Advertorial

Antara Gita Wirjawan dan Winnie The Pooh

Gita Wrijawan dan Winnie The Pooh (dok. ayogitabisa.com)

“You’re bigger than what you think you are”. Tahukah teman-teman siapakah yang mengucapkan kalimat sakti yang kini kerap dijadikan quote motivasi oleh banyak orang? Yup, benar sekali. Kalimat itu diucapkan oleh Winnie The Pooh, sosok kartun beruang yang suka menghisap madu karya A.A. Milne. Dari kecil sampai sekarang, saya sangat suka menonton kartun beruang berwarna kuning dan imut ini. Apalagi saat melihat Winnie The Pooh bersama kawan-kawannya yang super lucu, seperti Tiger, Eeyore, Kanga, Roo dan Piglet. Waah… Rasanya ingin kembali ke masa kecil dulu.

Terus apa hubungannya kartun Pooh Bear ini dengan Gita Wirjawan?

Siapa sih yang tidak mengenal sosok Menteri Perdagangan Republik Indonesia ini? Apalagi belakangan sosok yang memiliki slogan Berani Lebih Baik ini kian sering muncul di layar kaca. Jujur, saya sendiri baru mengenal pria kelahiran Jakarta, 21 September 1965 ini saat beliau diwawancarai tentang tingginya konsumsi beras pada rakyat Indonesia di sebuah televise swasta. Beliau menganjurkan masyarakat untuk mengurangi konsumsi beras guna diversifikasi pangan. Hal ini disebabkan karena permintaan beras di Indonesia terus melonjak, dan tidak dibarengi oleh produksi beras yang mencukupi. Saat itu (September 2012), Gita membeberkan bahwa dirinya sudah mulai mengurangi konsumsi nasi dan berat badannya turun 10kg. Aha! Saya bagaikan tersindir mentah-mentah mendengar paparan Pak Menteri yang juga Ketua PBSI itu. Pasalnya, bagi saya bukan makan namanya kalau belum makan nasi. Walaupun udah makan beragam makanan lain, kalau si nasi yang banyak karbohidrat itu belum masuk ke lambung, tetap saja masih lapar. Walhasil, saya selalu menghidari timbangan dan menutup mata saat menghitung Body Mass Index (BMI).

Seiring berjalannya waktu, Gita yang pernah menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Asing (BKPM) semakin menarik perhatian saya. Situs www.gitawirjawan.com menjadi acuan bagi saya untuk mengenal salah satu menteri termuda dalam jajaran Kebinet Indonesia Bersatu itu. Dan yang paling menarik bagi saya adalah ternyata salah satu kalimat motivasi dari beruang kuning yang bernama Winnie, menjadi penyemangat Gita Wirjawan di saat kesulitan menerpa. “You’re bigger than what you think you are”.

Ucapan Winnie tersebut bagaikan oase bagi Gita saat harus berjuang bertahan hidup saat beliau kuliah di negeri Paman Sam dengan cara yang halal. Seperti yang dilansir dari ayogitabisa.com, orang tuanya hanya membekalinya USD 5.000, tapi dia harus membayar biaya hingga USD 20.000. Ia pun bekerja serabutan. Dari pembersih toilet, pembantu rumah tangga, penjaga kafe sampai berdagang kulit Kobra pernah dilakoni pria 48 tahun yang kemudian pulang ke tanah air membawa tiga gelar sarjana ekonomi.

Saya kira, tidak hanya Gita yang bisa membuktikan bahwa ungkapan Pooh Bear benar adanya, tetapi kita semua pun bisa demikian. Dengan tekun berusaha dan berdoa serta memanfaatkan kesempatan yang ada, Insyaallah kita pasti akan mendapatkan apa yang kita impikan. Karena kita semua lebih berani, lebih kuat, dan lebih cerdas dari yang kita kira.

Tulisan ini disponsori oleh PIC Social Activation for Gita

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

One Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: