Kuliner,  Traveling

 Kreasi Bakmi Mewah dengan Bumbu Mi Aceh

“Hujan-hujan gini enaknya makan bakmi,” ucap Bang Tunis, suamiku, “tapi malas kali keluar rumah. Adek buatin lah.”

“Yaya mau mi juga, Ma.” Naqiya putriku yang saat itu sedang bermain dengan ayahnya ikut meminta hal yang serupa.

Memang, akhir-akhir ini Aceh Barat Daya, tempat tinggal kami sering turun hujan terutama sore sampai malam hari. Hujan dan cuaca yang dingin sering kali membuat perut lapar. Seperti sore itu, suami dan putri semata wayangku yang berumur 2 tahun kompak minta dibuatkan mi.

“Hmm… mau pesan mi apa. Mi rebus, goreng, tumis?” Tanyaku bak koki profesional saja. Padahal kemampuan memasakku pas-pasan.

“Ayah mi tumis tapi agak pedas.” 

“Yaya mi pake kuah,” Naqiya ikut-ikutan.

“Baiklah. Chef Liza akan membuatkan mi sesuai dengan pesanan.”

“Enggak pake lama, ya!” pesan Bang Tunis.

Langsung saja saya mengobrak-abrik lemari dapur dan melihat persediaan mi. Alhamdulillah masih ada 2 bakmi  mewah dan ada bumbu mi Aceh serta sisa kaldu ayam di dalam kulkas.

Sesuai dengan pesanan Naqiya yang menginginkan mi pakai kuah, maka saya pun mulai menyiapkan permintaan sang putri. Karena cara memasak Bakmi Mewah sangat mudah, yaitu cukup merebusnya ke dalam air mendidih selama 2,5 – 3 menit. Untuk kuahnya saya menggunakan kaldu ayam dengan menambahkan air serta garam secukupnya.

Sedangkan untuk Bang Tunis, karena pesanan beliau mi yang agak pedas, maka saya pun menyiasatinya dengan mengolah Bakmi Mewah dengan menambahkan bumbu Mi Aceh ke dalamnya.

Tada… inilah kreasi Bakmi Mewa ala emak Liza.

bakmi mewah
Bakmi Mewah berkuah dan tidak pedas untuk Naqiya
bakmi mewah
Bakmi Mewah tumis dengan bumbu Mi Aceh untuk Bang Tunis

Nah, seperti yang saya sudah utarakan bahwa membuat Bakmi Mewah yang disiram kuah kaldu ayam sangat mudah dan cepat. Mau tau bahan-bahannya apa saja? Yuk lanjutkan membacanya.

Bahan-bahannya adalah:

  • Satu bungkus Bakmi Mewah
  • Kaldu ayam
  • Air untuk merebus mi dan untuk dicampurkan dengan kaldu ayam 500cc

    Cara memasak:

    • Didihkan air dan rebus Bakmi Mewah selama 3 menit dan tiriskan dan masukkan ke dalam wadah
    • Didihkan air dan kaldu ayam
    • Siram kaldu ayam tersebut ke dalam Bakmi Mewah
    • Tambahkan minyak, daun bawang, daun seledri, dan ayam serta jamur yang ada dalam kemasan Bakmi Mewah
    • Karena Naqiya enggak suka pedas, jadi saos cabenya sayaa skip.
    • Selesai
    Bakmi Mewah
    Bakmi mewah yang telah direbus
    Bakmi Mewah
    Bakmi Mewah yang telah disiram dengan kuah kaldu ayam

    Kalau untuk ayah Tunis, saya mengkreasikan Bakmi Mewah dengan bumbu Mi Aceh.

    Bahan-bahannya adalah:

    • Satu bungkus Bakmi Mewah
    • Air untuk merebus mi
    • Bumbu Mi Aceh secukupnya tergantung selera. Saya menggunakan 2 sendok makan (kebetulan saya membeli yang siap saji. Kalau teman-teman mau meraciknya sendiri bumbunya terdiri dari cabai dan aneka rempah. Rincinya sebagai berikut: cabai kering giling, cabai merah, kemiri, jinten, ketumbar, kapulaga, bawang merah, dan bawang putih)
    • 1 siung bang merah dan 1 siung bawang putih, rajang 
    • Satu lembar daun bawang
    • 1/2 tomat, potong kasar
    • Kembang kol secukupnya
    • 1/2 sendok teh garam
    • Kecap asin secukupnya
    • Satu sendok makan minyak goreng
    Bakmi Mewah
    Bahan-bahan Bakmi Mewah dengan bumbu mie Aceh

    Cara memasak:

    • Rebus Bakmi Mewah ke dalam air mendidih lalu tiriskan
    • Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum.
    • Tambahkan tomat, kembang kol, daun bawang, dan bumbu mi Aceh aduk sampai bumbunya masak
    • Tambahkan 50cc air 
    • Setelah mendidih tambahkan Bakmi Mewah yang telah ditiriskan tadi
    • Masukkan garam dan kecap asin secukupnya
    • Tambahkan minyak, daun seledri dari Bakmi Mewah
    • Aduk sampai semua bahan tercampur rata
    • Hidangkan dengan campuran ayam dan jamur Bakmi Mewah
    • Selesai

    Waktu memasak lebih kurang 5 menit.

    Bakmi Mewah
    Bakmi mewah bumbu mi aceh olahan emak Liza

    Lalu bagaimana komentar Bang Tunis dan Naqiya?

    “Bakmi Mewah ini lebih kenyal ya dari mi biasa? Terus enggak gampang putus. Ayam dan jamurnya juga enak. Kayak ayam di bakmi restoran gitu. Satu lagi, enggak bikin haus setelah makan. Kok bisa, ya?” komentar bang Tunis.

    “Iya dong, itu karena Bakmi Mewah ini enggak pakai MSG. Jadi enggak bikin haus.” Jelas saya.

    Bakmi mewah
    Biar kekinian, saya ikutan mengupload hasil kreasi Bakmi Mewah ke instagram

    “Ma, Mama jangan makan banyak-banyak mi Yaya. Dikit aja,” protes Naqiya saat saya ikut serta menyantap Bakmi Mewah pakai kuah untuk putri saya itu

    Bakmi mewah
    Bakmi mewah ini kenyal dan enggak gampanp putus
    Bakmi mewah
    Makan yang lahap ya, Nak

    Naqiya dan Bang Tunis begitu lahap menyantap kreasi Bakmi Mewah buatan saya. Tentunya sebagai ibu dengan kemampuan memasak yang pas-pasan ini senang banget kalau bisa membuat bakmi ala resto secepat kilat dengan bantuan Bakmi Mewah.[]

    Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

    32 Comments

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    %d bloggers like this: