diprakarsai oleh Shintaries, blogger yang aktif menulis di shintaries.com. Sesuai dengan namanya, komunitas BPN ini memang dikhususkan untuk perempuan. Seperti yang dituliskan Mbak Shinta dalam blognya, BPN hadir untuk memberi peluang kepada para kaum hawa untuk bisa menjadi blogger yang profesional. Enggak hanya di segi blogging, tetapi juga di media sosial lainnya.

Namun, semua itu tidak bisa diperoleh enggak instant ya, gaes! Semua butuh proses. Dan di BPN kita bisa bersama-sama melewati proses tersebut.

blogger perempuan network

Lantas apa saja yang bisa didapatkan dengan bergabung dalam komunitas seperti BPN ini? Berikut adalah beberapa manfaat yang saya dapatkan dengan bergabung dengan BPN;

Ilmu baru tentang blog

Salah satu alasan utama saya bergabung dalam komunitas blogger adalah untuk mendapatkan ilmu baru dari blogger lainnya.

Misalnya saja di BPN, para anggotanya bisa belajar tentang blog dari A to Z. Mulai dari cara mendaftar sebuah blog, memilih template, menulis, mengedit template, mengganti domain, sampai bagaimana cara menghasilkan rupiah lewat blog. Semua ilmu tersebut bisa didapatkan dari tulisan tutorial yang ada di blog bloggerperempuan.co.id, lewat diskusi di grup facebook dan whastapp, atau lewat pertemuan secara offline.

Tentunya, selama menimba ilmu untuk menjadi blogger pro, kesabaran sangat diperlukan.

Menambah Koneksi

Dengan bergabung dalam sebuah komunitas itu artinya kita memiliki kesempatan untuk meningkatkan atau menambah koneksi baik secara profesional atau personal.

Begitulah yang saya dapatkan ketika bergabung dengan komunitas blogger seperti BPN. Saya bisa mengenal dengan teman-teman blogger baru yang berasal dari seantero negeri. Ketika berkunjung ke suatu daerah, saya langsung menghubungi teman blogger tersebut untuk kopi darat. Tidak jarang, dari pertemuan online dan offline itu bisa menghasilkan sebuah ide baru atau inovasi khususnya tentang blogging.

Dengan adanya koneksi, kita saling berbagi informasi dan juga rezeki.

Mendapatkan Inspirasi dan Semangat Baru

Kadang, dalam mengelola blog, entah itu dari segi konten atau tampilan, saya merasa mandek, enggak punya ide, atau malas untuk menyentuh blog tercintah. Namun, dengan bergabungnya saya dalam komunitas, membaca dan berkunjung ke rumah maya blogger lain, saya mendapatkan inspirasi untuk mengatur blog saya agar menjadi lebih baik.

Masa si A bisa, saya enggan bisa?

Tidak hanya itu, hal lain yang membuat saya senang bergabung dengan komunitas yang memiliki hobi yang sama adalah mendapatkan semangat baru. Terkadang, banyak pembahasan atau diskusi tentang blog sudah saya ketahui sebelumnya. Namun, support agar saya dan juga blogger lainnya tetap semangat ngeblog tidak bisa saya dapatkan dari orang yang tidak paham tentang ngeblog. Disitulah manfaat memiliki komunitas yang memiliki kegemaran yang sama. Teman-teman di dalam komunitas blogger, akan menjadi pematik api semangat kita untuk terus maju menjadi blogger yang handal, unggul, dan terpercaya.

Sangat menyenangkan bukan?

Bisa berbagi ilmu, menambah koneksi, mendapatkan inspirasi dan saling support untuk terus maju dalam dunia blogging adalah beberapa hal yang saya dapatkan ketika bergabung dengan Blogger Perempuan Network.

Bagaimana dengan kamu?

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

One Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: