Kesehatan,  Life Story

Guava, Buah Sehat nan Merakyat

image

Siapa sih yang tidak mengetahui manfaat dari buah bulat, berdaging merah, dan berbiji ini? Saya yakin, orang awam sekalipun tahu kalau guava atau jambu biji ini memiliki beragam khasiat, diantaranya meningkatkan trombosit bagi penderita demam berdarah.

Waktu kecil, saya dan teman-teman sepermainan sering kali mencari buah ini di hutan atau kebun milik orang kampung. Buahnya yang belum mengkal sangat lezat disantap begitu saja. Rasanya manis dan sedikit sepat karena kulitnya juga kami lahap. Orang kampung saya menamainya boh glima merah hatee atau delima merah hati. Dibandingkan dengan jambu klutuk yang daging buahnya putih, glima merah hatee atau guava memang terasa lebih manis.

Nah, dibalik lezat dan merakyatnya buah ini, ternyata ia memiliki segudang zat gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Konon, berdasarkan hasil penelitian, kandungan vitamin C pada guava lebih banyak daripada jeruk. Selain itu, guava juga mengandung antioksidan, serat, mineral, polyphenol, dan karatenoid. Oleh karena itu, guava menjadi buah wajib yang selalu tersedia di rumah.
image

Kaya akan Serat
Karena sering mengonsumsi guava yang kaya akan serat, pencernaan saya pun jadi lancar. Ngga ada tuh istilah konstipasi alias sembelit. Nah, untuk mendapatkan serat guava, baiknya penyajian buah ini dalam bentuk jus atau dimakan langsung. Serat yang dikandung guava bisa dapat menurunkan beran badan dan juga kolestrol jahat, lho. Kok bisa? Minum segelas guava bisa membuat kita merasanya kenyang dan dapat mengurangi penyerapan kolestrol oleh tubuh. Dalam satu buah guava mengandung 9 gram serat atau sama dengan 36% serat yang disarankan untuk kita konsumsi sehari-hari.

Vitamin C
Buah yang tumbuh subur di dataran tinggi ini juga banyak mengandung vitamin C yang merupakan salah santu antioksidan yang sangat penting. Antioksidan tersebut berfungsi untuk meningkatkan sistem imun kita agar bisa melawan radikal bebas dan berbagai macam penyakit. Bahkan kandungan vit.c di guava lebih banyak dibandingkan dengan yang terkandung pada jeruk.

Antioksidan lain

Selain vitamin C, guava juga mengandung antioksidan lain yaitu polyphenol dan caratenoid. Kedua zat ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita melawan radikal bebas dan dapat melindungi diri kita dari zat karsonogen alias yang dapat menyebabkan kanker.

Mineral penting
Mineral yang dikandung oleh guava berupa potassium yang sangat bermanfaat untuk sistem metabolisme tubuh. Seperti sebagai transmitter sinyal ke otak dan menjaga keseimbangan osmolaritas darah. Selain itu, guava juga mengandung tembaga yang berfungsi untuk tulang dan jaringan. Selain itu copper atau tembaga juga berfungsi untuk.memecahkan enzym sehingga nutrisi yang kita konsumsi lebih efisien.

Jadi, tunggu apalagi yuk konsumsi satu guava sehari agar tubuh kita semakin sehat dan kuat 🙂

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

20 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: