Life Story,  Opini

Filosofi Bendera

Apakah lambang negara kita? Burung Garuda
Apakah dasar negara kita? Pancasila
Apakah bendera negara kita? Bendera Merah Putih

Ngomongin tentang tujuh belasan, yang tidak lain dan tidak bukan adalah perayaa­n ulang tahun negara kita tercinta, pasti engga jauh-jauh dari yang namanya bendera. Lihat saja di sepanjang jalan, kain berwarna merah dan putih berkibar. Tengok saja di setiap rumah, tiang setinggi 2 meter telah terpasang dan bendera merah putih siap dikibarkan. Pantau saja set­iap kendaraan yang berlalu lalang, kain kecil berwarna merah dan putih telah terpasang.

Perayaan tujuh belas Agustus memang enggak jauh-jauh dari yang namanya pengibaran sang saka merah putih. Pengibaran bendera pusaka ini adalah salah satu cara yang bisa kita tempuh untuk mengenang bagaimana perjuangan para pahlawan yang telah memerdekakan negara ini hingga sang merah putih dapat berkibar. Yup, pengibaran bendera adalah tanda bahwa kita telah merdeka.

Kadang ada yang bertanya, untuk saat ini apakah masih perlu sang merah putih dikibarkan mengingat kita sudah merdeka? Lalu kenapa hanya di bulan Agustus saja bendera kebanggaan kita berkibar di setiap penjuru daerah sedangkan di bulan yang lain hanya pada instansi milik pemerintah saja sang merah putih dinaikkan atau hanya pada acara upacara bendera saja ia melayang di udara? Lalu kenapa harus ada acara penghormat­an terhadap bendera?

Ada yang menatakan bahwa pengibaran dan penghormatan terhadap sang Merah Putih hanyalah sebuah simbol untuk mengenang jasa arwah pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan. Menghormati bendera itu sama artinya dengan menghormati para pahlawan tersebut.

Ya, jika kita membaca kembali sejarah p­erjuangan para pahlawan saat melawan penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini, maka kita bisa merasakan bahwa untuk mengibarkan sebuah bendera itu buk­an perkara gampang. Merah putih tidak bisa sembarangan dikibarkan karena ketika ia berhasil sampai ke udara, maka itu artinya Indonesia merdeka. Oleh karena itu, para penjajah dengan segenap kekuatannya mencoba menggagalkan perjuangan rakyat Indonesia. Namun, pada tanggal 17 Agus­tus 1945, bangsa Indonesia bisa dengan leluasa mengibarkan bendera negaranya sebagai bukti bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka.

Dalam sebuah pertandingan antarbangsa, bendera juga mampu menjadi penyemangat. Bisa mengibarkan bendera merah putih di tingkat internasional menjadi impian set­iap anak negeri. Lalu ketika mendaki gunung atau berpergian kesuatu tempat, bendera tetap menjadi identitas kita, bisa menancapkan sang merah putih pada tempat tersebut menjadi kebanggan tersendiri oleh para penjelajah alam tersebut.

Jadi kenapa harus malu dengan merah putih. Mengibarkan merah putih juga tidak hanya pada bulan Agustus saja, bisa pada bulan-bulan yang lain kalau hal itu memang kita inginkan. Hanya saja, berhubung pada bulan ini HUT Indonesia dirayakan, maka agar semakin meriah, enggak salahnya bukan kalau kita ikut mengibarkankan bendera?

Happy sweet seventy Indonesia.

Liza Fathiariani, dokter umum, blogger, traveller, istrinya @ceudah, penikmat kuliner. Contact : email : lizafathia@yahoo.com, twitter : @fatheeya, instagram : @lizafathia, facebook: www.facebook.com/liza.fathiariani

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: