5 Gedung dengan Arsitektur Menakjubkan Di Kota Dubai

1

Dubai adalah salah satu kota yang terletak di Uni Emirat Arab yang merupakan kota dengan tingkat perkembangan Infrastruktur tercepat di dunia. Saat ini Dubai bukanlah sebuah kota gersang dengan padang pasir yang tandus lagi melainkan sudah bermetamorfosa menjadi kota metropolitan yang sibuk dengan gedung-gedung pencakar langit yang megah dan juga menakjubkan.

Berbicara tentang gedung, Dubai memiliki banyak gedung yang unik dan menarik bukan saja dari kemegahannya tetapi juga terletak pada desain dan arsitekturnya yang beda dari yang lain. Dengan keunikan arsitekturnya, kini Gedung-gedung di Dubai sudah menjadi salah satu magnet utama dari kota ini yang tidak jarang banyak orang yang mengunjunginya bukan saja untuk berlibur tetapi untuk mengagumi bentuk dan nilai seni di dalamnya.

Di antara begitu banyak gedung yang ada di Dubai, berikut 5 gedung dengan arsitektur menakjubkan yang ada di Kota Megah ini.

  1. Burj Al Arab

Burj al-Arab adalah sebuah hotel mewah yang didesain oleh seorang jasa desain interior dan arsitektur bernama Tom Wright dengan ketinggian mencapai 321 meter dengan 66 lantai di dalamnya. Secara umum, Burj Al Arab sepenuhnya digunakan sebagai Hotel yang bisa menampung ratusan bahkan ribuan orang di dalamnya.

Bangunan ini sangatlah megah, selain berdiri kokoh di lepas pantai teluk Persia, bangunan ini juga sekilas terlihat seperti layar yang ada di perahu dengan ribuan lampu-lampu terang yang mengelilinginya.

2

  1. Burj Khalifa

Jika berbicara tentang Dubai, maka kurang lengkap jika tidak membahas tentang Ikon dari kota itu sendiri yaitu Burj Khalifa. Burj Khalifa adalah salah satu contoh gedung dengan arsitektur tertinggi dan paling menakjubkan yang pernah ada. Dengan tinggi mencapai 828m, bangunan ini dapat dipastikan sangatlah kokoh dan juga bisa menyentuh langit biru kota Dubai.

Meskipun rekor bangunan tertinggi di dunia saat ini sudah berhasil di patahkan oleh Jeddah Tower, namun kepopuleran Burj Khalifa masih sangatlah tinggi terlebih dengan kemewahan dan kemegahan yang ada di dalamnya.

3

  1. Hydropolis

Selain gedung-gedung yang menjulang tinggi ke langit, Dubai juga memiliki bangunan unik yang dibangun di dalam air dimana bangunan ini dikenal dengan nama Hydropolis.  Hydropolis adalah resort mewah bawah laut pertama di dunia, yang mana tempat ini sangatlah digemari karena kita bisa melihat dan menyaksikan langsung kehidupan bawah laut yang menakjubkan.

Dengan bentuk arsitektur yang di bangun 66 kaki di bawah permukaan Teluk Persia serta dibangun dengan bahan beton, baja dan Plexiglass, Hydropolis menjadi tempat favorit wisatawan yang mengunjungi Kota Dubai.
4

  1. Dubai Mall

Untuk melengkapi kemegahan kota Dubai, pemerintah setempatpun membangun sebuah Mall terbesar di dunia yang dikenal dengan nama Dubai Mall. Menurut beberapa orang, Dubai Mall diklaim sebagai mall terbesar di dunia dengan menempati area lebih dari 12 juta meter persegi yang jika di artikan bisa menampung lebih dari 15 mall di dalamnya.

Mall ini memiliki arsitektur yang sangat besar dan megah dengan luas ruang belanja mencapai 9 juta meter persegi atau dapat menampung lebih dari 1.000 toko di dalamnya. Wow!

5

  1. Dubai Marina

“Kota di dalam Kota” itulah istilah yang cocok di sematkan kepada kota Dubai, terlebih ambisinya yang kini sedang gencar-gencarnya membangun sebuah komplek Dubai Baru yang dikenal dengan nama Dubai Marina.

Dubai Marina merupakan sebuah distrik di jantung kota yang memiliki berbagai gedung-gedung mewah dengan model dan arsitektur terbaik di dunia. Komplek perkotaan yang sedang dibangun ini akan menjadi salah satu kemegahan lainnya dari kota dubai serta dipastikan Dubai Marina pun akan menjadi satu negara bagian paling maju yang ada di kota ini.

6

Published by Liza Fathia

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

Join the Conversation

10 Comments

  1. Wow.luar biasa, kapan ya bisa kesana, maksudnya masuk ke gedung2 itu. Kalau di bandara dubai saja saya udah sering 🙂

  2. Memang benar arsitektur gedung-gedung bertingkat di kota Dubai sangat menakjubkan. Para arsitek yang mendesain arsitektur gedung ini sangatlah memperhatikan estetika dan fungsi.
    Kebetulan saya juga seorang arsitek dan sekarang bekerja di salahsatu perusahaan biro arsitek di Jakarta (Arsitek Online). Saya suka sekali dengan tulisan yang membahas seputar dunia arsitektur dan rumah minimalis.
    Ditunggu artikel berikutnya.

    Sukses selalu,

    Donna Mayasari
    (arsitek)

  3. tanda mau kiamat ni..macam dalam hadist.orang yg dulu nya hanya memakai sandal jepit berlomba lomba menjadi kaya.itulah orang arab,yaitu DUBAI

  4. Kota dubai memang mantap perkembangannya. Dulu jualan sumber daya alam sekarang jualan destinasi wisata!!

Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: