Life Story

Email Saya Terserang Virus

EMAIL BERVIRUS

Assalamualaikum wr wb.

Teman-teman sekalian. Beberapa waktu yang lalu email saya lizafathia@yahoo.com terserang virus. Tanpa sepengetahuan saya, email tersebut mengirimkan pesan ke semua alamat email yang pernah bertransaksi dengan saya. Isi pesannya adalah 

 I shared a file with you using Google drive ENTER HERE to access file.

Mirisnya lagi, karena email saya tersebut memiliki signature otomatis, maka semua pesan yang terkirim itu terdapat signature saya sehingga kesannya email tersebut adalah email formal.

salah satu teman yang menkonfirmasi kalau saya mengirimkan email yang mengandung virus
salah satu teman yang menkonfirmasi kalau saya mengirimkan email yang mengandung virus

Mohon abaikan saja pesan tersebut dan jangan klik link yang tercantum di dalamnya karena itu adalah virus. Jika teman-teman mengklik link tersebut, maka email teman-teman akan bernasib sama seperti saya.

Memangnya saya mengklik virus tersebut? Iya, saya mengklik link yang ada di badan email yang dikirimkan oleh sebuah agency digital. Kronologisnya begini:

Dua hari yang lalu saya mendapatkan email dari salah satu tim digital campaign Happyfr*sh. Pada email tersebut ia menyampaikan bahwa ada proposal kerja sama untuk saya yang ia tautkan lewat google drive. Membaca kata proposal dari sebuah toko sayuran online yang sedang melebarkan sayapnya, saya langsung membayangkan sebuah kerja sama jangka panjang yang ingin mereka ajukan. Tiba-tiba saya merasa eforia dan langsung saya klik link tersebut. File yang ia kirimkan rupanya harus dibuka via dropbox tapi email saya belum terkoneksi ke tempat penyimpanan file online itu. Tanpa berpikir panjang, saya langsung sign up ke dropbox dan berharap file dalam bentuk pdf itu segera terbuka. Hasilnya nihil. Saya lalu membuka google drive karena memang di pengantar emailnya ia mengatakan kalau file tersebut dibagi lewat google drive. Enggak berhasil juga. Akhirnya saya membalas email si kawan itu dan memintanya untuk langsung mengirimkan file tersebut ke email saya.

Keesokan harinya, saya melihat banyaknya notifikasi pesan yang masuk ke email saya. Ternyata itu adalah pemberitahuan kalau email yang saya kirim gagal. Emang saya kirim email apa? Setelah saya cek dan ricek di item sent, ternyata saya mengirimkan email yang serupa dengan si kawan dari Happyfr*-h itu. Dari sekian banyak yang gagal terkirim, banyak pula yang mendapatkan email yang isinya ” I shared a file with you using Google drive ENTER HERE to access file.

Ada beberapa teman yang mengkonfirmasi perihal file yang saya kirim.

“Emangnya Liza kirim file apa?”

Syukurnya mereka belum membukanya. Dan bagi teman-teman yang mendapatkan email tersebut dari saya atau dari pengirim lainnya, tolong abaikan saja ya. Itu adalah virus. Bagi yang sudah terlanjur mengklik, segera ganti password email dan jangan sampai si virus tersebut semakin meraja lela.

Itu saja yang ingin saya sampaikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah saya perbuat. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

2 Comments

  • Idah Ceris

    Sebel juga yaa kalau nyampe nyerang email gini virusnya. . .

    Bebrapa minggu yg lalu twitterku juga kena virus. Ngirim DM ke teman2 gitu. . .

  • mangcara

    Kalau menurut sy si bukan virus mba karena Yahoo kan punya mekanisme sendiri buat deteksi virus

    Sy juga pernah ngalamin dulu, tiba2 yahoo sy kirim email ga jelas ke semua kontak 🙂
    Kalau baca kronologisnya mba klik link ke dropbox tetapi filenya ga ada maka kalau menurut analisa pemula ala saya bisa jadi Link yang diklik itu ada malwarenya, coba cek di web browsernya ada yg aneh ga terutama extension atau addon, apa ada yg terinstall sendiri atau engga.

    Ngatasinnya :
    1. Coba liat kapan & dari perangkat apa aja yahoo diakses, bisa cek di my account
    2. Cek juga akun yahoo nya terhubung ke layanan apa aja, kalau ada yg aneh delete aja
    3. cek kontak, ada kontak yg ga dikenal ga tiba2 muncul

    kesimpulannya menurut sy bukan emailnya kena virus tapi bisa jadi itu akun dibajak atau memberikan otorisasi ke aplikasi lain jadi bisa ngirim email tanpa kita sadari, mirip kaya twitter yang bisa kirim tweet terjadwal atau kadang malah kirim tweet sendiri setelah kita otorisasi ke app tertentu.
    Kalau mau lengkapnya bisa cek di help[dot]yahoo[dot]com/kb/SLN3417.html

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: