Review,  Traveling

Bang Joni, Cariin Tiket Pesawat, dong! 

Bang Joni
Bang Joni, Pesen Cepet, Nggak Pake Ribet

Pernah enggak merasa baper (bawa perasaan.red) kalau ada temanmu yang cuma nge-read doang waktu kamu mengirimkan pesan kepadanya? Padahal pesan yang kamu kirim itu penting. Pernah enggak merasa sebal sama teman yang ketika diminta tolong selalu enggak bisa? Banyak aja alasannya yang ujung-ujungnya bikin bete. Terus pernah enggak merasa di-php-in waktu mau pesan tiket pesawat murah sama teman yang bekerja di travel agent dengan alasan tiketnya sudah sold out? Ini teman apa teman sih?

Ayo siapa yang punya pengalaman seperti itu saat berteman? Dan bagi kamu yang memiliki teman seperti itu berarti kita senasib.  Rasanya pingin… ah lupakan saja! Kalau diingat-ingat, yang ada malah semakin mendongkol. Lebih baik cari teman baru yang enggak bikin baper, bete, apalagi suka php.

Kenalin, teman baruku, Bang Joni.

Dan pada postingan kali ini saya ingin memperkenalkan teman baru saya. Namanya Bang Joni. Orangnya baik banget. Pantang saya kirim pesan lewat Line Messenger, langsung dibalasnya. Meskipun itu pesan enggak penting. Misalnya saya iseng ngetik aku lapar, terus doi langsung balas sambil merekomendasikan tempat-tempat makan enak. Enggak kayak teman-teman yang lain, di-read doang, dibalasnya kapan-kapan. Syukur kalau dibalas, seringnya enggak. #sabar

Bang Joni
Bang Joni, aku lapar

Kemarin waktu lagi nyari tiket pesawat murah, Bang Joni lagi-lagi membantu saya. Dengan segenap kerendahan hatinya, doi mengarahkan apa saja yang harus saya lakukan saat memesan tiket pesawat. Rencananya awal Juni 2017 nanti saya mau jalan-jalan ke Kuala Lumpur. Nah, si Abang dengan baiknya menunjukkan tiket pesawat dari harga termurah sampai paling mahal. Jadi saya tinggal memilih saja mana yang sesuai. Terima kasih, Bang Joni.

Bang Joni
Tiket Banda Aceh – Kuala Lumpur di Skyscanner yang dicariin sama Bang Joni

Dan yang paling membuat saya terkesan adalah ketika sedang asyik-asyiknya internetan tiba-tiba pulsa saya habis.
“Habis pulsa, nih,” tulis saya di Line Messenger Bang Joni. Padahal cuma main-main aja.

“Mau isi pulsa? Boleh minta nomer Hpnya?” balas Bang Joni.

Aih, serius nih, Bang? Abang punya channel yang jualan pulsa juga?

Setelah mengetikkan nomor Hp, maka Bang Joni pun memberikan list pulsa yang akan saya beli dengan harga yang lebih murah dari pasaran.

Baik banget kamu, Bang.

Siapa sih Bang Joni?

Teman-teman pasti penasaran kan siapa sebenarnya Bang Joni sampai-sampai saya membuat postingan khusus di blog ini. Iya doi baik, tapi kok sampai bela-belain posting di blog? Apa Bang Tunis, suami saya tercinta enggak marah dengan kelakuan istrinya yang asyik chattingan sama Bang Joni terus pakai acara cerita-cerita kebaikannya ke publik lagi? Nah, lho.

Tenang saudara-saudara, dari pada negative thinking terus menggosip di belakang, mendingan kenalan aja yuk sama Bang Joni. Tak kenal makanya tak sayang, begitu kata pepatah. Dan saya yakin, setelah mengenal Bang Joni, kalian pun akan sayang sama dia.

Sebenarnya, Bang Joni itu adalah teman ngobrol virtual dengan teknologi chatbot yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kita kapan aja dan dimana aja. Sudah tahu kan apa itu chatbot atau chatter bot? Itu lho, salah satu program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan. Bisa dikatakan Bang Joni ini layaknya sebuah search engine tetapi dalam bentuk chatting.

Bang Joni
Bang Joni (credit photo: bangjoni.com)

Jadi, Bang Joni bukan manusia? Ya, bukan. Bang Joni diciptakan oleh PT Jualan Online Indonesia. Selidik punya selidik, pemilihan nama Joni, selain tidak mengarah pada suku tertentu, juga karena merupakan singkatan dari perusahaan lokal tersebut. Saat ini, chatbot Bang Joni dipimpin oleh pemuda keren, Diatce Harahap atau yang sering dipanggil Ache. (Pantesan Bang Joninya juga keren #eh)

Bang Joni yang dikembangkan oleh 100% talenta dalam negeri memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam bentuk text yang saat ini sedang marak di dunia IT. Tidak heran jika kinerja Bang Joni sesuai dengan tagline-nya: Pesen Cepet, Nggak Pake Ribet!

Bang Joni juga merupakan chatbot yang multitasking. Banyak banget layanan yang bisa dilakukan oleh teman virtual ini cukup dengan mengobrol dengannya saja. Lewat Bang Joni, kita bisa memesan jasa transportasi, memesan kebutuhan traveling seperti tiket pesawat dan penginapan, mendapatkan rekomendasi kuliner favorit, berbagai informasi realtime seperti prakiraan cuaca dan info lalu lintas, transaksi online untuk pembelian pulsa dan token listrik, reminder, layanan penerjemah, dan banyak lagi yang lainnya- yang semuanya gratis tanpa syarat dan ketentuan yang berlaki.

Bang Joni
Sambutan Bang Joni saat kita pertama sekali meng add Line @bangjoni

Pesen Tiket Pesawat lewat Bang Joni, Cepet, Nggak Pake Ribet

Memangnya bisa pesan tiket pesawat cuma lewat chatting dengan Bang Joni juga? Terus nanti situs travel agent yang direkomendasikannya terjamin nggak?Mungkin ada di antara teman-teman yang masih bingung, kok bisa sih chatbot bisa untuk pesan tiket pesawat segala.

FYI, saat ini Bang Joni telah bekerja sama berbagai mitra bisnis dan salah satunya adalah Skyscanner.  Ketika kita mencari tiket pesawat dan daerah tujuan lewat Bang Joni, si Abang yang baik hati akan langsung memberikan hasil pencarian melalui Skyscanner berupa pilihan tiket dari berbagai maskapai dengan harga terrendah sampai tertinggi.

Misalnya nih, saya mau  pesen tiket pesawat dari Banda Aceh ke Medan. Saya cukup mengetikkan “tiket pesawat” dan Bang Joni langsung menjawab pertanyaan saya.

Bang Joni

Karena destinasi yang ditawarkan oleh Bang Joni tidak sesuai dengan tujuan saya, maka saya memilih  Tujuan Lain? dan mengklik pilih destinasi lain. Bang Joni secara otomatis akan mengarahkan saya ke situs Skyscanner. Di sana saya tinggal memilih jadwal pesawat yang saya inginkan.

Bang Joni

Pesennya cepet dan nggak pake ribet, bukan?

Yuk temenan dengan Bang Joni

Gimana? Udah kenal kan sama Bang Joni. Terus tunggu apa lagi? Yuk segera temenan dengan abang ganteng ini. Saya yakin, Bang Joni akan menjadi teman ngobrol virtual terbaik yang pernah kalian miliki. Teman yang enggak hanya nge-read saja chattingan kalian terus bikin baper, tapi Bang Joni akan menjawab setiap pertanyaan dan memberikan bermacam rekomendasi sesuai dengan keinginan kalian. 

Bang Joni
Yuk chatting dengan Banh Joni di Line dengan Add @bangjoni (credit photo: bangjoni.com)

Bagaimana caranya? Caranya gampang banget, tinggal Add Official Account Bang Joni @bangjoni sebagai temen kamu di LINE, kamu bisa langsung chatting. Kalau mau pesan tiket pesawat, beli pulsa, tanya cuaca, rekomendasi tempat makan, dan apalah-apalah itu, tinggal bilang aja ke si Abang.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

49 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: