mouse gaming murah

Mouse Gaming, istilah ini mungkin masih terdengar aneh bagi sebagain orang. Biasanya kebanyakan kita hanya mengetahui tetikus. Nah, pasti bingung lagi dengan istilah tetikus, ya, kan? Tetikus? Tenang saudara-saudara. Menurut Wikipedia Indonesia, tetikus (bahasa Inggris: mouse) adalah peranti penunjuk yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam computer selain papan ketika (bahasa Inggris: keyboard). Dinamakan tetikus karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.

mouse gaming murah

Kembali ke mouse gaming, dari namanya kita sudah bisa menebak kalau mouse atau tetikus tersebut dirancang khusus untuk mereka yang hobi bermain game di PC atau laptop. Bisa dibilang, saya juga memiliki hobi bermain game. Eits, jangan berpikir kalau saya adalah player game yang maniak sampai-sampai melupakan anak dan suami karena ketagihan bermain aneka permainan di laptop, ya. Saya hanya HOBI kok. H-O-B-I.

Kalau kita membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, hobi itu adalah kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama.

arti hobi, kbbi

Jadi, ketika ada waktu senggang, misalnya sedang mandek enggak tahu mau nulis apa di blog atau ketika mata udah berat banget padahal pekerjaan belum selesai, saya menyiasatinya dengan bermain game.

Selama ini saya hanya bermodalkan mouse biasa saat bermain game di laptop. Kalau misalnya enggak ada mouse, ya terpaksa menggunakan touchpad dan keyboard saja. Namun, menggunakan touchpad dan keyboard rasanya kurang asyik. Lebih enakan menggunakan tetikus.

“Lebih enak lagi kalau pakai mouse yang khusus untuk game,” jelas suami saya yang juga hobi bermain game.

Mouse gaming? Memang ada ya tetikus yang khusus untuk permainan di PC atau laptop?

Penasaran, saya pun mencari tahu apa bedanya mouse biasa dengan mouse gaming. Seperti biasa, kalau penasaran dengan sebuah produk atau kepingin membelinya, saya biasanya mencari review-nya dulu lewat Oom Google. Dan dari berbagai referensi yang diberikan si Oom saya pun akhirnya mengetahui perbedaannya dan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mouse gaming.

Sebenarnya mouse biasa dengan mouse gaming itu enggak ada bedanya. Hanya saja mouse ini didesain khusus untuk bermain game. Tombol pada mouse gaming enggak hanya klik kanan, klik kiri, dan klik tengah saja, tetapi dilengkapi dengan beberapa item seperti tombol forward, back, dan home. Ada juga yang dilengkapi dengan tombol angka, lampu LED, dan lain-lain. Pun demikian dengan software yang digunakan, lebih canggih dan lengkap dibanding dengan mouse biasa.

Soal harga pun bervariasi. Ada mouse gaming murah yang harganya ratusan ribuan ada juga yang mencapai harga jutaan rupiah. Semua itu tergantung dari spesifikasi dan keunggulan mouse gaming tersebut. Semakin mahal, makan semakin lengkap pula onderdilnya.

Namun, membeli mouse gaming murah juga enggak ada salahnya. Murah bukan berarti enggak berkulitas, lho. Saat ini sangat banyak mouse gaming berkualitas yang harganya enggak bikin bokek dan kalau dibaca dari review pemakainya, mereka sangat puas dengan mouse tersebut.

Ketahui Gaya Kamu Saat Memegang Mouse

Sebelum membeli mouse gaming murah, ada beberapa hal juga yang harus kita perhatikan. Di antaranya adalah bagaimana kita memegang mouse tersebut saat bermain game. Lain cara pegang, lain pula tipe mousenya.

Ada tipe palm grip atau memengang dengan telapak tangan. Tipe memegang mouse ini yang paling sering digunakan oleh gamers. Tipe lainnya adalah tip grip dimana mouse hanya dipegang dengan jari-jari sedangkan telapak tangan tidak menyentuh mouse sama sekali. Yang terakhir adalah tipe claw grip, dimana jari tangan memengan bagian depan mouse dan telapak tangan memegang bagian belakang.

mouse gaming murah

Selain itu, yang paling penting dan harus menjadi perhatian saat memilih mouse gaming adalah lebih baik hindari mouse yang wireless. Mouse tanpa kabel ini kadang sering tidak responsive ketika digunakan saat bermain game dibandingkan dengan mouse yang memiliki kabel.

Dari tipe mouse gaming tersebut, yang paling cocok buat saya adalah tipe palm grip. Harga mouse gaming untuk tipe ini pun beragam, ada yang ratusan ribuan sampai jutaan. Kalau saya sih, sebagai player amatiran, milih mouse gaming murah meriah saja. Hehehe.

Sumber foto: Howtogeek.com dan diedit oleh Liza-fathia.com

Published by Liza Fathia

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

Join the Conversation

20 Comments

  1. Mouse ternyata ada macam2 ya. Baru tau juga mouse diartiin tetikus. Xixi

    Ga pernah main game sih, pakai mouse juga jarang banget. Pegang laptop paling cuma buat ngetik sama upload dagangan. Hehe

  2. Tiap.datang ke expo komputer saya selalu ngiler kepengen mouse gaming. Tapi pilih hemat. Jadi pinjem temen hahaha. Oiya nambahin satu tips lagi. Kalau mau beli mouse yang wireless pastikan semuanya lengkap dan dicoba dulu di laptop pribadi.

  3. Sampai sekarang kalau di netbook, aku masih pakai touchpad saja. Kalau buat main game sih aku mainnya di handphone. Mainnya Pou. Wkwkwk.

  4. Gak pernah lg main game. Kalauoun main palingan zumba ama zombie. Haha permainannya gak mutu ya. Kk mouse ya pake seadanya aja. Baru th ternyata main gme tuh ada khusus mousenya ya.

Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: