Kesehatan,  Life Story

Memasak Nasi Dengan Rice Cooker

Memasak nasi dengan rice cooker? Pasti sobat semua menganggap ini perkara gampang. Tinggal masukkan beras, cuci sampai bersih, dan masukkan air sesuai takaran. Lalu sambungkan rice cooker dengan aliran listrik, tekan tombol memasak, dan tunggu beberapa saat hingga nasi pun selesai dimasak. Namun, gampang menurut sebagian orang belum tentu sama untuk orang lain. Biasanya para wanita pasti mahir menanak nasi dengan rice cooker ini, kaum Adam juga banyak yang bisa. Tetapi ini tidak berlaku untuk teman saya Miko.

Miko yang saya kenal sangat pintar memasak. Entah itu makanan daerah atau masakan internasional. Kue-kue yang dibuat oleh sahabat saya ini juga enggak kalah lezat. Memang sih saat memasak Miko melihat buku resep atau browsing di internet. Namun, saya benar-benar tidak menyangka kalau Meri tidak pernah memasak nasi dengan rice cooker.

Ceritanya, mamak dan bibi Miko yang selama ini memasak di rumah harus menginap di rumah sakit. Kakek Miko menderita anemia yang membuatnya dirawat. Walhasil, hanya tinggal Miko, suami dan abangnya di rumah. Karena sedang berpuasa dan di RS tidak menyediakan nasi untuk makan sahur, maka mamak meminta Miko untuk memasak.

Awalnya Miko beranggapan kalau memasak nasi dengan rice cooker itu mudah. Tapi setelah ia memasukkan sejumlah beras ke dalam wadah dan mencuci sampai bersih, Miko bingung berapa jumlah air yang harus ditambahkan. Biasanya, kalau lupa resep, Miko selalu browsing di internet. Tapi ini… masa harus browsing juga. Miko betul-betul kalap. Selama ini dia memang tidak pernah memasak nasi dengan rice cooker. Mamak atau bibi lah yang bertugas memasak nasi.

Melihat Miko kebingungan, suaminya pun merasa kasihan. Karena pernah menjadi anak kost, suami Miko tahu persis bagaimana cara memasak nasi dengan rice cooker. Ia pun mengajari istrinya bagaimana memasak nasi dan air yang harus ditambahkan.

Setelah kejadian sahur itu Miko betul-betul mendapat pelajaran berharga. Tidak selamanya ia bisa mengandalkan Google untuk mencari tahu resep apa yang ia butuhkan. Apalagi untuk hal memasak nasi dengan rice cooker, caranya harus ada di luar kepala.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: