Advertorial,  Traveling

Wisata Halal di Resort World Sentosa; Main, Makan, Tanpa Lupa Ibadah


Apa sih yang menjadi pertimbanganmu ketika traveling ke sebuah negara?

Banyak hal yang menjadi pertimbangan saya ketika memutuskan untuk pelesiran ke sebuah tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya, terutama jika ke luar negeri. Harga tiket pesawat, tentu itu menjadi hal utama yang membuat saya memutuskan untuk pergi atau tidak. Jika harga tiket pesawat murah dan timing-nya pas, tanpa berpikir panjang, saya langsung akan membookingnya. Selain itu, sebagai seorang muslim, ada pertimbangan lain yang paling urgent ketika saya mengunjungi negara tersebut, di antaranya adalah: ketersediaan makanan halal dan kemudahan untuk beribadah. Dua hal ini sangatlah fundamental bagi saya.

Saya pernah memiliki pengalaman kurang menyenangkan akibat tidak mempersiapkan dengan matang itenerary perjalanan saya saat berkunjung ke Manila, Filipina. Karena itu adalah momen pertama kalinya saya traveling ke negara yang jumlah penduduk muslimnya sangat minim, maka saya pun kesulitan mendapatkan makanan halal di sana. Walhasil, saya hanya makan buah dan salad ketika berada di hotel. Beruntung, saat berbelanja di sebuah swalayan saya mendapatkan mi instan yang ada label halalnya.


Begitu juga dengan fasilitas untuk salat, saat saya sedang menelusuri tempat wisata yang ada di negara itu, saya tidak menemukan ruang salat. Sebenarnya ada lho beberapa restoran halal dan fasilitas ibadah yang bisa saya temukan tidak jauh dari penginapan atau tempat wisata yang saya kunjungi, hanya saja saya tidak menelusurinya lebih dulu sebelum berangkat.

Namun, kekhawatiran akan tersedianya makanan halal plus fasilitas ibadah yang memadai tidak akan saya rasakan saat berkunjung ke Resort World Sentosa, Singapura. Dengan konsep wisata halal yang mereka usung, saya dapat dengan mudah menemukan restoran yang menjual makanan halal dan fasilitas ibadah yang sangat nyaman di dalam area permainan.

Berwisata di Resort World Sentosa, Singapura

Jalan-jalan ke Singapura memang belum lengkap kalau belum menikmati berbagai wahana di Resort World Sentosa (RWS). Resort yang berlokasi di Pulau Sentosa Singapura ini menawarkan wisata yang lengkap mulai dari akomodasi, wahana permainan, wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam, sampai tempat berbelanja. Asyiknya lagi, kebanyakan pengunjung RWS adalah penduduk Indonesia sehingga jangan heran jika di sepanjang jalan kita akan menemukan mereka yang berbahasa Indonesia.
Lalu, apakah wahana yang paling diminati di RWS? Tentunya Universal Studios Singapore (USS), dong. Yup, taman bermain bertemakan film-film produksi Universal Studios memang menjadi daya tarik utama di Resorts World Sentosa.


Selain itu, ada juga Adventure Cove Waterpark (ACW). Bermain air di wahana ini adalah pilihan yang tepat apalagi kalau kita berkunjung dengan keluarga. Di wahana ini kita bisa mengarungi Adventure River, atau bermain air di wahana seluncuran Big Bucket Treehouse. Kalau kepingin snorkeling, kita bisa melakukannya di Rainbow Reef, sebuah tempat snorkeling interaktif yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Oh iya, ACW ini adalah salah satu taman bermain air terbaik di Asia yang memiliki 14 atraksi air dan seluncuran berkecepatan tinggi.

Kalau ke RWS, jangan lupa juga untuk menyelami keindahan bawah laut di S.E.A Aquarium. Saat memasuki akuarium raksasa ini kita bisa melihat langsung 100 ekor hiu dari 12 spesies di Shark Seas Habitat! Berbagai biota laut dapat ditemukan di akurium ini. Yup, di S.E.A Aquarium terdapat 40.000 jenis ikan dan 120 spesies biota laut lainya. Nah, kalau penasaran dan mau berinteraksi langsung dengan biota laut tersebut kita bisa mengunjungi Touch Pool.


Setelah menikmati Universal Studios ataupun bermain air di Adventure Cove Waterpark, tentu kita akan merasa lelah dan lapar. Apalagi kalau membawa anak-anak, tempat makan adalah hal yang paling utama yang harus segera di dapatkan, ya setidaknya ada camilan yang kita bawa serta ketika bermain di wahana permainan tersebut.

Bagi wisatawan muslim seperti saya dan keluarga, ketika memutuskan untuk makan di sebuah restoran atau menyantap camilan, label halal adalah hal yang utama. Dan dengan konsep wisata halal yang diusung oleh RWS, maka dengan mudahnya saya dan juga wisatawan muslim lainnya mendapatkan makanan halal.

Menyantap Makanan Halal di Resort World Sentosa

Banyak sekali makanan halal yang lezat yang bisa kita temukan di area RWS. Rumah makan bersertifikat halal dengan mudah kita temukan baik di dalam maupun di luar area atraksi. Berbagai jenis makanan mulai dari hidangan lokal hingga fast food tersedia di sana. Malaysian Food Street yang terletak di Waterfront Level 1 misalnya, di sana kita bisa menyantap kuliner ala Malaysia seperti Nasi Lemak dan Roti Canai.

Jangan takut kelaparan kalau kita sedang asyik-asyiknya menikmati wahana permainan di Universal Studios Singapore dan berada di area Far Far Away saat makan siang tiba, Goldilocks bisa jadi pilihan untuk makan bersama keluarga. Tempatnya unik, seperti berada di dalam kastil kerajaan Shrek. Berbagai pilihan makanan bisa menjadi santapan kita dan keluarga seperti Thai Spicy Fried Chicken yang paling digemari oleh pengunjung ataupun beragam rasa es krim di Ben & Jerry’s.


Kalau ingin menikmati makanan khas Tionghoa yang halal, kita bisa berjalan ke jajaran streats Asian cafe yang ada di 26 Sentosa Gateway 01-205 Resort World Sentosa. Rumah makan di sana telah bersertifikat dari MUIS. Pilihan makanannya juga beragam mulai dari Salted Egg Yolk Custard Bun, bergaram pangsit hingga Prawn Siew Mai. Kalau kepingin makan rendang, kita bisa memesan rendang sapi atau ikan penyet dengan sambal yang menggoda.

Bisa menikmati makanan yang halal, lezat serta rasanya yang akrab di lidah di luar negeri adalah sebuah kebahagiaan nan hakiki yang menjadikan perjalanan semakin menyenangkan, bukan?

Sudah Asyik Bermain, Makan Makanan yang Halal dan Lezat, Bagaimana dengan Ibadah?

Salat lima waktu adalah kewajiban seorang muslim yang tidak boleh ditinggalkan. Kalau sedang berpergian, kita memang diberikan keringanan dengan bisa menjamak shalat zuhur ke ashar atau sebaliknya, dan shalat magrib ke isya atau sebaliknya. Keberadaan tempat ibadah adalah hal penting lainnya yang harus saya dan wisatawan muslim lainnya pertimbangkan ketika berkunjung ke sebuah tempat wisata.

Menemukan tempat shalat bukanlah perkara yang sulit di wahana permainan yang ada di RWS. Kalau kita sedang berada di Universal Studio Singapore, maka kita bisa menemukan prayer room di dekat area human coaster, tepatnya di depan loker Battle Star Galactica. Kalau kamu memulai perjalanan dari area Madagascar, carilah prayer room terdekat di Mummi area.


Di luar area USS, kita juga bisa mencari tempat salat yang nyaman di Beach Station. Begitu juga kalau sedang berada di Kidzania, tempat salat ada di lantai dua.

Komplit banget bukan fasilitas yang ada di Resort World Sentosa Singapore? Dengan adanya konsep wisata halal di RWS, kita tidak hanya bisa menikmati berbagai wahana di dalamnya tetapi juga bisa mencicipi berbagai makanan yang halal tanpa meninggalkan kewajiban kita kepada Yang Maha Esa untuk tetap beribadah.

Asyiknya lagi, sekarang sedang ada promo untuk yang berencana berkunjung ke RWS di periodw kapan pun dari Traveloka Xperience hingga 15 Juli nanti. Dengan promo tersebut, kamu bisa mendapatkan diskon s.d Rp1 juta untuk setiap pembelian Universal Studios Singapore, S.E.A. Aquarium, dan Adventure Cove Waterpark. Lumayan banget, kan? Yuklah kita ke RWS

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

48 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: