Advertorial

Mudik Aman dengan Harga Tiket Kereta Api Murah

harga tiket kereta api
sumber foto: kai.id

Setelah berpuasa di tempat perantauan sambil bekerja, sebentar lagi Lebaran yang dinanti akan datang. Tentunya mudik ke kampung halaman menjadi momen yang amat didambakan setelah satu tahun atau bahkan lebih berada di perantauan tanpa ditemani oleh sanak saudara. Kini di Lebaran tahun ini, Anda tentu sangat berharap bisa segera berjumpa dengan keluarga. Harga tiket kereta api  dan rute perjalanan telah tersedia sehingga Anda bisa memesannya sejak saat ini untuk Lebaran nanti.

Mudik bisa dilakukan dengan moda transportasi apapun. Namun jika Anda tidak ingin berdesakan di jalanan dengan mobil pribadi, maka kereta api bisa dijadikan pilihan yang tepat menemani dalam perjalanan mudik Anda. Bahkan PT KAI telah menyediakan harga tiket kereta api murah khusus untuk Lebaran dengan promo mudik. Untuk bisa mendapatkan promo, Anda bisa membeli tiketnya langsung ke stasiun atau lewat online pun juga bisa.

Kepulangan ke kampung halaman tentu sangat Anda nantikan, namun kewaspadaan ketika Anda mudik juga harus diperhatikan. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai perjalanan untuk mudik demi mudik yang selamat:

  1. Siapkan semua barang yang akan Anda bawa dalam perjalanan untuk mudik sejak dua atau tiga hari sebelum keberangkatan sehingga Anda bisa menghindari kelupaan. Jika perlu, buat daftar barang yang ingin dibawa sehingga tidak ada satu pun yang tertinggal. Persiapan seperti ini harus dilakukan sehingga Anda bisa lebih tenang menjelang keberangkatan. Siapkan tiket dan semua dokumen pribadi secara lengkap agar tidak lupa.
  2. Sebelum pergi ke stasiun, pastikan terlebih dulu bahwa semua kondisi rumah atau kontrakan dalam keadaan yang aman. Cek kembali kunci pintu, kompor dan semua peralatan masak, listrik, hingga pompa air apakah sudah mati atau masih menyala. Hal ini akan meminimalisir terjadinya korsleting listrik selama Anda pergi.
  3. Untuk Anda yang memiliki kendaraan pribadi dan di tinggal di rumah, pastikan semuanya telah dikunci dengan aman. Namun jika kurang yakin, Anda bisa membawanya ke stasiun dan menitipkannya pada jasa titip kendaraan sehingga lebih aman.
  4. Jika memungkinkan, bawalah makanan yang bisa Anda santap selama di kereta api sebelum ke stasiun. Jangan lupakan untuk membawa cukup air. Anda juga bisa membeli di restoran kereta, namun umumnya harganya cukup mahal.
  5. Setelah sampai di stasiun, Anda bisa mulai melakukan pengecekan tiket. Jika barang yang Anda bawa cukup banyak, maka bisa meminta tolong kepada jasa porter untuk bisa membawakan barang Anda dengan tarif tertentu yang harus Anda bayar. Segera boarding dengan kartu pengenal dan tiket yang Anda miliki.
  6. Setelah kereta datang, berdiri lah pada garis aman yang umumnya berwarna kuning hitam. Jangan terlalu terburu-buru untuk masuk ke kereta. Lebih baik tunggu kereta hingga berhenti lalu baru masuk ke kereta. Cari nomor tempat duduk dengan tepat yang biasa tertera di badan kereta dan tempati nomor tersebut. Letakkan barang bawaan dekat dengan Anda dan pastikan Anda bisa memperhatikan semua barang bawaan.

Itulah tips aman untuk perjalanan mudik dengan kereta. Harga tiket kereta api yang terjangkau bukan berarti membuat perjalanan dalam kereta tidak nyaman karena kini PT KAI terus memperbaiki diri dan sistemnya sehingga diharapkan bisa memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi semua penumpang. Jangan lupa selalu berdoa agar bisa selamat sampai ke tujuan.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

6 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: