biaya pap smear
Kesehatan

Berapa Biaya Pap Smear dan Apa Saja Syaratnya?

biaya pap smear
Dokter sedang melakukan pemeriksaan dengan metode pap smear. Credit photo: wisegeek.com

Berapa biaya pap smear dan apa saja syarat pap smear? Dua pertanyaan ini sering sekali diajukan oleh pembaca blog liza-fathia.com tepatnya setelah membaca tulisan yang berjudul Apa Itu Pap Smear, Berapa Biaya Pap Smear, dan Pap Smear Gratis dengan BPJS

Kesadaran masyarakat khususnya kaum hawa akan kanker serviks dan pentingnya pemeriksaan pap smear untuk mendeteksi dini kanker leher rahim ini semakin meningkat terutama setelah meninggalnya Jupe, penyanyi dangdut yang meninggal akibat kanker ini. Kanker serviks memang menjadi salah satu penyebab kematian paling banyak wanita di dunia setelah kanker payudara. Umumnya kematian terjadi pada kanker yang telah mencapai stadium akhir. Padahal, kanker serviks ini masih dapat diobati jika diketahui masih pada stadium awal. Oleh karena itu, deteksi dini kanker serviks dengan pap smear atau IVA test sangat penting dilakukan.

Berapa Biaya Pap Smear?

Setiap ingin melakukan suatu pemeriksaan apalagi pemeriksaan laboratorium, biaya sering kali menjadi kendala. Ya, tidak dipungkiri, masih banyak rakyat Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan sehingga jangankan uang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, untuk makan sehari-hari saja susah. Namun, bagi mereka yang berasal dari kelas ekonomi menengah sampai menengah ke atas, terutama yang telah mendapatkan sosialisasi akan pentingnya deteksi dini kanker serviks, pasti ingin mengetahui bagaimana kondisi mulut rahim mereka. Tidak mengherankan jika banyak yang penasaran akan biaya pap smear.

biaya pap smear
Peralatan pap smear. Credit photo

Jika sahabat pembaca setia blog liza-fathia.com penasaran berapa biaya pap smear, kalian bisa langsung menghubungi call center laboratorium kesehatan yang ada di daerah kalian. Seperti beberapa waktu lalu, saya langsung menghubungi laboratorium Prodia Banda Aceh untuk menanyakan berapa biaya pap smear di Prodia. Dan setelah saya tanyakan costumer service-nya memberi tahu jika biaya pap smear di Prodia Banda Aceh adalah Rp 330.000 . Jika kita ingin berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, Prodia juga menyediakan layanan konsultasi gratis dengan dokter di sana.

Menurut costumer service Prodia Banda Aceh, biaya pap smear di Prodia seluruh Indonesia biasanya sama. Untuk lebih jelasnya langsung saja kontak center prodia dimana Anda berdomisili. Pun demikian jika Anda ingin melakukan pemeriksaan pap smear di laboratorium kesehatan lainnya di tempat tinggal Anda, tinggal hubungi saja call centernya dan tanyakan apakah laboratorium tersebut bisa melakukan pemeriksaan Pap Smear.

Pap Smear Gratis dengan BPJS

Pada bulan-bulan tertentu, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan berbagai laboratorium memberikan fasilitas kepada pesertanya (peserta JKN/KIS.red) untuk melakukan pemeriksaan pap smear gratis. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada bulan-bulan tertentu dan dalam memperingati hari-hari besar yang ada hubungannya dengan perempuan. Misalnya pada peringatan Hari Kartini, Hari Ibu, atau moment penting lainnya.

Setiap ada kegiatan pap smear gratis dengan BPJS ini, BPJS Kesehatan atau laboratorium yang bekerja sama melakukan sosialisasi lewat berbagai media. Syarat pap smear gratis dengan BPJS sangat mudah, cukup membawa kartu identitas (KK/KTP) dan kartu JKN/KIS (kartu BPJS). Eits, ingat itu adalah syarat administrasinya. Selain syarat administrasi, saat ingin melakukan pap smear kita juga harus memenuhi syarat-syarat untuk pemeriksaan pap smear itu sendiri.

Apa saja syarat pemeriksaan pap smear?

Sebelum melakukan pemeriksaan pap smear, ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi. Kalau syarat tersebut enggak sesuai, maka pap smear tidak bisa dilakukan. Berikut ini adalah syarat-syarat pemeriksaan pap smear:

  1. Perempuan, laki-laki tidak bisa ya, guys!
  2. Sudah pernah melakukan hubungan seksual, kalau belum menikah tapi suda melakukan hubungan seksual juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ini.
  3. Tidak melakukan hubungan intim selama 48 jam (2 hari) sebelum pemeriksaan karena ditakutkan bisa mengaburkan hasil pemeriksaan akibat gesekan yang menimbulkan luka lecet atau adanya sisa sperma. 
  4. Selama 24 jam sebelum pemeriksaan tidak diperkenalkan melakukan pencucian atau pembilasan dan memakai bahan-bahan antiseptik pada vagina.Tujuannya adalah agar tidak mengaburkan hasil pemeriksaan
  5. Tidak sedang haidh/nifas. Pemeriksaan sebaiknya 5 hari setelah habis haidh.
  6. Bagi perempuan yang baru melahirkan, operasi rahim, atau mendapatkan radiasi, sebaiknya melakukan pemeriksaan 6-8 minggu kemudian.
  7. Perempuan yang mendapatkan pengobatan lokal seperti vagina supositoria(obat yang dimasukkan lewat vagina) atau ovula, sebaiknya hentikan pengobatan ini selama 1 minggu sebelum pap smear
  8. Tidak sedang dalam infeksi berat, contohnya keputihan yang sangat parah.

Siapa yang melakukan pap smear? Apakah dokter, perawat/bidan, atau petugas laboratorium? Laki-laki atau perempuan? Pertanyaan ini juga sering membuat para ibu yang ingin melakukan pap smear jadi ragu-ragu. Takut dan tidak nyaman kalau yang memeriksa laki-laki. Berdasarkan pengalaman saya, kalau pap smearnya dilakukan di laboratorium, biasanya petugas yang memeriksa adalah perempuan. Jika pemeriksaan di rumah sakit, petugas yang memeriksa adalah perawat/bidan perempuan (bidan di Indonesia perempuan semua:)). Kadang ada juga dokter spesialis kandungan yang melakukan pemeriksaan pap smear di tempat prakteknya dan diantara mereka ada yang laki-laki (kebanyakan perempuan). Sejauh yang saya tahu, di Indonesia biasanya pemeriksaan pap smear ini dilakukan oleh petugas perempuan. Jadi enggak perlu merasa risih 🙂

Bagaimana? Sudah terjawab belum pertanyaan para ladies sekalian tentang pap smear, biaya pap smear dan syarat pemeriksaan pap smear? Jadi, tunggu apa lagi. Yuk, seluruh perempuan Indonesia, segera lakukan deteksi dini kanker serviks dengan pemeriksaan pap smear. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Lebih cepat mendapatkan pengobatan juga lebih baik daripada membiarkan penyakit tersebut terus menggerogoti tubuh kita.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: