Kesehatan

TB dapat Disembuhkan dan Obat TB Gratis

Tahukah teman, meski sekarang kita hidup di era modern, stigma terhadap penderita tuberkulosis (TB) masih kerap kita temukan. Tidak sedikit orang yang menganggap kalau penyakit TB adalah penyakit kutukan sehingga penderitanya harus dijauhi atau diasingkan. Tidak jarang, pengucilan terhadap penderita TB kerap kita dapatkan, bahkan di kalangan orang-orang berpendidikan.

ngga mau temenanTeman saya pernah bercerita kalau ia sempat tidak diterima oleh salah satu organisasi di kampusnya karena ketika ditanya penyakit apa yang sedang ia derita, dengan jujur ia mengatakan kalau ia menderita TB paru. Teman-temannya juga menghindar karena takut tertular. Padahal, ia selalu mengenakan masker dan tidak lupa menelan obat anti TB (OAT).

Stigma terhadap penderita TB sedikit banyaknya akan berpengaruh pada psikologis mereka. Teman saya pernah ingin menyembunyikan saja penyakitnya dan enggan berobat. Pun demikian dengan orang-orang lain yang mendapat perlakuan serupa. Padahal TB dapat disembuhkan asalkan penderitanya mau berobat selama 6 bulan sampai terbukti tidak ada lagi kuman TB di paru-parunya.

Masalah kembali timbul ketika penderita TB ingin berobat. Asumsi masyarakat akan mahalnya biaya pengobatan membuat mereka terutama dari kalangan menengah ke bawah harus berpikir berkali-kali. Ditambah lagi dengan pengobatannya lama, yaitu 6 bulan. Dari mana biaya bisa mereka dapatkan sedangkan untuk sehari-hari saja mereka kesusahan? Kalau pun memiliki sejumlah dana, pasti biaya berobat selama 6 bulan itu akan menguras habis harta mereka.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Obat TB Gratis

Ternyata, asumsi yang selama ini berkembang salah total. Penyakit TB dapat disembuhkan dan biaya berobat TB  gratis.

Yuk Berobat TB! Obat TB Gratis

Jika teman-teman menemukan penderita TB yang ditandai dengan gejala seperti berikut ini :

Gejala TB

Segera ajak mereka ke Puskesmas atau RS Pemerintah untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

INGAT! Semua biaya pengobatan TB gratis baik di Puskesmas, RS Pemerintah, dan Klinik Swasta yang bekerjasama dengan Pemerintah untuk pemberantasan TB. Pemerintah kita menanggung penuh biaya pengobatan TB. Jadi tidak ada alasan untuk tidak berobat TB.

Biasanya, kalau berobat di Puskesmas, pasien harus mendaftar dulu di tempat pembuatan kartu. Jika tidak memiliki kartu jaminan kesehatan (JKN), petugas akan meminta fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan KTP sebagai bukti administrasi.

Setelah pendaftaran selesai, pasien akan diperiksa oleh dokter umum. Dokter akan melakukan wawancara (anamnesis) tentang perjalanan penyakit pasien dan melakukan pemeriksaan fisik. Jika dari anamnesis dan pemeriksaan fisik tersebut mengarah ke TB, dokter akan meminta pasien untuk melakukan pemeriksaan dahak di laboratorium yang juga terdapat di Puskesmas. Pemeriksaan dahak secara mikroskopis merupakan gold standard yang diakui WHO untuk menegakkan diagnosis TB. Di laboratorium, petugas akan memeriksa dahak pasien sebanyak 3 kali yaitu sewaktu, pagi, dan sewaktu (SPS). Pasien dikatakan positif TB paru jika sekurang-kurangnya 2 dari 3 spesimen dahak menunjukkan hasil BTA positif.

TB dapat Diobati

Penyakit TB bukanlah kutukan. TB dapat diobati dan penderitanya harus berobat. Jika pasien minum obat sesuai dengan yang diresepkan dokter, InsyaAllah penyakitnya bisa sembuh dan tidak menular ke orang lain. Ketika penderita TB mau berobat, itu artinya ia juga melindungi keluarga dan orang terdekatnya dari penularan penyakit ini.

Nah, pengobatan penderita TB dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap awal (inisiatif) dan tahap lanjutan.

sumber gambar FDC : deniadistiani
sumber gambar FDC : @deniadistiani

Tahap Awal

1. Pasien harus minum obat anti TB (OAT) setiap hari selama dua bulan. Jenis obat yang harus diminum adalah rifampisin, isoniazid, pirazinamid, dan ethambutol. Kini untuk memudahkan pasien, Departemen Kesehatan telah menyediakan obat dalam bentuk fix dose combination (FDC) atau yang dikenal dengan obat kombinasi. Jadi, hanya perlu minum satu tablet yang mengandung 4 jenis obat tersebut setiap harinya.

2. Kondisi pasien yang sebelumnya menular menjadi tidak menular dalam kurun waktu 2 minggu.

3. Dilakukan pemeriksaan dahak ulang setelah 2 bulan pengobatan dan sebagian besar pasien BTAnya menjadi negatif.

Sumber gambar FDC : @deniadistiani
Sumber gambar FDC : @deniadistiani

Tahap Lanjutan

1. Pasien mendapat jenis obat lebih sedikit yaitu rifampisin dan isoniazid, namun harus diminum dalam jangka waktu 4 bulan. Untuk obat ini juga tersedia dalam bentuk FDC.

2. Pasien tetap harus minum obat pada tahap ini untuk membunuh kuman yang masih bertahan dan mencegah terjadinya kekambuhan.

Kenapa harus berobat selama 6 bulan?

Pengobatan terhadap TB memerlukan waktu yang lama karena Mycobacterium tuberculosis sifatnya sangat kuat. Dibutuhkan waktu 6 bulan untuk membasmi semua bakteri TB. Mungkin pasien akan merasaka “baikan” setelah beberapa minggu perawatan. Namun, be aware! Bakteri TB masih ada di tubuh penderita. Oleh karena itu, orang yang didiagnosis TB harus minum obat selama 6 bulan meskipun gejala khas TB sudah tidak dikeluhkan lagi.

Jika pasien tidak minum OAT secara teratur, hal ini justru dapat membahayakan jiwa. Bakteri TB akan berkembang semakin banyak dan penyakit pasien akan semakin parah. Tak jarang, akibat ketidakdisiplinan minum obat, bakteri TB menjadi resisten terhadap pengobatan sebelumnya atau yang dikenal dengan multidrug resistant TB (MDR TB). Ketika bakterinya resisten, penderita TB akan menularkan kembali penyakitnya untuk keluarga yang tinggal serumah, teman dekat, atau siapa saja yang menghabiskan waktu dengannya.

Jadi, agar penyakit TB sembuh, minumlah OAT sesuai dengan saran dokter atau perawat.

Tips agar tidak lupa minum OAT

  • Pasien bisa berpartisipasi dalam program directly observed treatment short-course (DOTS) yang ada di Puskesmas. Jadi, setiap kali minum obat, pasien akan diawasi oleh petugas khusus (PMO).
  • Minum obat diwaktu yang sama setiap hari, misalnya setelah makan pagi.
  • Minta tolong anggota keluarga lainnya untuk mengingatkan pasien minum obat.
  • Catat setiap hari di kalender berapa lama pasien sudah minum obat.
  • Letakkan obat di tempat yang aman dan mudah dijangkau. Hindari dari jangkauan anak-anak.

Kuman TB ditularkan lewat percikan dahak yang disebarkan lewat udara. Agar kuman TB tidak menular ke orang lain, pasien TB hendaknya :

  • Minum obat secara teratur
  • Tutup mulut setiap kali batuk atau bersin
  • Buang tissue yang ditelah digunakan ke dalam tong sampah
  • Jangan membuang dahak sembarangan
  • Makan yang teratur dan tidur yang cukup
  • Stop merokok
  • Tetap lanjutkan aktivitas sehari-hari sesuai dengan kemampuan dan gunakan masker.

Penyakit TB dapat disembuhkan dan biaya pengobatannya juga gratis asalkan penderita TB mau minum obat secara teratur dan mematuhi nasihat dokter atau petugas kesehatan lainnya. Ketika seseorang sembuh dari TB, kesembuhan itu tidak hanya miliknya sendiri tetapi juga milik orang-orang di sekitarnya.[]

Referensi tulisan

1. www.tbindonesia.or.id

2. www.stoptbindonesia.org

3.www.globaltb.njms.rutgers.edu/tbfaq-tbdisease.htm

4. www.depkes.go.id

 Baca Juga: Cara Mengenali Gejala Gangguan Jiwa

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

97 Comments

  • niaharyanto

    Semoga dengan gratisnya obat TB ini bisa mengurangi kasus TB, ya Mak. Dan semua pasien, hingga ke pelosok-pelosok terpencil pun bisa disembuhkan…

  • rico

    Mbak sy 2 bln kurang seminggu udah dikasih obat tahap 2 sm dokter,trus diminumnya seminggu 2x,apa gpp tuh blm 2 bln pas?trus berapa hari jarak minum obt tb tahap 1 ke tahap 2 ?selang 2 hari apa bole langsung diminum bsknya?

  • Anisa Amalia

    mba saya mau tanya jika penderita tb sudah memasuki tahap akhir minum obat oat yg berwarna merah (sudah dua bulan). tapi di hari terakhir satu obat merah itu engga keminum. itu bagaimana ya mba ??

  • binar dracos

    Dok,jika dosis obat tb tahap awal-nya kurang dosis selama tiga hari apakah harus mengulang dr awal pengobatannya?dan apakah bisa memicu resistensi?

    • binar dracos

      Dok,saya mau tanya
      Kronologi :
      Awalny bulan november saya diresepkan obat tb awal dg jenis obt rifampicin,ethambufol,pirazinamid,isonlasid scra terpisah ( bukan dalam satu kapsul yg sperti d gambar dokter d atas )
      Kemudian bulan desember Saya diresepkan obat FDC awal,tetapi diganti dengan satu kapsul yg persis sperti gambar di atas,dengan dosis sekali minum 4butir.
      Permasalahan :
      Pada saat awal pergantian ke satu kapsul,saya salah mengerti,selama tiga hari saya hanya meminum satu butir saja bukan empat kapsul,*bisa dikatakan kurang dosisnya
      Yg saya ingin tanya
      apakah itu bisa memicu resistensi?
      Apakah saya harus mengulang dr awal pengobatanny jika kurang dosis selama tiga hari * terimakasih dok*

  • agus hariyanto

    mbak sya mau tanya kakak ipar sya terkena TB dia telah menjalani perawatan selama 2 bln di pukesmas minu obat secara teratur ikut saran dokter.setalah 2 bln hasil dari laboratorium hasil nya negatif. setalah ber alih ketahab obat selanjut nya dia mualai batuk lagi dn berkahak dan tualng belakang nya selalu sakit. tlg minta saran nya mbak trimaksh

    • Liza Fathia

      Sebaiknya mas agus konsultasikan lagi ke dokter agar bisa diperiksa dahaknya dan dicari tahu penyebab batuk dan sakit tulang belakangnya

  • Suharmono

    Selamat pagi….
    Saya mau tanya kalaw obat it ternyata dirumah sakit umum daerah(RSUD)ternyata tidak gratis it bgi mn?apa yg harus qt lakukan?

  • nelda rahayu

    Dokter aku mau tanya, aku pernah mau masuk kerja disuatu rumah sakit swasta tahap interview dan psikotes aku lolos tp setelah mcu aku dinyatakan positive tbc, aku test kesehatan nya radiologi,test urin,test darah,dan test jantung. Tp aku dpt informasi kalau positive tbc itu hanya melalui tlp dan sms,tidak diberi hasil karna kalau menebus hasil bisa sampai 1 jt.. Apa aku bisa memeriksa ke puskesmas terdekat, karna ayah ku jg pernah menderita tbc, apa ini menular dr ayah ku ?Terima kasih dokter.

    • Liza-fathia.com

      Hai mbak nelda, bisa kok mbak. Langsung saja ke puskesmas di tempat tinggal mbak dan jelaskan kronologisnya ke dokter. Semoga membantu ya mbak

  • Kimosabe

    Instruksi mba admin, nanya dong 🙂 need info nih dan mudah2an cpet dbls 😀

    Sy sedang berobat tb, tahap awal yaitu 1 bulan pertama sy berobat di kampung, bulan ke2 sy bawa stok obat u/ 1 bulan ke jkt. Yg ingin sy tanyakan, bisakah sy berobatnya dilanjut di daerah lain (jkt)? Krna tuntutan kerja sy ga mungkin setiap habis obat, sy harus pulang kampung. Jkt-ciamis lumayan waktunya 😀 terimakasih

  • Liza Fathia

    Mas kimosabe sudah daftar bpjs belum? Kalau sudah menjadi peserta bpjs, mas bisa ke kantor bpjs di jakarta untuk mengganti faskes tingkat pertama di jakarta saja (puskesmas yang dekat dengan kantor). Jelaskan saja semuanya. Jadi nanti bisa mengambil obat di puskesmas dekat dg kantor

    • Kimosabe

      Maturswun infonya, sy blm ada bpjs, adanya jamkesmas jaman dulu 😀

      Td sy sempet ke puskesmas sblm jum’atan, katanya ga bisa diterusin. Cuma bisa berobat di jkt, tp harus dr nol lg, jd yg 2 bulan kmren hangus, gitu kata dokternya 🙁 sia2 dua bulan minum obat :'( ngulang lg.. Mksd hati biar ga repot bolak balik ke kampung, tp yasudah lah.. Terimakasih infonya dok

  • Etty

    Tetangga saya sudah berobat ke Puskesmas kelurahan terdekat dg membawa kartu Jakarta sehat, dan ditetapkan menderita TBC diminta foto di RS terdekat, tetapi di Pukesmas tetap harus membayar, utk foto juga bayar penuh, karena merasa tidak mampu melanjutkan pengobatan akhirnya berhenti, dan kondisi sekarang lebih parah, bahkan istrinya juga mulai tertular. Bagaimana cara mendapatkan pengobatan TB gratis?

    • Liza Fathia

      Wah kenapa bisa seperti itu ya mbak? Seharusnya pemegang kartu jakarta sehat mendpaatkan pelayanan yang gratis. Baik di rs atau di puskesmas. Lagipula obatnya dan prosedur pemeriksaanya juga gratis.mmungkin perlu dikaji lagi mbak kenapa tetangga mbak tsb harus membayar

      • tika

        Mba saya mau Tanya.. Saya dulu..prnah kna radang paru2. Tpi udah dinnyatakan smbuh stlah brobat 8 bln.skrg kmbuh lagi brasa sesak Napas pendek2’dann sakit dada srasa digrogotin .tapi saya tdk prnah kluar darah dan jarng batuk…udah mlakukan rontgent Dan tes lab dahak.tapi basil dahak negatif sdangkan rontgen.paru kedua hilus branjak ke cranial.tidak tampak infiltrat,sinus2 tajam.KP lama aspek tenang TDK tampak kelainan PD jntung..APA sayaa prlu mngulangi lagi Tes dahak ?

        • Liza Fathia

          Sepertinya tidak perlu lagi mbak. Bisa jadi itu sindroma obstruksi pasca TB. Lebih baik mbak konsultasikan langsung ke dokter spesialis paru

          • Nuruddin

            Dokter saya mau tanya nie makanan aa aja sieh yg sebaiknya dihindari oleh penderita tb paru dan makanan apa yg sangat dianjurkan

  • Reny Rezky

    Gini mbak q skrg d hongkong mndrita tb sudh dlm msa pngobatan 2minggu q pngen lnjut berobat di indonesia aj mbak sambil istraht..ap g mslh mbk pngobtanya brhnti kurg lbih 2-3hri krena trpotong perjlanan mbak

    • Liza Fathia

      Apa sama mbak reny ga ada stok obatnya? Saran saya sebaiknya jangab sampai terhenti karena bisa mempengaruhi efektifitas obat

  • ferdy

    mau nanya mbak, aku pasien tb kategori 2, aku sudah selesai pengobatan injek streptomisin selama 2 bulan dan sekarang masih minum obat. selama penyuntikan streptomisin aku mengalami gangguan keseimbangan/vertigo. yg aku mau nanya apakah kesembingan/vertigo saya dapat sembuh?

  • lia

    Gmn kl salah obat…sy udah berobat slam 4bulan 2 minggu dan sy hanya mengkonsumsi yg oat merah sj…kt dokter sy hrs nya udah ganti yg wrn kuning..sy kan gak tau dikasih obat y sy minum ..kl kasus sepeti itu gmn apa hrs diulang dr awal?apa di lanjut kan sisa nya mpe 6 bln apa di itung awal tahap lanjutannya aja..atas perhatiannya sy ucapkan banyak trimakasih

    • mas oelil

      pengalaman saya pribadi, saya mengkonsumsi oat yg merah 4 bulan 3 minggu dan beralih ke obat kuning selama 4 bulan setelah itu hasil lab dari cek dahak dinyatakan negatif. saran saya, lanjutkan sesuai anjuran dokter saja. Makan teratur dan istirahat teratur. semoga lekas sembuh

  • Ragiel Bramasta

    Dok, saya sudah jalani pengobatan TB tahap intensif (awal) 2 minggu.. Dokter saya menganjurkan minum obat sebelum makan… Pertanyaan saya, jarak antara minum obat dan waktu makan berapa ya dok..? saya biasanya 1 jam setelah minum obat… apakah berpengaruh pada efektivitas obat itu sendiri dok… terima kasih.

  • ati puasati

    anak sy Umr.9th dh diagnosa kelenjar paru,3bln tiap 2mgg skli cek up&obat’y yg merah/hr 4tablet sblm mkn!tp skrng dh dignti yg kuning diminum ttp 4tablet/hr sblm mkn pagi!Yg sy tnyakan,Dokter diatas mnjlskn klo obat lanjutn yg kuning diminum 2x sehari slama 4bln trz knp beda dgn penjelasan sy!???Trimakasih sblm’y,mohon dijwb…

    • hilmi gantari

      dok saya tb tp kok hanya di beri rifampicin saja ya..dan benjolan saya malah nambah di lain tempat..benjolan saya di leher mengecil tp ini malah yg sudah hilang tumbuh lg…apakah saya harua ke puskesmas saja atau bgmn karin saya di bidan

    • Liza Fathia

      Kalau bekerja sama dengan bpjs kesehatan, bisa mbak. Tapi biasanya setelah diagnosa tegak, pasien dikembalikan lagi ke puskesmas utk mendapatkan obat paket

  • samsudin

    Dok, saya mo tanya saya penderita TB sudah 2 bulan dan sekarang baru masuk tahap 2 yaitu minum obat yang kuning dan minumnya itu hanya 3 kali seminggu setiap hari senin, rabu dan jumat, mengapa tidak setiap hari? dan tetangga saya pernah menderita Tb tapi tidak samapi 6 bulan sudah dinyatakan sembuh, apa benar penderita TB bisa sembuh kurang dari 6 bulan?

  • Uciha Putra

    Saya lupa 1x minum obat pirazinamidnya,jadi besoknya saya minum obat pirazinamidnya jdi 3x sehari…apakah boleh begitu?

    • Liza Fathia

      Eits, seharusnya yabg tinggal sehari, ga usah lagi mas. Kalau sehari lupa ga masalah. Yang penting jangan sering2

  • nita

    suami saya dalam masa perawatan tb udah berjalan hampir 2 bulan…. hal apa saja yg harus saya perhatikan contohnya dalam hal makanan atau apa aja selain minum obat rutin supaya nanti pas 6 bulan suami saya bener2 sembuh total dok soalnya kan masih banyak orang yg rutin minum obat selama 6 bulan ternyata masa pengobannya diperpanjang ..terimaksih ya dok atas info nya…

    • Liza Fathia

      untuk asupan makanan, berilah makanan yang bergizi, seperti sayuaran, buah-buahan. kalau bisa kurangi makanan yang berminyak, karena minyak bisa merangsang batuk.

  • Aisha

    saya mau tanya, saya sudah 2 bulan minum obat tb yg warna merah
    minum obat mulai tanggal 8 april sampai 9 juni. dan pengambilan obat setiap hari kamis.
    hari kamis tanggal 9 juni ke dokter ternyata di kasih obat tb yg warna kuning katanya sudah 2 bulan jadi obat ganti warna kuning.
    tapi ditanyain obat yang warna merah tinggal berapa kali minum, saya bilang tinggal 1 kali minum ternyata setelah sampai rumah obatnya masih 2kali minum.
    sedangkan sama dokternya sudah dihitungkan karena terakhir minum obat hari jumat tanggal 10 juni sehingga minum obat yg warna kuning mulai hari senin tgl 13juni. jadi kan tinggal sisa 1 kali minum obatnya.
    pertanyaan saya obat yang warna merah yang tinggal 1kali minum tidak apa2 kan tidak diminum???????
    kan sudah minum obat warna merah 2bulan lebih 2hari (8april sampai 10juni)!!!
    tolong penjelasannya.
    terimakasih.

  • Wind

    Mau tanya mba, stelah masa pengobatan 2 bulan sy negatif, tapi stelah itu sy batuk dahak, di kasi obat dokter batuknya hilang tapi sy kena maag, mau tanya apakah sy perlu tes dahak lagi?

  • yeye

    Mba sya mu tnya 3tahun lalu sya kena tb tapi sudah sembuh..smpai skrng kalau kdnginan sya suka batuk2 dan brat badanpun tidak naik2 apa pnyakit sya kambuh lagi ??

    • Liza Fathia

      apakah gejalanya sama seperti waktu tb dulu? (demam, batuk berbulan dan bercampur berdarah, dll?) kalo tidak dan kambuhnya hanya pada udara dingin bisa jadi karena alergi

  • cungkring

    Assalamualaikum bu dokter
    Sy berobat sma dokter (tdk dg bpjs) . dan saya slama 6bulan d kasih obat yg sama selama 6bulan (ga ada tahap 1 atau tahap 2 seperti yg d jelaskan )
    Hasil nya katanya udh bagus .. Tapi masih ada sisa nya sedikit .. “Pertanyaan saya : berarti itu belum sembuh yah ?”

    Lalu sy putuskan untuk melanjutkan 3 bulan lagi berobat (minumnya 2hari sekali)
    Tapi sy lupa bw obat wktu pulang kmpung sehari. seharus nya minum tgal 22 september, mlah dminum tgal 23 september..
    “Pertanyaan sy : sy minum lg tgal 24 atau tgal 25 nya yh ”

    Mohon penjelasann nya yh dok.. Terimaksih

  • Putri

    Dok sy mau tanya mohon dijawab,sy didiagnosa TB oleh dokter,dan sudah minum obat selama 1minggu,namun krn sy td bs menelan obat,dokter menyarankan obat tersebut ditumbuk dan diberi gula atau sirop,sy minum 3jam setelah makan malam,yg sy mw tanyakan apakah tidak apa2 minum obat dengan manisan tsb,krn bila tdk seperti itu sy tdk bs dan akan lebih sangat mual,mohon pencerahannya

      • Putri

        Dok,sy mau tanya lagi,kalau obat tersebut tidak sengaja termuntah ada sekitar 3x saking mualnya,apa hal itu berpengaruh pada penyembuhan saya? Mohon bantuannya,terima kasih

      • Putri

        Dok sy mau bertanya,setelah 3minggu minum oat yg merah fungsi hati sy tinggi dan dokter menyarankan untuk stop oat dan hanya minum ethambutol dan obat utk hati saja,bila seperti itu berapa lama masa pengobatan sy nantinya jadinya? (sy sudah test dahak 2minggu setelah minum oat dan hasilnya negatif) mohon pencerahannya

  • Cris

    Maaf mau tanya saya ada kenalan dia sdh spt adik sendiri, perempuan, usia 24thn. Dia menderita TB kelenjar sdh bbrp thn tp kurang dr sisi ekonomi dan info kesehatan. Dia pernah dvonis dokter Tb kelenjar dr pembengkakan di tengah dada dan kini sampai di ketiak. Saya baca dr google pasien tb kelenjar jg dpt diobat dng OAT ini.

    Pertanyaan saya:
    1. Apakah obat anti tuberkolosis kelenjar jg sama dng yg dkonsumsi tb paru spt teman anda tsb?

    2. Jika iya sama atau tidak, apakah mbak tau apakah sakit tb kelenjar obatnya dberikan gratis oleh pemerintah atau tidak dtanggung?

    Terima kasih

    • Liza Fathia

      Yup, pengobatan tB kelenjar sama dengan tb paru, tetap menggunakan OAT. Jika kenalan mas memiliki kartu KIS/BPJS maka semua biaya pengobatan gratis. Kalau belum punya, sebaiknya langsung daftar setidaknya kls 3 25.500/bulan. Klo memang tdk mampu bisa melapor ke dinsos

  • shohib

    Maaf mau tanyaa, kan obat kapsul merah minumnya 3biji 1 hari, boleh gak minum nya di pisah2 kerna saya ada gangguan di lambung.. trims.

  • BAMZ

    Sya tidak mempunyai BPJS, namun Tetap gratis dalam pengobatan TB di Puskesmas, hanya diminta FC KTP, apakah biaya pengobatannya akan di pungut ketika sy selesai pengobatan?

      • ozy

        Dok dullu saya kenak tbc . Terus uda periksa terus skrg kayak kumat”an lgi seperti awal sakit tbc dullu apa periksa lgsung apa ngk dok soalnya kmarin pas ronsen katanya aq kenak tbc lagi 😔

        • Liza Fathia

          sebaiknya konsultasi lagi ke dokter mas ozy. kalau memang kena tbc lagi berarti harus berobat lagi. semangat ya mas

    • Eka Meilandi Permana

      Saya terkena penyakit TBC dan dokter ngasih surut rujukan untuk nebus obat dipuskesmas. Yang saya tanyakan apa bisa nebus obat nya di puskesmas cikarang.? Sedangkan KTP saya Sumedang. Saya Tidak Punya BPJS. Makasih sebelumnya.

  • dian

    Assalamualaikum dok, suami saya perokok tapi sudah berhenti semenjak 1tahun yang lalu saat dia terkena maag dan typus, maagnya sampe sekarang ga sembuh2 perih mual muntah demam pusing terus, bln k7 stlh awal sakit dirontgen bersih paru2nya tapi 2bln yang lalu dia terkena batuk pas dirontgen adacairan diparu sebelah kirinya, dirawat katanya mau disedot setelah dirawat diksh obat suntik ranitidine dan antibiotik, pasmau disedot harike4 setelah dirawat ternyata kata dokter cairannya sudah mengental, sekarang suami saya berobat jalan diksih obat merah itu dan ranitidine tablet, tapi maagnya ituga sembuh sembuh dok masih sering muntah mual pusing perih demam sariawan,itubagaimana ya dok? Apa obat merah tsb berpengaruh terhadap penyakit lambungnya? Tks mohon dgn sangat untuk dijawab.

  • Zaenab

    Dokter mau tanya suami saya batuk trus tahunan. Udah rondgen 2x hasily ada flek, tb paru aktif. Tp saat tes dahak negatif ( tes dahak sudah dilakukan 2x jarak waktu setahunan). Jd sama dkter specialis paru ga dberikn perawatn apapun. Hanya disuruh rajin ngeluarin dahaky. Qt sebagai pasien bingung harus gmna.. krena batuky jg ga kunjung sembuh.

  • Joe Almanzo

    Permasalahannya birokrasi pihak Puskesmas sendiri sangat mengesalkan dan sangat tidak memudahkan orang untuk berobat, saya pernah menderita TB sebelumnya saya ke dokter rumah sakit dan menggunakan biaya sendiiri, karena pengobatan lama dan harus sering kontrol maka biaya terasa mahal, akhirnya saya dirujuk berobat ke puskesmas katanya gratis, saya datangin puskemas terdekat dari tempat tinggal saya, tapi setelah ditanya alamat saya dimana dan saya sebutkan petugas puskesmas bilang kalo saya tidak bisa berobat disini harus di puskesmas di kelurahan sesuai, padahal puskesmas yang dimaksud lebih jauh dari tempat tinggal saya.. dari situ saya sangat kecewa kenapa pemerintah harus membagi-bagi daerah untuk mendapatkan pelayanan puskesmas? bukankan setiap warga negara berhak mendapatkan pelayanan pemerintah dimana saja yang terdekat? ini sangat tidak adil.

  • @lizafathia

    ba maaf kalo misalnya batuknya baru 5 hari tapi keluar darah sedikit itu jua campur reak dan di penderita tersebut tidak ada gejala seperti kurang nafsu makan demam dll
    klao seperti itu apakah termasuk ciri ciri penyakit tb terima kasih

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: