Kesehatan

Cara Supaya Cepat Tertidur: Ini Beberapa Tipsnya

Punya masalah susah tidur? Saya tidak, karena saya biasa dipanggil suami putri tidur, begitu liat bantal langsung tertidur. Sedangkan suami termasuk kategori orang yang susah tidur, dan ini ternyata tidak jauh dari kebiasaan-kebiasaan yang kadang kita pikir biasa saja, tapi berakibat pada susahnya untuk bisa tertidur. Nah, kali ini saya mau share resep agar bisa cepat tertidur berdasarkan beberapai literatur ilmiah, dan pengalaman suami tentunya.

1. Matikan hape atau perangkat elektronik lainnya

Nah, ini dia penyebab kenapa orang bisa melek semalaman. Video game, internet atau apapun yang bikin kita penasaran ternyata bertanggung jawab membuat kita susah tidur, begitulah fakta dari beberapa penelitian tentang gangguan tidur. Orang yang main game lebih dari tujuh jam seminggu terbukti punya masalah untuk tidur. Jadi kalau sudah mau tidur, lupakan semua tentang game, chatting, sms-an atau ping BBM, buat semua perangkat ini silence, kemudian jangan pegang hape setidaknya 30 menit sebelum tidur, dan kalau sudah tidur, buat semua perangkat ini jauh dari jangkauan kamu, biar gak gampang ngambil tentunya.

2. Mandi air hangat

Kalau di rumah kamu showernya di lengkapi air hangat, baiknya kamu mandi dengan air hangat ini, suhu yang dianjurkan adalah sekitar 38 celsius, kalau kepanasan ya jadi bakal susah tidur ntar malah. Suhu 38 ini katanya bisa membuat kita lebih rileks, santai dan sebagianya. Oh ya, setelah mandi, kalau kamu keramas, pastikan rambut kamu dikeringkan hingga benar-benar kering, rambut basah malah bikin kamu susah tidur kan.

3. Biarkan ruangan tetap dingin

Nah, setelah mandi air hangat, sekarang saatnya tidur, dan kalau di rumah kamu punya AC, coba setel ruangan kami menjadi, dingin, tapi jangan terlalu dingin, karena ya malah jadi gak nyaman kan? Kalau habis panas ketemu dingin, biasanya bikin ngantuk kan?

4. Buat ruangan jadi gelap

Kalau kamu bisa tidur ti tempat gelap, maka baiknya matikan lampu, tinggalin lampu tidur saja. Kalau lampunya gak dimatiin, alias terang benderang, ya bisa bikin mata melek terus bukan?

5. Pakai pakaian yang longgar

Jangan tidur pakai jeans. Kenapa saya tulis gini, karena suami saya kadang suka malas ganti celana dan langsung tidur pakai jeans, jadinya ntar ngeluh susah tidur. Ya iyalah, bergerak saja susah, gimana mau tidur nyaman. Baiknya kami pakai baju tidur, kalau tidak ada ya pakai sarung saja, kayak pemuda di kampung gitu. Buat cewek, gak pakai BH juga bisa bikin tidur lebih enak.

6. Minum minuman hangat.

Minum minumnan hangat sebelum tidur juga bisa membuat kamu lebih rileks. Kalau ada sih baiknya susu hangat, kalau tidak ada, ya air putih juga boleh. Kehausan saat mau tidur juga bisa bikin susah tidur kan?

7. Hindari minum kopi, teh, energi drink atau minuman apapun yang mengandung kafein.

Oh ya, ini penting buat kamu yang sensitif, minum teh dikit saja sudah susah tidur, konon lagi minum kopi. Kalau kami biasa minum kopi, baiknya paling telat kamu minum jam 6 sore, jadi dari saat kamu minum hingga menjelang tidur, kopinya sudah sebagian dikeluarkan dari tubuh kami dan jadinya gak masalah untuk tidur. Tapi ada juga yang gak masalah, mau minum kopi atau tidak, tetap aja bisa tidur, nah, ini kan tidak termasuk orang yang susah tidur kan?

8. Olah raga di siang hari

Salah satu hal yang bikin kita susah tidur adalah gaya hidup sedentary, itu tuh, gaya hidup malas-malasan, gak banyak bergerak, tidak beraktivitas dan banyak makan. Dengan berolah raga di sore hari, kita akan merasa kelelahan di malam hari, jadinya juga bisa membatu untuk cepat tidur.

9. Tidur dengan jadwal teratur

Nah, yang terakhir ini lebih ke gaya hidup. Kalau kamu sudah bisa mengikuti tips-tips diatas, saatnya kamu mulai mengatur jadwal tidur secara teratur. Kalau bisa tidur jam 9.30, maka usahakan agar setiap malam kamu tidur jam segitu, begitu juga bangun, kalau biasa jam 5, udahakan tetap bangun jam 5 pagi, walau perasaan masih kantuk. Yang perlu di pastikan adalah kita butuh tidur sekitar tujuh hingga delapan jam sehari. Ada memang orang yang hanya butuh sekitar 6 jam, kalau itu fine buat dia, ya fine lah, tapi kalau lebih dari 9 jam, itu malas namanya, eh itu tuti namanya.

Selamat tidur dan jangan lupa baca doa ya!

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

One Comment

  • Azhar Ilyas

    Best advice. Dan yang penting kudu dijalanin poin-poin di atas ya… Buat penulis mesti pandai-pandai jaga kesehatan … Sangat bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: