Serba serbi

Bagaimana Cara Move On? Berikut 7 Tips nya!

Banyak yang nanya, bagaimana sih cara move on? Kalau boleh jujur, saya juga tidak tau jawaban yang pasti. Soalnya saya selalu move walau tidak selalu dalam keadaan on? Maksudnya saya selalu bersemangat, meski kadang sedang dilanda perasaan tidak enak. Kenapa begitu? Karena bagi saya cara move on yang paling cepat adalah dengan segera move on . Nah, bagaimana cara move on dari mantan? Berikut beberapa tips dari saya

  1. Jangan punya pacar

Cara ini dipastikan 1000% efektif, wong gak pernah pacaran, apa yang harus di move on, ya kan? Gak pacaran juga lebih easy, gak harus habisin waktu buat hanya mikirin seseorang, yang belum tentu jadi pasangan kita. Dari segi agama Islam, gak pacaran juga gak banyak dosa, bener kan? Kalau masalaha kasih sayang, dari keluarga juga bisa dapat, kalau untuk teman curhat, sama teman juga bisa. Kalau butuh pertolongan, mintalah sama Allah SWT, Insya Allah dikabulkan, asalkan mau doanya ikhlas dan mau usaha juga. Jadi sekali lagi, cara paling efektif untuk move on adalah dengan tidak punya calon mantan. Gampang!

  1. Segera menikah

Kalau udah punya pacar gimana? Segeralah menikah, sehingga gak harus galau untuk move on. Orangnya saja sudah jadi milik pribadi, kenapa harus pusing move on kan? Selain itu, dengan menikah, dosanya jadi gak banyak, fitnah jadi tak ada, dan tentunya sesuai dengan tuntunan agama. Setuju?

  1. Cari pengganti

Kalau misalnya udah terlanjur punya pacar, trus terlanjur keburu putus dan harus move on? Caranya ya cari pengganti, untuk dinikahi ya, bukan untuk pacara lagi. Dan disini pastikan kamu cari yang setia, jujur, dan mau menerima kamu apa adanya, (kalau memang kamu punya apa-apa, hehe). Kalau kata lagu yang saya lupa penyanyinya “buka hatimu….” ya, buka lah, jangan anggap orang baru ini sama juga sepetrti mantan kamu. Satu hal lagi, biasanya kita dapat pasangan seperti kita sendiri, kalau kita baik, Insya Allah calon kita juga baik. Jadi perbaiki dirimu sendiri, baru nanti dapat yang sebaik kamu juga.

  1. Sibukkan diri dengan hal positif

Kalau penggantinya belum ketemu? Gampang, aktiflah dengan kegiatan sosial, dan ini gak harus kegiatan partai, pengajian tiap hari, dan sebagianya. Ngajarin anak jalanan, bantu ngarin les anak tetangga secara gratis, atau bantu orang tua masak dan bersih-bersih rumah juga bisa kan? Dengan sibuk gini, ingatan sama mantap seharus bisa segera hilang.

  1. Jangan merasa bersalah

Ini juga khas buat yang baru putus, suka merasa bersalah, padahal datang dan pergi, pertemuan dan perpisahan itu adalah bagian dari kehidupan kita. Jadi kalau memang sudah berpisah, memang begitulah keadaanya. Jadi gak harus merasa bersalah gimana gitu.

  1. Bersosialisasi dengan keluarga dan teman.

Kalau selama ini kamu hanya sibuk sama mantan kamu, mulai saat ini, mulailah kamu perluas pergaulan kamu, dengan yang baik-baik tentunya, bukan yang tukang gosip, tukang ganggu, atau tukang iseng. Hindari kawan yang moody karena bisa mengganggu kamu yang lagi galau. Oh ya, kegiatan-kegiatan sosial yang saya sebutkan diatas juga bisa kamu lakukan dengan teman-teman kamu ini.

  1. Selalu berusaha dan berdoa

Nah, ini dia yang paling penting. Move on itu tak hanya sebatas usaha melupakan, tapi juga usaha untuk mendapatkan yang lebih baik dari mantan. Kalau untuk ini, selain usaha maksimal pastikan kamu selalu berdoa, karena dengan berdoa, sebenarnya kamu sudah punya niatan untuk mencari yang lebih baik.

Come on, move on!

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: