PhotoBlog

Cara Membuat Foto atau Gambar Bergerak

liza

Awalnya saya penasaran dengan postingan teman-teman di blog yang fotonya bisa bergerak-gerak. Kok bisa ya foto-foto tersebut bergerak kayak video. Padahal tidak ada aplikasi apa pun yang dipakai saat mempostingkannya di blog. Saking penasarannya, saya pun mencari tahu pada mbah Google tentang cara membuat foto bergerak. Keyword yang saya ketik pun sama cara membuat foto bergerak dan “cara membuat gambar bergerak seperti video”.

Walhasil keluarlah berbagai macam tutorial yang pada intinya saya simpulkan kalau foto yang bergerak itu namanya animasi, terus disimpan dalam bentuk Gif. Tahu kan apa itu Gif?

Graphics Interchange Format(GIF) adalah sebuah format yang sering digunakan dalam dunia web maupun dalam dunia citra digital. Format ini sering digunakan karena ukurannya yang relatif kecil dan juga banyaknya software editor gambar yang telah mendukung citra ini. GIF berukuran kecil karena membatasi jumlah warnanya sebanyak 256 warna sehingga dapat menghemat ukuran berkas.

Nah, aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat gambar atau foto bergerak pun bermacam-macam. Salah satunya yang sudah sangat familiar bagi saya, apalagi kalau bukan Photoscape. Jadi, enggak perlu download lagi deh. Membuat gambar bergerak dengan menggunakan software Photoscape cukup gampang bagi pemula dan gaptek seperti saya, tinggal klik dan klik saja, jadilah foto-foto yang bergerak seperti punya teman-teman.

Mau tahu gimana cara membuat foto atau gambar bergerak seperti video? Mau tahu aja atau mau tahu banget? Hehehehe.  Cekidot!

  1. Pastinya buka dulu aplikasi Photoscape

    Photoscape
    Photoscape
  2. Pilih Animated Gif.Animated GIF
  3. Add picture. Pilih foto apa saja yang akan kita gunakan untuk membuat gambar animasi.
  4. Atur ukuran foto.
  5. Pilih jenis animasi yang kita sukaichange image
  6. Simpan
  7. Jadi deh foto bergerak seperti video. Gampang kan?



Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

27 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: