Kesehatan

Salep Luka Lecet Jatuh Dari Motor

Akhir-akhir ini, banyak sekali komentar di blog liza-fathia.com atau  email masuk yang berisi pertanyaan: “Dok, salep luka lecet yang bagus untuk luka setelah jatuh dari motor apa, ya?” Atau, “Dok, saya mengalami luka lecet di lutut setelah jatuh dari motor. Obat dan salap yang paling bagus agar luka cepat kering apa ya?”

Tidak jarang, ada juga yang bela-belain mengirim foto bagian tubuh mereka yang mengalami luka lecet dan tidak lupa menanyakan: kira-kira salep apa ya yang paling bagus biar luka lecet cepat kering?

Salep luka lecet
Luka lecet di lutut (credit photo: wisegeek.com)

Baiklah, agar yang memerlukan informasi tentang bagaimana mengobati luka lecet baik itu karena jatuh sendiri di aspal atau jatuh dari motor serta apa saja sih obat luka lecet tersebut, saya akan menguraikannya di blog ini. Semoga bermanfaat ya.

Luka lecet yang disebut juga dengan abarasions atau lacerated wound adalah salah satu jenis luka terbuka yang terjadi pada permukaan luar kulit. Biasanya luka lecet ini timbul akibat terjadinya gesekan kulit dengan benda yang kasar seperti batu atau aspal. Karena terjadi pada permukaan kulit, luka lecet akan terasa sangat perih. Soalnya pada permukaan kulit kita terdapat banyak sekali serabut saraf.

Baca juga : Pengobatan Luka Lecet Jatuh dari Motor

Lalu, apa saja pertolongan pertama yang bisa kita lakukan saat mengalami luka lecet akibat jatuh dari motor atau karena sebab lainnya? 

  1. Cuci tangan sebelum memegang luka agar kuman yang terdapat pada tangan tidak mengkontaminasi luka
  2.  Cuci luka tersebut dengan air yang bersih, air hangat, atau air yang mengandung antiseptik
  3. Jika terjadi perdarahan, stop perdarahan dengan menekannya menggunakan kain yang bersih atau perban. Kalau perdarahan tidak berhenti selama 10-20 menit, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat
  4. Oleskan salep antibiotik pada luka lecet untuk mencegah terjadinya infeksi seperti gentamicyn, oxytetrasiklin, bacitrasin. Salep luka lecet tersebut bisa dibeli di apotek. Meskipun salep tersebut tidak bisa langsung menyembuhkan luka, tetapi ia bisa membuat luka lecet akibat jatuh tersebuh tetap lembab dan mencegah timbulnya infeksi
  5. Tutup luka dengan menggunakan perban atau kain kasa. Tujuannya adalah agar luka lecet tersebut tidak kotor dan terinfeksi. Jangan lupa ganti perban minimal sehari sekali

Biasannya luka lecet akan sembuh dalam beberapa hari. Namun, jika luka lecet tersebut tidak kunjung sembuh atau malah semakin membesar dan bernanah, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

13 Comments

  • dianravi82

    Alhamdulillah udah lama ga ngalamin luka-luka gini. Dulu aku sahabatan banget sama gentamicyn.
    Tapi sekalinya ga mempan, darahnya terus ngerembes. Akhirnya dibawa ke rumah sakit. Kirain karena di sana bakal dapet obat lebih canggih, tahunya dijahit. Langsung kapok deh.

  • Abdul Malik

    informasi yang sangat bermanfaat sekali, terimakasih atas segala informasi mengenai pengobatan luka-luka yang bekas jatuh dari motor, atau luka-luka yang jatuh terkena aspal jalan, mudah-mudahan dengan informasi yang telah di tuliskan pada artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih dok atas informarasi yang telah dokter berikan

  • halloyahya

    Gambarnya bikin ke inget waktu jatuh dari motor.. lukanya juga sama d dengkul.. kalo luka d dengkul kenapa lebih lama sembuhnya ya dok .. dari pada bagian lainnya..

  • Kabar Klinik

    Selain faktor takdir, Salah satu penyebab kecelakaan karena kurangnya konsentrasi, sebelum berkendara pastikan tubuh dalam kondisi prima

  • jual bibit durian

    disalep dan biarkan terbuka itu lebih baik…karna akan cepat kering, daripada di kasih plaster akan selalu berair dan tidak akan cepat kering

  • Agam

    Maaf dok mau nanya ini luka d dengkul akibat jatoh dari motor, salep yg d kasih dokter (apotik) ko ber air terus ya… Trus skali nya d perban kain kasa nya itu nempel…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: