Setiap orang butuh liburan untuk menjernihkan pikiran, melepaskan beban pekerjaan yang ada dan menikmati waktu yang dimiliki tanpa harus merasa was-was akan tenggat waktu pekerjaan yang harus diselesaikan. Begitu juga dengan saya.

Sebagai seorang ibu, istri, dan wanita karir, akhir pekan adalah waktu yang selalu saya tunggu-tunggu. Karena pada hari tersebut saya bisa menghabiskan waktu bersama orang terkasih, melakukan berbagai hal yang disukai, dan tidak dibebani oleh pekerjaan yang kadang membuat pikiran menjadi runyam.

Tak jarang, terbesit dalam pikiran saya dan suami untuk menghabiskan waktu bersama di tempat yang berbeda seperti jalan-jalan ke suatu tempat bersama buah hati, menikmati suasana kota yang baru kami kunjungi itu sambil mengajak buah hati kami bermain di wahana yang ada. Apalagi, sekarang ini kita tidak perlu ribet memikirkan tiket pesawat karena bisa cicil tiket pesawat tanpa kartu kredit lewat aplikasi booking tiket pesawat dan hotel seperti Traveloka.

Sayangnya, dua hari di akhir pekan tidak cukup bagi saya dan keluarga untuk merencanakan liburan ke tempat yang sedikit jauh dari kediaman kami. Butuh waktu minimal 3 – 4 hari untuk bisa menikmati liburan ke tempat wisata terdekat di luar Banda Aceh.

Posisi kami sebagai pekerja kantoran yang hanya memiliki waktu cuti selama 12 hari dalam setahun membuat harus berpikir keras untuk mewujudkan keinginan tersebut. Biasanya, ketika mendapatkan kalender tahun baru dari kantor, hal pertama yang saya lihat pada almanak tersebut bukanlah gambar pemanis yang ada di dalamnya, melainkan tanggal-tanggal berwarna merah yang bermakna itu adalah hari libur.

Senyum saya akan sumringah saat melihat tanggal merah itu tepat berada pada hari Jumat karena itu pertanda hari libur di pekan itu bertambah satu. Dengan jatah cuti pertahun hanya 12 hari, maka saya dan suami harus benar-benar bisa memanfaatkan dan mengatur waktunya dengan sebaik mungkin. Kalau bisa, jatah cuti yang ada jangan dihabiskan untuk jalan-jalan saja. Karena kita tidak tahu ke depannya akan ada apa, bisa jadi akan ada masa di mana saya harus mengambil cuti mendadak tanpa bisa diprediksi.

Lalu, bagaimana cara mensiasati agar bisa liburan panjang tanpa harus cuti banyak? Berikut tips dari saya yang mungkin bisa kamu ikuti:

Rencanakan liburan saat long weekend!

Cara itulah yang sering saya dan suami lakukan agar bisa liburan panjang tanpa harus cuti banyak. Ketika melihat tanggal-tanggal di kalender, biasanya saya langsung mencatat tanggal merah yang jatuh pada hari Selasa, Kamis, atau Jumat. Sungguh sangat bahagia rasanya jika banyak tanggal merah pada hari tersebut. Di tahun 2019, ada beberapa rekomendasi tanggal cuti nih yang bisa kamu pilih:

Liburan kemana kita?

“Liburan kemana kita, Bang?” Saya bertanya kepada Bang Tunis perihal liburan yang kami idam-idamkan tersebut.

“Kalau ke Bandung, enggak cukup 4 hari karena kita berangkatnya nanti bakalan lewat Kuala Lumpur dulu, belum lagi transit yang lama,” jelas suamiku. Ya, untuk bisa terbang ke provinsi lain yang ada di negeri sendiri dengan harga yang murah, kami harus menumpang pesawat terbang terlebih dahulu ke negeri Jiran baru kemudian terbang lagi ke destinasi tujuan seperti Bandung atau Jakarta. Kalau langsung dari Banda Aceh ke Bandung, maka kami harus mengeluarkan berkali lipat rupiah jika dibandingkan dengan transit dulu ke Kuala Lumpur.

“Paling long weekend nanti kita ke Medan aja atau ke KL,” usul suamiku dan saya pun setuju.

Enaknya, sekarang beli tiket pesawat bisa dilakukan tanpa perlu terkendala bujet yang ada. Melalui fitur Traveloka PayLater, kamu bisa menyicil tiket pesawat tanpa kartu kredit yang bisa dibayar sebulan hingga 12 bulan berikutnya.

Cicil tiket pesawat tanpa kartu kredit

Dulu, bisa dihitung dengan jari berapa kali saya pelisiran dalam setahun. Itu pun hanya ke destinasi terdekat saja. Maklum, tujuan wisata saat saya masih kuliah belum banyak terekspos seperti sekarang. Selain itu, mode transportasi untuk tiba ke sana juga terbilang tidak mudah serta harga tiket yang harus dibayar sangat mahal.

Sekarang semuanya berubah. Kita bisa dengan mudah menemukan tempat-tempat wisata ciamik entah itu di negeri sendiri atau di luar negeri lewat media sosial. Alat transportasi seperti pesawat, kereta api, atau bus untuk menuju ke tempat tersebut pun banyak dan beragam dengan harga tiket yang bersaing.

Traveling yang dulu hanya sesekali saya lakukan kini seakan menjadi kebutuhan. Tidak jarang saya menuliskan “butuh piknik“ saat kepala sedang mumet dengan rutinitas harian.

Ditambah lagi saat ini biaya untuk bisa melakukan perjalanan ke suatu tempat bukanlah sesuatu yang berat dan harus tersedia saat itu juga. Berbagai kemudahan telah disediakan untuk menjelajahi banyak destinasi wisata. Bahkan, saat ini tidak perlu takut enggak bisa beli tiket pesawat promo karena belum gajian karena lewat fitur Traveloka PayLater kita bisa mencicilnya saat gajian tiba. Tak perlu khawatir saat melakukan pembelian akan ada biaya-biaya tidak terduga (hidden cost) yang sering terjadi saat kita mengambil cicilan, karena Traveloka PayLater langsung diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bisa dipastikan semua biaya yang harus dibayar akan tertera di halaman pembayaran tanpa ada tambahan biaya tahunan, biaya administrasi, maupun uang muka.

Jadi, sudahkah merencanakan liburan yang berkesan di tahun ini? Kalau saya sudah menyiapkan liburan panjang tanpa harus menghabiskan sisa cuti tahunan. Ceritanya ditunggu saja pada postingan saya berikutnya!

Published by Liza Fathia

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

Join the Conversation

37 Comments

  1. Belum ada rencana liburan nih. Harga tiket sedang menyedihkan, apalagi kalau pas pakai yang gak termasuk bagasi. Kalaupun bakal pergi sih, udah pasti pilihannya ke Makassar.

    Kangen sama kuliner khas Makassar sayanya~

  2. Hmm.. Traveloka bisa nyicil tiket? Sepertinya menarik nih, itung2 nabung kan. Setuju sih dengan cara ini, jadi kita bisa siapkan dana khusus enggak mencampur sama dana lainnya .mirip2 tabungan perjalanan ibadah kali ya :+

  3. Iya loh, usahakan jangan pake kredit, sekalipun harga terjangkau dan untuk liburan. Sebaiknya ya memang menabung. Harus ada slot tabungan untuk liburan yang bisa jadi rencananya dieksekusi tahun depannya. Bisa dapt harga hemat biasanya

  4. Seneng banget bisa liburan sekeluarga.
    Paling engga, sama suami yaa..kak, biar bisa komunikasi lebih lancar.
    Dan kagum juga sama fitur baru yang ditawarkan Traveloka. Makin semangat cari diskonan…eh, liburan…

  5. Traveloka PayLater cocok banget ya Mbak buat yg ingin liburan tapi cutinya terbatas. Itu kalau di Aceh emang mahal ya jadi musti transit dulu. Kalau dipikir kok ya lucu

  6. Aku baru tahu nih bisa nyicil tiket pesawat di Traveloka, selama ini pake Traveloka hanya buat beli tiket kereta dan hotel saja. Ternyata bisa nyicil juga ya…asiiik

  7. Aku tuh sedih banyak hari libur tapi tiket domestik mahal2 huhuhu. Ini fitur Traveloka yg ini bisa jd alternatif ya mbak? Pengen banget ajak anak2 liburan ke rumah kakek neneknya di pulau seberang. Moga rezeki tahun ini. Mau coba liat2 ah paylater Traveloka ini.

  8. Nice info kak 🙂 semoga bisa piknik dalam waktu dekat, butuh piknik heuheu..
    btw tiket Bandung-Banda Aceh memang mengerikan kali harganya ya, kami mahasiswa aceh yang kuliah disini rata-rata kalo pulang ke Banda pada transit di KL dan naik maskapai ituh karena harga jauh lebih miring, syukur semuanya bawa paspor nih, hehe

  9. Sekarang ‘lucu’ ya mau ke daerah di propinsi sendiri aja sampai harus ke luar negeri dulu sejak harga tiket menyedihkan. Tetapi, mengenai liburan memang harus diatur seperti ini supaya gak banyak potong jatah cuti

  10. Saya kalau dapat kalender baru juga langsung mencari tanggal merahnya hehe…

    Saya juga heran, kenapa mau lintas propinsi, padahal sama-sama di sumatra aja, harus transit ke jakarta dulu. kebetulan suami orang sumatra, jadi kalau mudik pakai pesawat, kadang capek nunggu penerbangan lanjutannya, belum lagi kalau kena delay

  11. Hihihi.. perlu dituliskan ya Mbak “butuh piknik” gitu saat sedang mumet pikiran 😄 perlu dicontoh, nih.
    Wah Traveloka tau aja kebutuhan orang-orang zaman now, yang emang butuh banyak piknik. Traveloka PayLater membantu banget ya pastinya.

  12. Wah aku baru tau mbak kalau Traveloka punya fitur cicil tiket pesawat lasngung di aplikasinya ya tanpa pakai kartu kredit. Ini memudahkan pengguna yang gak punya karti kredit juga ya, apalagi ada fitur PayLater juga jadi bisa jalan dulu bayar kemudian ya.
    Langsung lihayt kalender cari longweekend buat liburan ah.

  13. Ku kira cuma wacana aja, masyarakat Aceh transit di Kuala Lumpur dulu, baru pergi ke kota-kota di Indonesia biar tiket nya lebih murah, ternyata memang betul ya..
    Aku juga sama mak, kalau liburan harus nyari long weekend dulu, soalnya saya dan suami susah cuti huhu

  14. Menarik banget ya .. Traveloka PayLater, bisa menyicil tiket pesawat tanpa kartu kredit yang bisa dibayar sebulan hingga 12 bulan berikutnya.

    Jadi kesampaian insya Allah rencana keliling EropaAsia amiiiin

  15. Balada wanita karir gitu, ya. Suami libur kerja, kadang ngga bisa libur. Memanfaatkan cuti bersama atau long weekend memang paling aman, ngga mengurangi jatah cuti tahunan. Dan kalau biaya traveling bisa dicicil, ngga ribeet mikir biaya. 😀

  16. Hiks aku blom punya rencana liburan tahun ini nih…
    Berasa punya hutanh banyak sm anak2 knr dah lama ga family trip sm mrk
    Andalannya mmg pas liburan long weekend sih soale susah menentukan waktu krn semua py kegiatan masing2

  17. Nah, solusi dengan menggunakan Paylater ini cucok bagi orang sepertiku yang tidak punya kartu kredit. Misalkan suatu saat butuh pembayaran di Traveloka, bisa ambil opsi ini ya jika jumlah yang harus dibayarnya agak banyak. Jadi ringan nih kalau mau traveling udah ga pusing lagi.

  18. Lagi mempetimbangkan ini buat beli tiket mbak. Apalagi harga tiket domestik mengerikan ya skrng.
    Fitur traveloka yang ini bisa membantu meringankan kalau emang lagi butuh banget buat kepentingan perjalanan, kyk misalnya nengok ortu gtu yaaa…

  19. belum pernahnyobain fitur traveloka yang ini, nabung pelan2 buat beli tiketnya tanpa takut kehabisan biaya pas hari H, krn udah disiapkan jauh2 hari

Leave a comment

Leave a Reply to Lidya Cancel reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: