Advertorial,  Kesehatan

Tidak Hanya Aceh, Banyak Orang Indonesia Memilih Berobat ke Penang. Berikut Alasannya

“Kemana? Ke Penang lagi?, bukannya bulan lalu bari dari sana?” begitu komentar atasan saya ketika kembali minta izin untuk antar orang tua berobat ke Penang. Ya, untuk kesekian lagi saya bertandang ke negeri jiran untuk mengantar orang tua berobat. Harus saya akui, pelayanan teman-teman sejawat dokter di Indonesia tidaklah buruk, tapi ketika harus mengantri lama, dan waktu konsultasi yang sangat singkat karena banyak pasien yang antri, orang tua kami lebih memilih untuk ke Penang saja. Lagian dari segi cost, tidak jauh berbeda dibandingkan ketika konsultasi ke praktik pribadi dokter di Indonesia. Yang jauh berbeda tentu kalau pakai kartu BPJS, yang memang gartis karena udah bayar premi tiap bulannya.

Saya yakin, enggak cuma saya, banyak warga Indonesia yang berobat ke luar negeri terutama Penang, Malaysia. Faktanya, dari data Malaysia Healthcare Travel Council membuktikan bahwa jumlah pasien Indonesia yang berobat di Penang mencapai 500.000 pasien di 2016 dan terus bertambah tiap tahunnya. Sebagian masyarakat khususnya dari Medan, Aceh, Jakarta, dan Surabayacukup banyak yang memilih untuk berobat ke Penang. Dengan jarak tempuh kurang lebih 1-2 jammenuju Penang sangat membantu bagi para pasien untuk berobat.

Umumnya tujuan pasien Indonesia yang berobat ke luar negeri adalah untuk medical check updan mencari second opinion. Bukan rahasia umum jika salah diagnosis bisa berbahaya dalam hal pengobatan. Meskipun vonis terhadap penyakit memang benar namun second opinionjuga kerap dilakukan untuk mendapat alternatif tindakansehingga dapat meminimalisir resiko dan mempercepat proses penyembuhan.

Dokter profesional dan alat medis canggih

Banyak pasien lokal yang merasa puas dengan pelayanan rumah sakit di Penang, baik itu dokternya, perawat, maupun staff rumah sakit, mereka melayani dan memperlakukan semua pasien dengan ramah “tanpa pandang bulu”. Bahkan, kalau memang hasil pemeriksaan pasien bagus atau tidak perlu penanganan khusus maka bisa diperkenankan untuk pulang. Sementara itu, jika dari hasil diagnosa pasien menunjukkan harus dilakukan penanganan yang serius maka akan dirujuk ke dokter yang benar-benar kompeten untuk mengatasi kondisi pasien.

Dokter spesialis di Penang melayani dengan sangat profesional, mereka tidak senang mengerjakan yang bukan bidangnya. Misal, dokter spesialis kanker akan fokus menangani pasien kanker saja, begitu juga untuk dokter spesialis jantung, syaraf, dan lain sebagainya sehingga hal tersebut dapat meminimalisir resiko diagnosis yang tidak tepat. Alat medis yang digunakan dokter untuk melakukan diagnosa maupun membantu perawatan pasien juga sangat modern dan canggih sehingga hasil medis yang diperoleh juga memuaskan. Satu hal lagi yang saya salut dari dokter disana adalah mereka tidak segan-segan untuk merefer kita ke dokter lain jika memang dirasa diperlukan, tidak hanya ditangani sendiri saja. Jadinya kalaupun harus membayar lebih untuk konsultasi tersebut, kita cukup puas dengan hasilnya, karena memang diagnosanya seharusnya lebih tepat.

Biaya pengobatan kompetitif

Perlu diketahui bahwa, biaya pengobatan di Penang tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Dengan pelayanan kesehatannya yang profesional, rumah sakit top di Penang seperti Island Hospital, Gleneagles Penang, Loh Guan Lye, Pantai Hospital Penang, dan Mount Miriam Center Hospital, termasuk rumah sakit yang terbilang terjangkau, bahkan hampir sama dengan biaya berobat di Indonesia. Contoh untuk check up lengkap biayanya sekitar 2-3 juta rupiah, sedangkan biaya untuk konsultasi dokter spesialis antara 600ribu hingga 1 juta rupiah.

Bagaimana dengan kendala komunikasi dengan dokter di sana? Jangan khawatir karena selain mahir menggunakan bahasa Inggris atau mandarin,hampir semua dokterdi Penangjuga mahir berbahasa Melayu atau bahasaIndonesia.

Punya rencana berobat ke Penang? Sebelum berangkat, sebaiknya hubungi kantor perwakilan rumah sakit di Penang seperti berobatkepenang.comuntuk meminta rekomendasi dokter spesialis, cek jadwal dokternya (pastikan dokternya tidak sedang cuti atau ada jadwal operasi di tanggal Anda mau bertemu), kemudian buat janji ketemu.

Semua layanan ini gratis, tis! Sebab berbobatkepenang.com adalah perwakilan resmi dari rumah sakit di Penang.

Bahkan Anda bisa minta perkiraan biaya berobat (terutama jika punya rencana operasi di Penang) dan minta jemputan dari bandara Penang ke rumah sakit, lumayan bisa hemat ongkos 🙂

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

14 Comments

  • Dian Hendrianto

    Akhir-akhir ini banyak yang ngomongin berobat ke Penang, kayanya di sana lebih bagus ya, atau pelayanannya yang lebih baik. bener emang, sebagus apapun RS atau apapaun, tetep aja kalo pelayanannya buruk mah orang-orang pada males datang. hehe

  • dwi sari

    tau tentang berobat ke Penang ini waktu ngikutin cerita IVFnya seleb blog Alodita, yang memang terlihat nyaman sekali. Bahkan dokternya sampai datang menjenguk Alodita sewaktu lahiran, care sekali ya. Berasa berobat di negara sendiri kalau kita mendapat perlakuan seperti itu.

  • Rindang Yuliani

    Iya, benar juga ya. Banyak orang Indonesia yang berobat ke Penang. Tidak heran kalau ternyata fasilitas dan layanannya sebagus itu. Apalagi sekarang ada berobatkepenangdotcom, pasti lebih memudahkan.

  • dokterforamen

    Beberapa tahun yang lalu, waktu masih kuliah S1, Kakekku pernah terdiagnosis BPH sih dan memang sempat ada rencana untuk meminta second opinion ke Penang. Aku sendiri juga bingung kenapa ga percaya aja sama dokter di Indonesia gitu. Dan, sempat juga dibicarain sama teman yang satu kelompok koass dari Malaysia, memang sih, selain memang harganya bersaing. Dokter di Malaysia pada umumnya ada gaji pokok yang benar-benar mencukupi untuk mereka dan proses birokrasi memang berjalan lancar di sana. Jadi, pelayanan bisa maksimal. Ga kayak di tempat kita, yang doyan oper ke sana kemari. Sembari berputus asa.

  • Rhoshandhayani KT

    waw, berarti bisa konsultasi dulu ya di websitenya ya. keluhannya apa dan direkomendasikan ke dokter apa. bisa jadi ke dokter umum untuk dianalisa, atau langsung ke dokter spesialis

    ah coba Indonesia kayak gini
    hmm mungkin ada ya, tapi yang swasta

  • Amanda

    Oh memudahkan yaa bisa konsul lewat webnya juga, makasi yaa rekomendasinya. oiya kalo Berobat ke Penang juga bisa sambil refreshing bagi pasien ya mbak. istilahnya berobat sambil jalan jalan siapatahu pasien makin semangat untuk sembuh kaan

  • Tomi Purba (@tomipurba)

    beberapa bulan lalu, saya juga ikut mencari rumah sakit di Penang dan kebukanya situs berobatkepenang, eh ternyata itu resmi ya? pantes lengkap banget informasinya. Sayang, istri teman saya yg mau berobat malah sudah menghadap ke sang pencipta >.<

  • Rinda Gusvita

    Orang2 tenar dr indonesia banyak bgt kan yg berobat kesana? Wajar sih karena kalau nggak nyaman dg fasilitas atau dokternya ya gimana mau tertrigger utk sembuh? Swmoga kita selal udiberi kesehatan ya

  • Nova Violita

    Kalo ingin berobat keluar…negri banyak yang menyarankan kan ke Penang..yg terdekat

    Fasilitas Rumkit disana sangat lengkap…
    Wah sangat membantu kalau dokter bisa bahasa melayu ataupun Indonesia ya…
    Karena orang Indonesia banyak berobat kesana kan..jadi dokter lama2 bisa

    He2

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: