Dari Google Rank, Alexa Rank, Page Authority hingga Domain Authority

Kalau boleh jujur, dulu saya ngeblog hanya untuk menyalurkan hobi, tidak ada maksud lain. Baru setelah saya berkenalan dengan blogger lain, bermacam istilah dalam dunia blogging mulai masuk ke kepala saya. Mulai dari rangking blog (atau website) di Alexa, hingga rangking google. Balakangan juga saya tahu ada PA (page authority) dan DA (domain authority), yang kesemuanya berujung pada penilaian seberapa baik atau seberapa bekenkah blog atau website kita. Bagi saya, awalnya semuanya sangat tidak penting, belakangan setelah iseng-iseng saya pasang adsense google (yang juga jarang di klik – off the record ya?) nyatanya kesemua istilah diatas ada tujuannya. Walau sejujurnya tidak semua istilah tersebut saya pantau dengan sebaik-baiknya.

Saat google rank heboh, berlomba-lombalah kawan-kawan blogger menaikkan angka rangkingnya, setidaknya begitulah cerita mereka, begitu juga dengan rangking alexa. Bahkan ada kawan dekat saya yang sampai stress kalau nilai alexa nya, baik yang lokal maupun di internasional, turun drastis. Walau sebenarnya cukup wajar karena sebagian dari mereka belakangan disibukkan dengan pekerjaannya dan sangat jarang blog-walking. Jadi tidak heran jika rangking alexanya turun, karena memang katanya salah satu cara menaikkan rangking di alexa adalah dengan blog walking dan meninggalkan jejak di blog yang kita kunjungi.

Page Authority Vs Domain

Kemudian saya diberitahu istilah baru, namanya Page authority (PA), dimana disini yang dinilai adalah kekuatan dari sebuah halaman website (entah benar pun). Dan ini berbeda dengan Domain Authority (DA) suatu konsep yang dikembangkan oleh MOZ dan memprediksikan seberapa baik rangking sebuah website di search engine. DA ini nilainya dari 1 hingga 100, dimana makin tinggi, maka makin baik pula rangkingnya. Berikut adalah laporan dari DA blog saya, masih rendah ternyata.

Input URL Google PageRank URL SEOmoz (PA) External links to page Google PageRank domain SEOmoz (DA) External links to domain Website age (Years) Social shares (Domain)
http://www.liza-fathia.com 2 35 186 2 22 186 6 204

Oh ya, buat yang mau cek PA atau DA seperti saya diatas, website seoreviewtools cukup bisa diandalkan, hasilnya ya seperti kepunyaan saya diatas. Kalau untuk Google rank, katanya google sudah tak lagi mengupdate rangkingnya. Sedangkan rangking alexa ya tinggal buka langsung aja di alexa.com.

Nah, Udah cek rangking blog kamu? Berapa dapatnya? Kalau undah cek dan informasi disini dirasa bermanfaat, jangan lupa di share ya tulisan ini. Kalau sempat ninggalin komen ya lebih baik, biar rangking saya naik lagi (#memohon)

Published by Liza Fathia

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

Join the Conversation

13 Comments

  1. Ndak usah di ambil pusing Kakak Liza masalah PA, DA dll apalagi kalau Blog Kakak Liza ini blogging format. Semuanya kembali kepada content, UI, UX, Meta Title, meta Description selain daripada itu lupakan aja Kak.

    Blog yang sudah tinggi ranknya pun dalam sekejap bisa drop apalagi orientasinya ada Google SERP.believe me it’s all about money Kak. Tapi Blog Kakak ini meskipun drop awak rasa akan cepet recoverynya karena originalitas kontennya.

    1. Oh gitu ya? jadi merasa tersanjung dipuji oleh sang ahli, hehe., eh, UI, UX itu apa ya? bagi2 lah ilmunya..:)

      1. UI = User Interface UX = User Experience Kakak Liza, jadi pastikan visitor nyaman baca sambil check di Google Analytic Kak Liza Average Session Durationnya biar bisa jadi indikator buat contentnya mana yang di sukai mana yang kurang di sukai sambil bisa belajar behaviour Visitor Kak

    1. Iya, tujuan utamanya kan nulis mas, kalau dapat sampingan kan gak usah ditolak, ya kan begitu? 🙂

Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: