tips traveling
Advertorial,  Guest Post,  Traveling

10 Tips Ini Bisa Menyelamatkan Hidup Kamu Saat Traveling  

ti[s traveling
Traveling atau yang sering kita sebut dengan istilah ngebolang merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan. Traveling bisa kita lakukan secara sendirian alias solo traveling maupun bersama teman-teman. Kegiatan traveling tuh paling asik dilakukan saat lagi liburan panjang atau ketika kita sedang penat banget setelah bekerja.

Nah, sebelum melakukan traveling, ada baiknya kita mempersiapkan berbagai hal agar nanti tidak ribet ataupun repot jika ada satu atau dua barang yang ketinggalan / hilang  selama di perjalanan. Berikut adalah 10 tips yang bisa kamu coba untuk menyelamatkan hidup teman-teman semua saat travelling sendirian maupun bersama teman-teman!

Cek Kelengkapan Dokumen!

tips traveling
Cek kelengkapan dokumen (Sumber foto: Eropa.panduanwisata.id)

Dokumen yang dimaksudkan disini adalah passport, KTP / tanda pengenal, tiket pesawat, sampai kartu kredit. Jangan sampai semua hal ini ketinggalan dan mempersulit kamu nantinya selama melakukan travelling. Selalu melakukan double check untuk memastikan kesemua dokumen kamu sudah ada dan lengkap. Setelah itu pastikan kamu juga menyimpannya dalam tas atau back pack dengan benar.

Bawa Keperluan Pribadimu Seminimal Mungkin

tips traveling
Jangan lupa bawa obat-obatan saat traveling

Selain dokumen, hal yang harus diperhatikan adalah keperluan pribadi kamu, seperti perlengkapan mandi, kosmetik (buat para ladies), dan obat-obatan.

“Ngapain? Kan bisa beli di tempat buat hal-hal ginian?”

Betul sih kamu bisa beli di tempat yang kamu kunjungin nanti, tapi buat apa keluarin uang lagi jika kamu bisa bawa sendiri dari rumah?

Jangan Packing Berlebihan!

tips traveling
Sumber: Fodors.com

 

Bawalah baju, celana, dan hal lainnya secukupnya. Jangan terlalu berlebihan atau membuat kamu ribet nantinya. Pakai baju yang sama untuk hari ini dan besok? Kenapa tidak?

Nyasar? Peta / Masyarakat Sekitar Adalah Teman Terdekatmu!

tips traveling
Sumber: Money.id

 

Jika suatu saat kamu tiba-tiba tersesat di tempat yang kamu belum begitu hapal, jangan ragu atau malu untuk membuka peta. Jika kamu tidak bisa baca peta, maka tanyalah pada masyarakat di daerah itu. Jangan malu sob! Ingat, malu bertanya sesat di jalan.

Kunjungi Kantor Travel / Hotel

tips traveling
Sumber: Suryamalang.tribunnews.com

“Ih, ngapain? Kan kita gak mau pakai jasa mereka?!”

Bukan pakai jasa mereka, tapi buat tanya-tanya. Mereka itu sumber informasi kamu tentang acara atau event-event yang lagi diadakan di tempat kamu. Intinya, jangan malu buat bertanya!

Belajar Bahasa Daerah

tips traveling
Sumber: Bahasakita.com

 

Jika kamu ingin berkunjung ke daerah-daerah, jangan lupa untuk belajar bahasa daerah tersebut. Belajar saja 1 2 kata biar kamu bisa berinteraksi dengan masyarakat lokal dan hal ini cukup bikin mereka senang loh! Tidak hanya itu keuntungan yang bisa kamu dapat, dengan mempelajari bahasa daerah yang ingin kamu kunjungi, saat kamu berbelanja souvenir entah itu souvenir tas, baju, jaket, ataupun yang lainnya, bukan tidak mungkin kamu bisa diberikan harga murah pada barang yang akan kamu beli.

Kunjungi Tempat Bersejarah

tips traveling
Sumber: Daftarmenarik.com

Seperti museum, monumen, dan tempat-tempat bersejarah lainnya. Kamu bakalan mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru tentang tempat yang kamu kunjungi. Tapi tetap sopan ya dan jangan merusak benda-benda yang ada di sana!

Interaksi dengan Masyarakat Lokal

tips traveling
Sumber: News.detik.com

Jangan merasa takut dan malu untuk berinteraksi dengan masyarakat lokal di tempat yang kamu kunjungi. Siapa tahu kamu akan mendapatkan kenalan / teman baru yang siap membantu kamu jikalau kamu datang lagi ke tempat mereka. Tapi ingat! Jangan mudah percaya, karena gak selamanya yang kamu temui itu 100% ingin membantu kamu.

Gadget Freak? Bawa Hal Berikut!

tips traveling
Sumber: Micropack.co.id

Kamu seorang gadget freak? Kalau iya, jangan lupa untuk membawa charger tambahan seperti USB charger, car charger, atau power bank dengan kapasitas besar. Lalu, jangan lupa untuk selalau men-charge power bank kamu sampai full jika suatu saat nanti membutuhkan bantuan smartphone / gadget kamu untuk mencari sesuatu, upload foto-foto travelling kamu ke media sosial, atau sekedar mengabari orang tua di rumah.

Last, but not Least, Sopan dan Saling Menghormati!

tips traveling
Sumber: Kesekolah.com

Ingat, yang kamu kunjungi itu merupakan tempat asing. Jadi selalu berlaku sopan dan saling menghormati masyarakat lokal. Jangan sok jago dan sok tahu di sana, selalu jaga sikap kamu ketika berbicara dengan masyarakat lokal. Ingat, Anda sopan, kamu segan!

Nah kira-kira itulah 10 tips yang bakalan bisa menyelamatkan hidup kamu ketika sedang travelling sendiri maupun bersama teman. Apakah kamu punya tips lain? Kalau ada, share yuk!

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

28 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: