Uncategorized

Aplikasi Chatting di Smartphone

Aplikasi chatting apa saja yang ada di smartphone kamu? Kalau di ponsel pintar saya, ada tiga jenis aplikasi chatting yang masih bertengger dengan setia. Apakah itu? Telegram, whatsapp, dan BBM.

Dulu sebelum memiliki smartphone, di ponsel jadul, saya memiliki aplikasi chatting yahoo messenger. Tapi bukan YM langsung sih, melainkan YM yang disediakan oleh aplikasi ebudy, nimbuzz, mig33, dan berbagai penyedia layanan lainnya. Ya, bisa dibilang, sebelum merid saya hobi banget chatting, pokoknya itu ponsel enggak boleh jauh dari tangan. Alhamdulillah, setelah menikah kebiasaan buruk itu perlahan sirna. Waktu punya anak, lebih-lebih, rasanya ponsel pingin dimatiin aja biar enggak ada yang mengganggu kebersamaan dengan buah hati.

Nah, di era smartphone, chatting dengan YM entah kenapa tertinggalkan dengan sendirinya. Iya, saya enggak pernah lagi mengirimkan private message lewat YM, baik itu ke suami, teman, atau kolega. Di ponsel juga tidak ada aplikasi chatting dengan yahoo ini. Kok bisa ya? Apakah teman-teman juga mengalaminya?

Lalu, aplikasi chatting yang saya gunakan adalah telegram, whatsapp, dan BBM. Kenapa saya hanya memilih tiga aplikasi tersebut? Berikut ini penjelasannya:
1. Telegram
Bisa dibilang telegram adalah aplikasi baru di dunia smartphone. Baru jika dibandingkan dengan whatsapp, line, atau kakaotalk. Namun, meskipun baru, ternyata fitur-fitur di telegram ini sangat membantu terutama untuk para pegawai kantoran seperti saya. Di telegram, saya bisa bergabung dengan berbagai group yang dibuat oleh pihak kantor tanpa ada batasan anggota. Di sana, kita juga bisa saling share file, forward message, dll.

Tidak hanya itu, registrasi telegram juga mudah. Cukup dengan menggunakan nomor Hp, maka kita bisa langsung memiliki akun di aplikasi ini. Selain itu, teman-teman kita yang memiliki telegram juga bisa langsung terkoneksi menjadi kontak di akun kita. Lalu, kita bisa juga mendownload telegram via PC dan masuk dengan akun yang sama dengan yang ada di smartphone kita. Kalau ada file yang kota bagikan dengan ponsel juga bisa terdektekai lewat PC.

Aplikasi ini tentunya gratis tis tis.

2. Whatsapp
Saya sudah menggunakan whatsapp sejak aplikasi ini bisa diunduh dengan menggunakan ponsel Nokia. Ya, wakti itu android belum begitu populer. Nah, karena memang hobi chatting, otomatis semua aplikasi chatting saya download, termasuk whatsapp.

Pertama pakai langsung jatuh cinta. Lebih-lebih si ehem-ehem yang sekarang naik pangkat menjadi ayahnya anak-anak juga menggunakan whatsapp, jadi kami pun selalu chatting lewat aplikasi ini. Apalagi sekarang kita bisa telponan lewat whatsapp, jadi makin sering deh menggunakan aplikasi ini.

Sampai sekarang saya masih menggunakan whatsapp karena banyak teman-teman yang menggunakannya dan saya juga bergabung dengan beberapa group disana. Sama seperti telegram, di whatsapp kita bisa berbagi file, namun tidak seleluasa dengan telegram.

3. BBM
Dari ketiga aplikasi chatting yang saya gunakan, BBM lah yang paling sering saya abaikan. Entah kenapa saya kurang suka membuka BBM. Bahkan ketika ada pesan masuk, sering tanpa sengaja saya abaikan. Mungkin karena loadingnya agak berat di ponsel kalinya. Makanya setiap membuka bbm, pasti memerlukan koneksi internet yang cepat.

Sebenarnya sudah beberapa kali saya menghapus aplikasi BBM, tapi karena banyak sanak family yang menggunakan aplikasi ini dan tidak memiliki whatsapp atau telegram, walhasil saya instal kembali walaupun jarang berinteraksi lewat aplikasi ini.

Nah, itu dia 3 aplikasi chatting yang ada di smartphone saya. Pernah juga sih saya menginstal beraneka aplikasi lainnya, tapi semuanya saya hapus karena hampir tidak pernah digunakan dan bikin berat smartphone. Bagaimana dengan teman-teman? Aplikasi chatting apa saja yang ada di smartphone kalian semua?

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

13 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: