Advertorial,  Review

Tips Jual Beli Barang Bekas di Online Shop Indonesia

tips jual beli barang bekas di online shop

Semakin banyak online shop Indonesia berarti semakin banyak kesempatan bagi Anda untuk menjadi pembeli ataupun penjual. Bukan cuma untuk barang-barang baru saja, tetapi juga barang-barang bekas. Tahukah Anda bahwa di Indonesia, banyak marketplace online yang sukses besar dengan transaksi jual beli untuk barang-barang bekas tersebut? Jika Anda penasaran ingin mencari barang-barang yang sudah tak diproduksi lagi, atau justru ingin menjadi penjualnya, ambil kesempatan ini!

Kalau Anda hendak membeli barang bekas yang dijual di banyak marketplace online tersebut, waspadalah! Anda tak bisa memeriksa secara langsung, dan bisa jadi ada tipu-tipu yang merugikan. Oleh karena itu, lihat tips berikut ini untuk membelinya:

  • Website – pastikan Anda masuk di marketplace yang memang sudah tersohor, di mana reputasi para penjualnya sudah terjamin.
  • Review – jika tertarik dengan penjual tertentu, lihat dulu review dari para pembeli yang sudah ada untuk orang tersebut. Apakah mayoritas positif? Kalau iya, Anda bisa memilihnya.
  • Kondisi barang – meski Anda tak bisa melihat langsung, jangan hanya pasrah saja. Lihat foto-foto yang dipajang penjual tersebut, apakah lengkap, dari segala sisi, dengan lampu terang, dll.
  • Jujur – kondisi barang bekas pastilah sudah tak 100% lagi. Karena itu, lihat kejujuran penjual dalam mendeskripsikan barangnya, apakah mereka memberikan list apa saja kekurangan barang tersebut?

Banyak penjual barang bekas di online shop Indonesia yang sebenarnya sudah patut dipercaya, meski Anda harus selalu waspada. Namun bagaimana jika sebaliknya, Anda yang bermaksud untuk menjual barang yang Anda miliki? Jika iya, maka sebenarnya situasinya tak terlalu berbeda. Posisikan diri Anda sebagai konsumen, dan perhatikan apa yang Anda inginkan saat membeli, dan aplikasikan itu kepada Anda di saat menjual.

Untuk berhasil menjual barang bekas di internet, ini yang perlu Anda lakukan:

  • Cek kelayakan jual – periksa dulu apakah barang Anda masih layak dijual atau tidak, masih adakah kegunaannya bagi orang lain, bisa untuk dibongkar, dll.
  • Jujur dengan kondisi – jangan pernah menyembunyikan kondisi barang Anda. Beritahu jika ada kekurangan atau cacat. Anda menjual barang bekas, orang-orang akan maklum.
  • Sertakan foto – ambil foto barang Anda tersebut dari segala sisi, bahkan sisi yang sudah cacat sekalipun.
  • Beri harga nego – lihat dulu harga pasaran barang bekas sekarang. Kalau Anda tak ada referensi, lihat harga barunya, tawarkan sedikit di bawah, dan beri kesempatan negosiasi.

Hal utama yang harus Anda perhatikan saat melakukan jual beli barang bekas di online shop Indonesia adalah kejujuran. Selama Anda bisa memberikan plus minus dari barang bekas yang Anda jual, atau mampu jeli melihat kondisi barang yang akan dibeli, Anda akan berhasil melakukan pembelian ataupun penjualan. Jangan lupa, berikan pula cara pembayaran yang mudah dan cepat. Sumber berita jual beli online.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

2 Comments

  • Waya Komala

    Sekarang memang mudah kalau mau menjual barang bekas secara online. Dulu pernah beberapa kali jual dan cepet lakunya. nggak pake lama, udah banyak aja yang menghubungi. Prosesnya juga gampang dan cepat 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: