fujifilm Xa2
Advertorial,  Guest Post

Fujifilm XA2 dan Berbagai Kelebihan di Dalamnya

Memiliki kamera yang bagus adalah merupakan hal yang tentunya diinginkan oleh banyak pecinta fotografi. Namun bagi Anda yang menyukai fotografi tapi tidak ingin menggunakan kamera DSLR yang besar sebagai alat pengambil gambar, Anda bisa menggunakan kamera mirrorless yang lebih kecil ukurannya. Hasil gambarnya sendiri tak jauh berbeda, dan Anda akan lebih mudah membawanya. Salah satu dari jenis kamera seperti ini adalah Fujifilm XA2.

fujifilm Xa2
Credit Photo: openschool.biz

Sebagai merk yang sudah sangat dikenal di dunia kreatif, Fujifilm mengeluarkan produk kamera mirrorless ini sebagai produk yang relatif baru. Dibandingkan dengan kamera DSLR, kamera mirrorless ini lebih kecil, lebih ringan, dan bagi orang-orang yang baru terjun di dunia fotografi, juga lebih gampang digunakan. Meski tak ada cermin yang memantulkan cahaya dan membuatnya tak bisa menggunakan optical viewfinder, kamera jenis ini memiliki electronic viewfinder yang tak kalah bagusnya.

Baca juga: Trik Menggunakan Kamera Ponsel Agar Hasil Maksimal

Dilihat dari body nya, XA2 ini termasuk ramping dan kompak. Anda tak akan mengalami kesulitan ketika membawanya kemana-mana. Terdapat tombol Q yang merupakan tombol shortcut di bodynya sehingga Anda bisa mengatur kamera tanpa harus repot masuk ke menu. Kamera mirror less ini juga memposisikan semua kontrol yang diperlukannya di bagian kanan body kamera, membuat Anda bisa mengatur dan memodifikasi pengaturan gambar hanya dengan satu tangan saja.

Dari segi penggunaannya, Fujifilm XA2 memiliki banyak kelebihan yang membuatnya patut untuk Anda pertimbangkan jika ingin membeli kamera. Perhatikan ini:

  • XA2 memiliki kontrol yang intuitif. Anda tak perlu terlalu lama mempelajari skema kontrol nya untuk bisa menggunakannya secara natural.
  • Terdapat dedicated shortcut button (Q) yang membuat Anda bisa langsung mengatur kamera serta exposure tanpa Anda harus mencarinya di menu.
  • Berbagai mode untuk foto tersedia, seperti Simulasi Film dan Classic Chrome untuk Anda yang ingin tampilan foto vintage.
  • Terdapat built-in flash yang membuat hasil foto konsisten dan terkesan alami dalam banyak situasi.
  • Terdapat pengaturan untuk fokus yang otomatis, seperti auto makro, multi target, serta eye autofocus. Ini akan membuat Anda bisa mengambil gambar dengan jelas secara cepat.

Selain kelebihan dalam penggunaannya di atas, XA2 juga memberikan Anda fitur-fitur sebagai berikut ini:

  • Built-in Wi-Fi, yang membuat Anda bisa langsung mengirimkan gambar ke gadget terdekat atau mengunggahnya secara online, serta bisa langsung mencetaknya tanpa harus dipindahkan ke laptop/komputer.
  • Kamera 16,3 MP APS-C CMOS dengan menggunakan sensor EXR Processor II membuat hasil jepretan Anda menjadi lebih jernih, tajam, dan juga alami. Prosesor tersebut juga memastikan bahwa respons kamera menjadi cepat, memungkinkan Anda mengambil gambar dalam kecepatan tinggi.
  • Terdapat Portrait Mode Enhancer bagi Anda yang ingin membuat warna kulit menjadi lebih cerah dan halus, yang bisa dimanfaatkan ketika mengambil gambar selfie.
  • Berbagai filter kreatif untuk membuat hasil jepretan lebih menarik, seperti Soft Focus, Pop Color, Toy Camera, Low Key, dan lain-lain.
    Memungkinkan Anda mengolah file gambar langsung di kamera sebelum Anda mentransfernya ke komputer Anda.

Baca juga: Mau Traveling? Jangan Lupa 7 Gadget Ini

Harga dari Fujifilm XA2 ini sendiri berada di kisaran Rp8-9 jutaan. Jadi memang kamera ini tidak bisa dibilang murah. Bagi Anda yang ingin membelinya, Anda sebaiknya memastikan bahwa Anda memang akan menggunakannya dengan konsisten agar kamera ini tidak mubazir. Meski bukan kamera DSLR, kamera mirrorless dengan kaliber yang dikeluarkan Fujifilm ini akan membantu Anda menghasilkan gambar yang nyaris sama kualitasnya.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

12 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: