Feature,  Opini

Aceh Coffee Festival 2011 : Kopi Aceh untuk Dunia

Anda penikmat kopi? Jika jawabannya iya, maka inilah saat yang ditunggu-tunggu. Dalam rangka menyukseskan Visit Banda Aceh Year 2011, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar even besar yaitu “Aceh Coffee Festival 2011” yang akan diselenggarakan diΒ Taman Sari Banda AcehΒ pada Jumat 25 November – Minggu 27 November 2011.

Dengan tema “Kopi Aceh untuk Dunia”, festival ini diharapkan dapat menjadi ajang perkenalan cita rasa dan aroma khas dari kopi Aceh bagi masyarakat dunia. Nah, pada even bergengsi ini akan ada pameran untuk mempromosikan kopi Aceh baik oleh produsen dan pengusaha kopi itu sendiri maupun dari pemilik warung kopi yang ada di Aceh. Sstt,Β kabarnya akan dimeriahkan juga oleh warung kopi dari luar Aceh.

Konsep acara Aceh Coffee Festival ini sangat menarik. Pada hari pertama (Jumat, 25/11) akan diadakan opening ceremony pada pukul 20.00 sampai 23.00 WIB yang langsung akan dibuka oleh gubernur Irwandi Yusuf. Selain itu, juga akan ada acara pagelaran seni tradisional dan music akustik, serta games minum kopi terbanyak dan tebak jenis kopi.

Yang lebih menarik dari festival ini adalah acara ngopi bareng komunitas. Mulai dari komunitas Android, magician (scream), Aceh Fotografi, Aceh Model Community, Iloveaceh, Kaskus Aceh (RATM), Kutaraja Fixie, Expratriat, Kopiah, dan tidak ketinggalan juga komunitas blogger Aceh (ABC). Pastinya dalam acara ngopi bareng ini pengunjung akan mendapatkan berbagai informasi tentang komunitas tersebut. Jadi ngga hanya bisa ngopi tetapi dapat berbagi informasi. Bukankah memang seperti itu budaya ngopi yang ada di Aceh? Ngga sekedar ngopi tetapi diiringi dengan diskusi. Ngopi bareng komunitas ini akan diselenggarakan pada hari kedua dan ketiga (26-27/11)

Tak hanya itu, para pengunjung juga bisa ngopi bareng calon-calon kandidat pemimpin pemerintahan pada pilkada yang akan datang dan menyeruput kopi bersama para jurnalis. Pemecahan rekor MURI saring kopi terlama juga direncanakan akan dilaksanakan pada festival ini yaitu pada hari terakhir acara (Minggu, 27/11). Pada penutupannya akan ada parade kembang api juga, lho!

Wow! Sangat menarik bukan? Jadi tunggu apalagi. Persiapkan dirimu, ajak teman-temanmu, dari Papua sampai ke Sabang, atau bahkan dari luar negeri untuk hadir dalam acara Aceh Coffee Festival. Ingat, mulai hari Jumar 25 November 2011 sampai dengan Minggu 27 November 2011 di Taman Sari Banda Aceh. Ayo kita kenalkan kopi Aceh pada dunia.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

25 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: