Aceh,  Traveling

Sapta Pesona: Ajang Silaturrahmi Komunitas di Aceh

Kemarin sore, saya di mention di twitternya seorang pembesar komunitas Aceh blogger, katanya besok (sabtu, 18 des 2015) bakal ada acara sapta pesona Indonesia di pantai lampuuk, “yang mau ikut dapat baju kaos dan makan siang”, begitu sebutnya, plus sebuah gambar poster acara yang dimaksud.

Karena memag sudah punya rencana mau lampuuk weekend ini, langsung saja saya balas kalau saya juga mau ikut, plus nanya dimana bisa jumpa, “ntar aja kita kopdar, sambil ambil bajunya” balasnya yang diikuti dengan persetujuan yang paling setuju dari saya.

lampuuk 6

Malamnya, setelah pulang dari tempat adik yang kos di Darussalam, saya langsung ke warung kopi yang disebutkan. Karena udah lapar, langsung saja saya pesan mie goreng, plus teh hangat. Setelah itu, batu kita diskusi panjang lebar mengenai dunia blogging, penulisan dan pariwisata. Jam 10 malam, ketika mata tak lagi bisa diajak kompromi, saya pun pamitan pulang.

Setelah subuh, saya dapat mention lagi, katanya acaranya dimulai jam 8 pagi, “wah, gak sempat jogging dulu ini” pikir saya. Tapi ya sudahlah. Setelah sarapan seadanta, saya langsung berangkat ke pantai lampuuk.

Tiba disana, saya hanya mendapati pantai yang sepi, seperti di bawah ini.

Rupanya saya kecepatan, eh, waktunya pas sih, orang lain aja yang belum datang, yang udah ada hanya bapak-bapak yang lagi masak kuah kari kambing, calon makan siang kami hari ini.

Lampuuk 5

Jadinya, waktu yang kcepatan ini saya gunakan untuk jalan-jalan sendirian di pnggir pantai, sambil potret sana sini tentunya. Baru sekitar jam 9.30, orangnya sudah ramai dan acarapun dimulai.

Ohya, acara sapta pesona indonesia di pantai Lampuuk ini diselenggarakan oleh dinas kebudayaan dan pariwisata Aceh, tujuannya untuk mempertemukan berbagai komunitas yang ada di Aceh. Katanya undangannya mencapai 1000 orang, tapi yang hadir kayaknya hanya setengahnya. Komunitas yang sempat saya catat waktu disebutkan oleh MC diantaranya:

  1. Komunitas otomotif
  2. Komunitas motor
  3. Media
  4. Aktivis lingkungan
  5. Pelaku pariwisata.
  6. Komunitas sepeda
  7. Pokdarwis, kelompok sadar wisata,
  8. Pramuka
  9. Komunitas Aceh Blogger tentunya 🙂

Sapta pesona, merupakan tujuh hal yang harus dilakukan untuk memajukan pariwisata Indonesia. Sapta pesona ini terdiri dari komponen aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

Aksi sapta pesona ini banyak kegiatannya, diantaranya penyerahan bantuan kepada pelaku wisata di Lampuuk, penanaman pohon dan pembersihan pantai, dan terakhir tentunya makan-makan.

Selesai tanam pohon dan bersih-bersih, acara selanjutnya ya makan makan. Ini makanannya.

Kuah rayeuknya banyak yang sisa, tapi gak mau rakus, cukup sekali saja makan, lagian asam urat sudah mulai kasih warning lagi 🙂

sekian

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: