RUMAH MURAH
Advertorial,  Review

Cara Mendapatkan Rumah dengan Harga Terjangkau

RUMAH MURAH

Cara Mendapatkan Rumah dengan Harga Terjangkau

Setelah berumah tangga dan memiliki anak, ada beberapa hal dulunya tidak menjadi prioritas, kini masuk ke dalam daftar keinginan yang ingin segera dicapai. Rumah misalnya. Memiliki rumah sendiri tanpa harus mengontrak adalah impian keluarga kecil saya dan saya yakin Anda pun demikian. Banyak alasan seseorang membeli rumah, seperti memiliki tempat tinggal sendiri, menjadi raja dan ratu di istana sendiri, dan tidak perlu memikirkan mau ngontrak dimana jika yang punya kontrakan sudah tidak menyewakan lagi rumahnya. Ketika kesempatan yang tepat itu datang, saya dan suami ingin sekali membeli rumah. Lantas, strategi apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah?

Beli  Rumah yang Sudah Turun Harga

Mungkin kita tidak akan sependapat dengan kebanyakan orang untuk membeli rumah dengan diskon yang besar-besaran. Menurut  Zero Hedge, setiap orang memiliki kesempatan untuk membeli rumah meskipun hanya memiliki modal 10 ribu rupiah. Tetapi kita tidak perlu menyicil 10 ribu rupiah untuk sebuah rumah impian. Banyak sekali hunian yang rusak,  hancur, lingkungan yang kurang ideal, atau perlu dirubuhkan dan dibangun ulang. Terlepas dari kondisi rumah yang sebenarnya, akan tetapi,  kita pasti akan berhati-hati membeli rumah yang harganya jauh di bawah nilai pasar.

Baca juga : Mencari Rumah di Bandung

Namun tidak ada salahnya jika kita membeli rumah yang rusak tersebut dengan harga yang murah. Kita bisa merenovasi dan membersihkannya sesuai dengan bentuk rumah impian kita. Memang, butuh waktu berbulan-bulan untuk membangun rumah tersebut, tetapi kita akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dengan membeli rumah seperti ini.

Lakukan Pencarian Dengan  Mesin Pencari

Salah satu alasan orang yang berhasil membeli rumah dengan harga miring adalah karena ia merasa rumah tersebut layak dijadikan hunian sedangkan pemilik sebelumnya tidak. Entah itu gaya rumahnya, letaknya, atau alasan lain yang dibuat oleh pembeli sebagai pertimbangan. Namun, jika rumahnya kebetulan retak, maka seseorang mungkin dapat mengambilnya dan mendapatkan rumah yang lebih murah.

Untuk mendapatkan rumah yang murah, kita bisa menggunakan mesin pencari. Menemukan perumahan murah di Bekasi bersama Rumah sebenarnya jauh lebih mudah dari apa yang Anda pikirkan selama ini. Selain itu, kita hanya perlu memberikan tawaran yang masuk akal kepada si penjual dan mudah-mudahn mereka bisa menerimanya.

Periksalah Bersama Keluarga dan Teman

Seperti yang disebutkan Bankrate, membeli rumah dari keluarga sendiri sebenarnya lebih memiliki manfaat dan nilai lebih. Kita tidak hanya akan merasa lebih nyaman, tetapi keluarga pasti akan memberikan yang terbaik untuk kita. Masa sih beli sama paman sendiri bisa ditipu? Selain itu, keluarga atau saudara kita pasti akan menawarkan harga yang lebih rendah kepada kita.

Kalaupun harus membeli rumah kepada orang lain, maka kita harus cek dan ricek terlebih dahulu harga pasar sebenarnya. Bisa bersama keluarga atau teman. Jangan sampai kita membeli rumah yang harganya jauh lebih besar dari apa yang kita rencanakan.

Ingat! Setiap kali kita memutuskan untuk membeli rumah atau hunian baru, kuncinya adalah coba dan temukan rumah yang memiliki nilai plus. Tidak sedikit pembeli rumah yang bersedia membeli dengan harga yang lebih tinggi dari kita. Jadi, jika kita ingin mendapatkan rumah idaman, maka kita harus bersabar, jangan terburu-buru mengambil keputusan. Jangan sampai kita menghamburkan uang untuk rumah yang sama sekali tidak kita sukai.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

14 Comments

  • Alaika Abdullah

    Belum pernah terfikir selama ini untuk melirik rumah yang menurut pemiliknya tak layak jadi rumah lagi namun menurut kita bisa disulap menjadi hunian yang nyaman.
    What a good idea, Liza. Bener juga, dengan bermodalkan renovasi, rumah tak layak tsb pasti bisa jadi hunian nyaman dengan harga yang masih terjangkau ya?

  • cutdekayi

    Selama ini mikir kalo beli rumah harus yg langsung bagus, gitu kak. Tapi bagus jd ide kakak ya melirik hunian yang menurut mereka tak layak lagi. Harga pasti miring banget dan bisa saving lebih banyak untuk kebutuhan lainnya.

  • Ety Abdoel

    Jadi inget di sekitar tempat tinggal banyak rumah kosong yang rusak. Penah kepikiran sih, seandainya rumah itu dijual barangkali dibeli tapi kalau lama nggak ditinggali katanya banyak penghuni dari dunia lain. Sereem.

  • Rotun DF

    Kalau di kampung masih yang beli tanah dulu terus bangun pelan-pelan. Tapi kalau di perkotaan tanah aja udah mahal banget ya Mba. Ide Mba Liza patut dipertimbangkan nih. tfs ya Mba.

  • Ira Duniabiza

    Wuih idenya keren banget mba… tapi setuju ama mba Hanie, beli rumah itu kayaknya jodoh-jodohan dan mempertimbangkan kebutuhan. Banyak yang jual tapi nggak kelihatan… pas udah jadi malah banyak pilihan lain…

  • SumberArum

    Kukira postingan tentang cara punya rumah tanpa modal.. well, cara punya rumah dgn memanipulasi ini itu is sucks.. yang normal aja deh, nabung, beli, tanpa riba.. #masihngimpipunyarumah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: