Traveling

Menikmati Kota Bratislava dari Puncak Istana

Look..look…Burge…burge… sebut ibu sambil menunjuk ke bangunan putih diatas gunung. Padahal sejak naik ke dalam kerata dan duduk tepat disamping saya, hanya sekali senyum yang dia berikan. Selanjutnya dia sibuk berbicara dengan kawannya dalam bahasa yang sama sekali tidak saya mengerti, Bahasa Slovakia, dan tak pernah sekalipun mengajak saya untuk berbicara, apa karena sudah tahu kalau saya bukan orang sana? dari warna kulit saya? atau mata saya? hanya dia yang tau!

Bratislava Castle

Kereta yang saya naiki dari Budapest kini mulai berjalan pelan, segera memasuki terminal kota Bratislava. Penumpang yang sedari tadi duduk, kini ghampir semuanya berdiri, mengambil barang bawaan, memakai jaket, dan sebagainya. saya masih memilih untuk duduk, dan baru mengambil barang ketika kereta benar-benar berhenti. Saat itulah, si ibu tiba-tiba heboh, hendak menunjukkan ke saya sebuah bangunan cantik yang nampak kecil diatas bukit. Dia seperti kesusahan untuk mencari kata-kata dalam bahasa inggris, dan beberapa kali mengulang kata “burge, burge, burge”, baru setelah kawannya ikut bicara, kata “castle keular dari mulutnya, tapi ucapannya lucu, castele..castele, saya mengangguk. Tidak mau kalah, saya juga menjawab dengan bahasa nenek moyang saya. “ka bereh, singoh lon jak keunan” dia mengangguk, sepertinya dia sangat faham bahasa Aceh?

Baru keesokan harinya saya sempat untuk “memanjat” ke castele yang ditunjuk si ibu. Ya, Bratislava castle adalah salah satu ikon ibukota Slovakia ini. Jadi saya bisa dibiling sudah sah menginjak di kota yang pernah puluhan tahun berada dalam pemerintahan komunis soviet ini. Berikut beberapa fotonya!

Penampakan Bratislava Castle dari tangga
Penampakan Bratislava Castle dari tangga

Sebenarnya cukup capek juga untuk naik keatas bukit dimana si castle ini terletak. Ada sih kendaraan yang bisa dinaiki, tapi harus mengeluarkan uang lagi. kalau bisa jalan tapi memilih untuk numpang dan bayar, status backpakaer bisa dicabut kan? jadinya walau kecapekan, tetap saja milih untuk jalan kaki, meski ngos-ngosan sampai diatas.

Old Town
Dari castle ini kita bisa menikmati pemandangan kota tua (old town) Bratislava

Selain kota tua, jembatan UFO juga bisa dilihat jelas dari castle

Jembatan UFO
Jembatan UFO

Entah kenapa diberi nama jembatan UFO, tapi sepertinya karena adanya ruang kecil diatasnya yang memang mirip piring terbang. Jembatan ini membelang sungai danube. Diseberang sana sempat juga saya kunjungi, tapi tak banyak yang bisa dilihat, secara umumnya adalah bangunan baru yang kebanyakan adalah apartemen.

Sekian kisah dari Bratislava!

 

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

18 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: