xl pass review
Advertorial,  Traveling

Tetap Eksis Saat Traveling ke Luar Negeri dengan XL Pass

xl pass review
Selama ini, salah satu hal yang menurut saya sedikit bikin ribet saat traveling ke luar negeri adalah saat saya harus menggonta-ganti SIMcard dari provider telekomunikasi dalam negeri ke provider negara yang saya tuju. Kalau enggak diganti, ya terpaksa kartu SIM tersebut saya non aktifkan agar tidak enggak roaming dan baru bisa terkoneksi kembali saat ada wi-fi gratis.

Akibatnya? Selama wi-fi tidak ada, bersiap-siaplah putus kontak dengan keluarga, kolega, dan teman-teman di tanah air. Syukur Alhamdulillah kalau semuanya aman terkendali, tapi kalau terjadi sesuatu? Saya baru bisa mengabarinya saat mendapatkan jaringan internet. Selain menjadi unconnected people, saya juga enggak bisa eksis lagi di media sosial. Padahal, sebagai seorang blogger dan (mengaku sebagai) aktivis media sosial, koneksi internet adalah modal utama saya. Walhasil, mau enggak mau, agar tetap terkoneksi dengan keluarga dan bisa tetap eksis di jagad maya saya harus membeli SIMcard dari operator lokal negara tersebut yang harganya cukup mahal jika dirupiahkan. Hahaha (ketahuan pelitnya).

xl pass review
Eits, tapi itu cerita lama. Sekarang saya enggak perlu menggalau lagi kalau sedang bepergian ke luar negeri karena XL Prabayar telah menyediakan layanan terbaru bernama XL Pass. Dengan menggunakan layanan XL Pass luar negeri, saya tetap bisa berinternetan ria selama traveling tanpa harus mengganti SIMCard.

Apa itu XL Pass?

XL Pass adalah salah satu produk XL Easy Roaming yang terdapat pada XL Prabayar yang menjadikan kita tetap bisa eksis berinternetan saat traveling keluar negeri tanpa harus ganti kartu. Jadi, kuota paket HotRod dan XTRA Combo yang masih ada tetap bisa digunakan setelah kita mengaktivasi XL Pass.

Serius? Masa sih produk internet dalam negeri bisa di akses di luar negeri juga? Yup! Saat ini, hanya XL Pass yang membuka akses internet dalam negeri untuk dapat digunakan di luar negeri.

xl pass review
ecek-eceknya candid, padahal foto sendiri waktu di Amsterdam

Penasaran dengan layanan XL Pass ini, beberapa hari yang lalu, ketika suami saya, Bang Tunis melakukan perjalanan ke Jerman, saya merekomendasikan beliau untuk menggunakan layanan XL Pass selama di negara Eropa tersebut. Berikut adalah XL Pass review selama Bang Tunis di sana.

XL Pass Review: Bisa diaktivasi di Indonesia atau setelah berada di luar negeri

Perjalanan saya ke Jerman kali ini bukanlah untuk liburan melainkan untuk menghadiri konferensi yang diselenggarakan oleh kampus tempat saya belajar dulu. Sambil menyelam minum air, pepatah ini cocok sekali dialamatkan ke saya karena sambil menghadiri konferensi tersebut saya juga bisa traveling di negara-negara baru. Seperti perjalanan kali ini, sebelum menuju ke Jerman, saya ingin melanglang buana terlebih dahulu ke Malaysia dan Iran. Pun demikian saat pulang, saya ingin singgah lagi ke Belanda, negara tempat saya menuntut ilmu 7 tahun silam, lalu ke Turki, Thailand, dan kembali ke tanah air.

Tentunya selama perjalanan, saya tetap harus berkomunikasi dengan keluarga, rekan kerja, dan mahasiswa di bawah bimbingan saya. Selain itu, saya juga tidak mau ketinggalan untuk mengupdate informasi terbaru yang ada di dunia maya dan memposting kegiatan saya di media sosial yang saya miliki. Karena enggak mau ribet gonta-ganti SIMCard, saya pun menuruti saran istri untuk menggunakan layanan XL Pass.

Karena lupa mengaktivasi layanan XL Pass selama di Indonesia, akhirnya ketika transit di Bandara KLIA Kuala Lumpur, saya melakukan aktivasi layanan ini di sana.

Cara mengaktifkan layanan XL Pass di Malaysia sangat mudah. Pertama sekali pastikan kalau kamu sudah memiliki paket HotRod (HotRod 24 Jam, HotRod Prima) atau XTRA Combo. Kalau belum, paket ini bisa dibeli lewat menu UMB *123*747# atau melalui aplikasi MyXL.

XL Pass review
Setelah itu aktifkan layanan XL Pass di *123*747# atau melalui aplikasi MyXLXL Pass review

Harga Paket XL Pass sangat Terjangkau

Menurut saya, harga paket XL Pass  sangat terjangkau jika dibandingkan dengan ribetnya mengganti kartu dengan SIMCard lokal dengan harga yang lumayan mahal. Apalagi perjalanan yang saya tempuh kali ini enggak hanya satu atau dua negara tetapi lintas benua. Jadi, layanan XL Pass cukup pas buat saya.
s=xl pass review
Selain itu, paket berlangganan XL Pass juga beragam sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk masa berlaku 3 hari, harganya Rp 150.000, sedangkan untuk 7 hari harganya Rp 200.000. Nah, kalau kita berpergian selama kurang lebih satu bulan, maka harga paketnya pun semakin murah yaitu Rp 350.000 dengan masa aktif selama 30 hari. Kebetulan, lama perjalanan saya kali ini hampir satu bulan dan saya pun memilih paket 30 hari seharga Rp 350.000

XL Pass dapat digunakan di 39 negara termasuk Malaysia dan Jerman

xl pass review
Harry Potter style di Tehran, Iran

Saat boring menunggu pesawat yang memberangkatkan saya ke Iran, saya pun mencoba berkomunikasi dengan keluarga lewat video call dengan menggunakan layanan XL Pass. Kecepatan internetnya jawara karena XL Pass ini langsung menggunakan network operator local. Untuk Malaysia network yang digunakan adalah Celcom dan Digi. Pun demikian saat menonton Youtube, dengan menggunakan paket XTRA Combo dengan Youtube Tanpa Kuota yang saya miliki, saya bisa menonton pertandingan sepakbola di luar negeri semudah di negeri sendiri.

Sayangnya, ketika berada 2 hari di Tehran, Iran, XL Pass ini tidak bisa digunakan karena Iran tidak termasuk ke dalam 39 negara yang menjadi roaming patnernya XL. Semoga saat saya berkunjung lagi ke Iran, XL Pass sudah bisa digunakan di sana.

Setiba di Berlin, XL Pass saya kembali bisa digunakan tanpa harus aktivasi lagi. Jaringan operator langsung berganti menjadi Vodafone, roaming parternya XL di negara ini. Sinyal dan kecepatan internet Vodafone di Jerman memang tidak diragukan lagi. Dulu saat masih kuliah di Berlin, saya juga menggunakan operator selular dengan network Vodafone.

Kalau dulu saya harus mengganti SIMCard baru atau harus mencari wi-fi untuk bisa internetan, sekarang semuanya tidak berlaku lagi. Saya tetap bisa memposting blog, mengupload foto di Instagram, melakukan video call dengan keluarga, mengirim laporan, dan melakukan berbagai hal di dunia maya dengan XL Pass. Komunikasi saya di luar negeri praktis, lancar, dan menyenangkan karena menggunakan layanan ini.

Well, itu dia XL Pass review versi Bang Tunis selama beliau jalan-jalan sambil ikutan konferensi. Kuota internet yang masih tersisa saat kembali ke Indonesia tetap bisa digunakan, lho. [] Liza Fathia

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

94 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: