melalaikan shalat
Aceh,  Life Story

Resolusi Ibadah 2017: Tidak Melalaikan Shalat

melalaikan shalatMemasuki awal tahun baru 2017, setiap orang pasti memiliki resolusi tersendiri. Memiliki mimpi yang ingin dicapai dan tentunya agar menjadi pribadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Saya pun demikian. Ketika tahun 2016 berganti menjadi 2017, saya mencoba mencatat berbagai resolusi dengan harapan saya bisa mewujudkannya menjadi nyata. Salah satu resolusi tersebut saya namai resolusi ibadah. Di antara beberapa poin yang saya catat, memperbaiki shalat adalah poin utama yang paling urgen untuk saya laksanakan.

Kenapa harus memperbaiki shalat? Apakah shalat saya selama ini salah?

Kita ketahui bersama bahwa salah satu amalan yang akan dihisab pertama sekali di hari akhirat adalah shalat, jika shalat kita baik, maka baik pula yang lainnya. Shalat itu juga tiang agama, jika ia rusak maka rusak pula agamanya.

keutamaan shalat

Lama saya merenung, sudah kokohkah tiang yang saya bangun ini? Kemudian, saya menemukan jawaban atas pertanyaan saya sendiri. Shalat yang menjadi pondasi hidup saya masih sangat rapuh. Tidak perlu jauh-jauh berbicara tentang kekusyukan, tentang jumlah rakaat shalat sunat yang saya jalankan. Tapi lihatlah jadwal shalat yang selama ini saya laksanakan, tepat pada waktunya atau sering menunda-nunda melaksanakannya?

Saban hari, saya lalai dalam shalat. Ketika azan berkumandang, saya bukannya langsung mengambil wudhu dan menunaikan kewajiban, tetapi saya masih saja larut dalam urusan duniawi yang pada hakikatnya tidak penting-penting amat. Malah terkadang saya sengaja menundanya dengan alibi, sebentar aja lagi ah, kan waktu dhuhur masih panjang. Padahal waktu itu saya hanya goler-goler di kasur, bermain facebook, atau membalas chattingan di whatsapp atau telegram. Sebentar lagi ah, kan waktu isya panjang, tidak jarang saya malah tertidur sebelum shalat isya saya tunaikan. Astaghfirullah.

Padahal, Allah Swt telah berfirman dalam Al Quran surat Al Maun ayat 4-5, “Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (QS. Al-Maa’uun: 4-5)

Celaka di sini bukanlah bagi orang yang shalat tetapi ketika melaksanakan ibadah tersebut pikirannya melayang kemana-mana. Bukan juga bagi orang yang meninggalkan shalat. Tetapi celaka yang dimaksud menurut Said bi Abi Waqash adalah bagi orang-orang yang tidak melaksanakan shalat pada waktunya tetapi baru menunaikan kewajiban tersebut pada akhir waktu.

keutamaan shalat

Selain itu, dalam surat An- Nisa ayat 142 Allah juga berfirman: “Sesungguhnya orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allah-lah yang Menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk shalat mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud ria (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali.” 

Dus, kedua ayat tersebut benar-benar meng skak mat diri ini. Ya Allah, aku tidak ingin menjadi hambaMu yang celaka, dan aku tidak mau engkau masukkan ke dalam golongan orang yang munafik.

Sambil menuliskan resolusi-resolusi tersebut saya tersadar akan berbagai hal yang selama ini terjadi pada saya, terutama yang berhubungan dengan tidak beresnya shalat saya. Iman saya begitu mudah terombang-ambing tertiup angin, emosi begitu labil, itu semua terjadi karena fondasi hidup saya, shalat,  masih rapuh. Kalau shalat saya baik, insyaallah semua akan baik. Hal ini sebagaimana yang Allah firmankan, Sesungguhnya shalat itu dapat mencegah dari (perbuatan) keji dan munkar” (QS. Al ‘Ankabut : 45)

Semoga di tahun baru ini, saya bisa memperbaiki shalat saya. Salah satunya adalah dengan tidak melalaikan shalat dengan menunda-nunda pelaksanaannya. Amiin ya rabbal alamin.

Sungguh beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam shalatnya” (QS. Al Mu`minun : 1-2)

keutamaan shalat

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

22 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: